1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (217 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 April, 2019 - 5:00 AM

Ide Pemasaran Hebat di Hari April Mop

Saya menulis kali ini tentang makna sebuah hari yang unik, dan pada hari ini, bisnis pun bisa digebrak menjadi booming dengan cara unik. Memang sangat jarang orang menulis artikel bisnis yang dikaitkan dengan April Fool’s Day ini, atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Hari April Mop, mungkin itu karena ada kesan artikel ini hanya khusus dapat diterapkan pada Hari April Mop.

Hari April Mop ini berasal dari Negara Barat, yang diperingati setiap 1 April. Peringatan Hari April Mop telah menyebar secara global dengan berbagai nama di seluruh dunia. Namun, semua memiliki tema sama, yaitu bermain lelucon pada orang lain sampai dengan siang hari itu. Ide-ide dalam tulisan ini mungkin paling cocok ketika Anda menerapkannya pada tanggal 1 April juga. Namun, mungkin saja ada ide di sini juga dapat Anda terapkan di hari-hari lainnya. Open Mind aja ya.

Meskipun hari ini dirayakan oleh banyak budaya untuk waktu yang lama, tidak ada yang tahu pasti asal usulnya. Beberapa sejarahwan percaya bahwa Hari April Mop awalnya terjadi di Prancis. Mereka berspekulasi pada abad ke-16, ada perubahan kalender di Perancis ketika kalender Gregorian diadopsi; sehingga dulunya Hari Tahun Baru adalah 1 April, akhirnya pindah ke 1 Januari. Karena itu, orang-orang menyebutnya “April Fools” – “April Bodoh”, jika mereka terus merayakan Hari Tahun Baru pada tanggal 1 April.

Untuk Bisnis, April Fool’s Day adalah satu hari dalam setahun, ketika mereka bisa mengolok-olok pelanggan untuk menghibur dan melibatkan pelanggan. Ini adalah kesempatan bagi pemasar untuk menerapkan strategi pemasaran, karena semua orang mengikuti tren ini. Pemasar dapat menjadi kreatif dengan menghasilkan ide-ide konvensional dan menyenangkan untuk melaksanakan kampanye pemasaran dan dapat menarik perhatian dari klien. Di era digital ini, Hari April Mop menjadi lebih kreatif. Karena itu, seorang pemasar yang cerdas, tidak melewatkan kesempatan ini.

Gagasan Pemasaran Hari April Mop

Mari kita manfaatkan kesempatan sekali setahun ini, dan lihat ada 5 ide di bawah ini:

1. Pasarkan Produk Palsu

Di Hari April Mop, Anda bisa berpura-pura meluncurkan produk atau layanan “gila”. Investasikan ke dalam lelucon Anda, misalnya, membuat halaman produk atau video yang diproduksi dengan baik. Ingatlah untuk memikirkan tren yang sedang panas di pasar dan pertimbangkan apakah Anda dapat menerapkannya ke dalam lelucon Anda.

Anda dapat mencontoh Google dan Procter & Gamble misalnya. Pada 2013, Google membuat video untuk mengklaim bahwa mesin pencarian mereka dapat mencari bau. Google telah membuktikan bahwa tim pemasaran mereka sangat berbakat. Ini benar-benar membantu mengevaluasi tingkat di mana merek harus pergi di masa depan untuk mengejutkan penonton. Perusahaan besar lainnya adalah Procter & Gamble, mereka merilis Scope yang merupakan obat kumur rasa bacon. Meskipun itu adalah barang palsu, itu efektif dalam membuat klien tertawa.

2. Tawarkan Diskon Yang Sangat Bagus Untuk Menjadi Kenyataan

Menawarkan diskon yang membuat pelanggan bertanya-tanya terlalu bagus, juga merupakan ide yang baik karena itu langsung menarik perhatian pembeli. Misalnya, toko online dapat memperkenalkan kemeja yang biasanya Rp.1 juta,- menjadi hanya dengan Rp.100 ribu. Namun ingat! Untuk menjaga pelanggan Anda dari perasaan seperti Anda menipu mereka, Anda perlu menambahkan beberapa informasi khusus, misalnya baju seharga Rp.100 ribu ini hanya untuk semua pembeli bernama Nano, misalnya.

3. Buat Pengumuman Palsu

Gagasan ini telah diterapkan oleh beberapa perusahaan. Pada tanggal 1 April 1996, perusahaan franchise makanan cepat saji Taco Bell, mengumumkan bahwa mereka membeli Liberty Bell yang merupakan salah satu harta paling bersejarah di Philadelphia. Ribuan orang Amerika membanjiri markas Taco Bell dan Layanan Taman Nasional Philadelphia, juga membanjirnya panggilan telepon untuk mengetahui apakah kisah itu benar.

Faktanya, Liberty Bell tidak untuk dijual dan pada siang hari tanggal 1 April, Taco Bell mengaku hanya ingin bergurau dengan pelanggannya. Lelucon ini sangat berhasil melejitkan omzet Taco Bell.

4. Kejutkan Pelanggan Anda

Memang fakta bahwa tidak semua orang suka terkejut, tetapi banyak orang menikmati rasa keheranan. Jadi, Anda harus menemukan cara untuk memukau pelanggan Anda. Toko online dapat mempertimbangkan untuk memberikan diskon saat check out, secara otomatis. Restoran dapat menyajikan hidangan pembuka secara gratis.

5. Kejutan April Mop, Bukan Lelucon

Terlepas dari orang-orang yang suka menceritakan lelucon pada hari ini, banyak orang ingin mengatakan yang sebenarnya pada Hari April Mop. Karena itu, Anda juga harus berpikir mengatakan yang sebenarnya untuk mengejutkan klien Anda. Pada 2015, perusahaan BMW mengumumkan bahwa mereka akan memberikan mobil BMW baru untuk orang pertama yang datang ke showroom mereka, dan membawa iklan di tangan. Kemudian, seorang wanita bernama Tianna mengikuti apa yang dikatakan iklan BMW itu, dan benar-benar mendapatkan mobil BMW. Ternyata itu bukan lelucon!

Kampanye Email Ciri Khas April Mop

Seperti semua strategi pemasaran, Anda tidak boleh asal saja menerapkan strategi bisnis di Hari April Mop, karena banyak orang melakukan itu. Anda perlu tahu, apakah itu akan benar-benar bekerja untuk Anda, dan Anda bisa menggunakannya dengan sukses.

Untuk pemasar via email, hari April Mop adalah kesempatan yang bagus untuk menunjukkan kemampuan mereka. Karena itu, jika Anda berencana untuk melakukan kampanye email, jangan lewatkan informasi di bawah ini:

Maksimalkan Efektivitas Kampanye via Email

+ Berbeda

Anda tidak perlu menggunakan template yang sama sekali berbeda dari biasanya, tetapi boleh mencampurnya sedikit.

Anda dapat menggunakan April Mop sebagai kesempatan untuk bereksperimen dan tidak perlu terlalu khawatir, karena dampak paling buruk, Anda bisa mengatakan itu semua hanya lelucon, dan kembali ke email formal Anda lain kali.

+ Cobalah awal baris subjek

Hal paling penting untuk menarik pelanggan membuka email adalah awal baris subjek, yang ditulis dengan baik seperti: “Tidak ada lelucon yang diijinkan … Hanya Pengiriman GRATIS!” atau “Ini bukan lelucon ..”. Pelanggan akan penasaran dengan baris subjek tersebut. Menjadi lebih penting pada Hari April Mop, ketika ada berbagai baris subjek yang menarik perhatian.

Sangat disarankan untuk membuat pernyataan yang tidak biasa atau tidak masuk akal, yang cukup menggelitik pelanggan untuk mendorong mereka membuka email. Dalam beberapa kasus, awal baris subjek bisa sangat gila, sehingga orang tidak bisa menolak membuka email untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

+ Gunakan humor dan Terus terang saja

Cobalah untuk membuat pelanggan tertawa dan merasa santai. Ketika klien merasa nyaman, mereka lebih cenderung melakukan pembelian. Ingatlah untuk menyertakan tautan ke situs web perusahaan.

Pada Hari April Mop, pelanggan akan diliputi oleh banyak lelucon. Karena itu, akan menyegarkan bagi mereka, untuk memiliki kesepakatan yang baik. Anda dapat mengirim pesan seperti: “Kesepakatan itu bukan lelucon” atau “Anda mungkin menerima banyak lelucon hari ini, jadi inilah diskon yang serius”. Karena itu, Anda dapat menarik perhatian dari pelanggan.

+ Lampirkan gambar merek Anda

Jika Anda berencana untuk “menjebak” pelanggan Anda dengan penuh humor, pastikan itu mencerminkan merek Anda. Perlu diingat bahwa humor ini tidak hanya membuat pelanggan tertawa, tetapi juga meningkatkan pengakuan terhadap merek Anda.

+ Hindari Pranks Negatif

Satu hal penting yang harus diingat oleh para pemasar email adalah jangan membuat email April Mop terlalu melenceng jauh. Jangan sampai membahayakan pelanggan Anda. Anda tidak ingin mengirim email yang dapat merusak kepercayaan pelanggan. Ketika klien cukup mempercayai Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda menghormati kepercayaan mereka, dan tidak menghancurkan kepercayaan itu hanya untuk mengejar lelucon. Karena itu, apa pun yang Anda lakukan untuk hari ini, pastikan itu tidak akan menimbulkan masalah bagi pelanggan.

+ Jangan terlalu sering menggunakan citra merek

Beberapa merek mencoba membuat kampanye dengan penuh humor, tanpa menyadari bahwa mereka berlebihan dan dapat merusak citra merek mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemasar untuk mengingat dan tetap menjaga citra merek.

Demikianlah Sahabat, April Fool’s Day atau Hari April Mop adalah peluang segar ke dalam upaya pemasaran Anda. Ketika Anda memanfaatkan hari ini dengan benar, Anda dapat membuat kampanye pemasaran yang efektif, yang tidak hanya menambah pelanggan baru, tetapi juga membantu melibatkan pelanggan yang sudah ada. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda dapat mempertimbangkan saran-saran yang disebutkan di atas.

Anda juga perlu memperhatikan, meskipun lelucon April Mop bisa menjadi cara bagus untuk menarik perhatian dan menjadi viral, ini juga bisa berisiko. Terlepas dari itu, Hari April Mop benar-benar layak untuk dicoba, jangan lewatkan kesempatan indah ini untuk menunjukkan karakteristik perusahaan Anda, meningkatkan penjualan, dan menjalankan strategi pemasaran Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (217 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *