1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (230 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: April 10, 2019 - 10:00 AM

9 Cara BERPIKIR Pengusaha SUKSES

Menjadi pengusaha tampaknya jauh lebih mendebarkan daripada pekerjaan pada umumnya. Menjadi pengusaha seperti berjalan menginjak permukaan es tipis, jika tidak hati-hati, akan mudah untuk terpeleset jatuh, dan menghancurkan pijakan es itu. Jadi pengusaha, memang tidak ada Bos langsung yang memerintah Anda, namun sebenarnya tetap ada Bos yang menilai Anda dalam bekerja, yaitu konsumen Anda.

Konsumen Anda akan menjadi Bos baru Anda, dan menentukan penghasilan Anda, yang berbeda dari bulan ke bulan, bergantung pada kerja keras dan kemauan untuk berinovasi dari Anda.

Untuk membuat perjalanan Anda lebih lancar, berikut ini beberapa cara yang relevan, untuk berpikir seperti seorang pengusaha sukses:

1. Selalu siap jika harapan tak berjalan sesuai rencana

Untuk berpikir seperti pengusaha ulung, Anda harus tahu bahwa para profesional tidak akan pernah terlalu banyak ketergantungan pada keberuntungan nasib, karena hal itu dapat merusak bisnis yang sedang Anda kerjakan.

Anda harus selalu siap untuk hal-hal yang mungkin tidak bisa berjalan sesuai rencana. Tidak ada gunanya bersedih tentang hal-hal yang terjadi tak sesuai rencana. Sebaliknya, Anda harus bersedia mengikuti arus, mengendalikan layar, dan hanya menerima hal-hal baik yang datang.

2. Perlakukan keputusan Anda seperti kekuatan super

Mungkin Anda pernah membaca atau pun mendengar dialog nasihat seperti ini; “Ada kekuatan besar, harus ada pula tanggung jawab besar.” Yah, itulah kewirausahaan.

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan menjadi orang yang membuat keputusan, yang pasti memengaruhi Anda dan lingkungan Anda. Menganalisis hal-hal secara berlebihan bisa memakan banyak waktu, dan Anda mungkin kehilangan banyak peluang di sepanjang jalan. Bukan berarti Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk membuat suatu keputusan, atau meminta nasihat orang yang berpengalaman. Ketika diminta untuk memutuskan sesuatu, Anda harus bertindak cepat. Buat lebih banyak ruang waktu untuk pengambilan keputusan besar, dan singkirkan hal-hal yang kecil.

3. Kenakan kepercayaan diri Anda seperti baju besi

Ini adalah salah satu aspek paling penting dalam mengembangkan pola pikir kewirausahaan. Anda harus memiliki kepercayaan diri dalam kelimpahan dan keyakinan yang kuat pada kemampuan Anda. Jika Anda terus ragu dan menebak-nebak setiap keputusan, maka Anda tidak akan pernah bisa mengambil risiko, dan menjadi ketakutan.

Seorang pengusaha menyadari fakta bahwa ia adalah kapten kapal bisnisnya. Saat dia mulai menunjukkan tanda-tanda kelemahan, ketakutan dan ketidakamanan, maka para pekerja dan investor pun akan tertular kehilangan kepercayaan kepadanya. Ini adalah sesuatu yang berbahaya bagi bisnis apa pun. Jadi pengusaha harus tetap komitnen dan lakukan sesuatu yang luar biasa.

4. Jangan biarkan kegagalan sampai menakuti Anda

Kegagalan dan perjuangan sukses dalam menakodai bisnis, sama seperti matahari terbit dan terbenam. Nilai kesuksesan Anda meningkat berkali-kali lipat, jika Anda telah melalui perjuangan besar, yang dapat diatasi.

Pengusaha yang terampil selalu berpikir sedemikian rupa sehingga mereka bersedia menerima kegagalan dan kesuksesan dengan tangan terbuka. Mereka tidak akan pernah membiarkan kegagalan membawa mereka terpuruk ke bawah, dan pada saat sama, tidak akan berbangga diri terlalu lama dalam kemuliaan kesuksesan.

Jika Anda mengembangkan sikap seperti itu pada pekerjaan Anda, dan mengembangkan cara berpikir positif, maka tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha sukses.

5. Mengambil risiko yang diperhitungkan secara matang

Pengusaha harus berpengalaman dalam mengambil risiko yang diperhitungkan secara matang. Anda harus bahagia ketika segala sesuatunya berjalan sesuai rencana, dan harus berbesar hati menerima ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang Anda inginkan.

Pada akhirnya, untuk berkembang dan bertumbuh dalam bisnis, sangat penting untuk berani mengambil risiko. Pastikan Anda mengambil risiko setelah melakukan perencanaan secara matang. Ini persis, layaknya bagaimana pengusaha sukses berpikir dan membuat keputusan. Pastikan begitu Anda membuat keputusan, Anda mendukungnya penuh Lagi pula, tidak ada gunanya terus-menerus berpikir, jika Anda telah melakukan yang terbaik untuk bisnis Anda.

6. Selalu tetap diperbarui dengan informasi yang relevan

Seperti setiap pengusaha sukses, Anda juga harus berkenalan dengan kemajuan terbaru di bidang Anda. Untuk mengumpulkan pengetahuan yang cukup, Anda harus menjaga mata dan telinga Anda terbuka terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda. Hanya ketika Anda memahami apa yang terjadi di dunia di sekitar Anda, Anda akan dapat mengumpulkan informasi yang relevan.

Ini, pada gilirannya, akan membantu Anda untuk maju dalam kehidupan. Mengisolasi diri Anda dari bagian dunia yang lain, hanya akan menciptakan penghalang jalan untuk meraih kesuksesan, dan mencegah Anda bergerak maju.

7. Carilah nasihat yang baik dan relevan

Terhubung dengan orang-orang sukses di bidang Anda, memungkinkan Anda untuk mengembangkan proses pemikiran seorang pengusaha sukses. Anda harus berinteraksi dengan pakar industri dan tokoh berpengaruh di bidang pekerjaan Anda, karena mereka akan membantu Anda mengubah proses pemikiran Anda ke arah yang benar.

Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang saran yang ditawarkan orang, maka Anda cenderung membuat kesalahan. Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, menemukan seorang mentor untuk membimbing Anda dalam perjalanan Anda menuju kesuksesan, benar-benar penting dan tak ternilai.

Nasihat bagus ini penting untuk Anda camkan; “Jika kamu tidak bisa melihat ke mana kamu pergi, tanyakan pada seseorang yang pernah ke sana sebelumnya.”

8. Kualifikasi Anda akan selalu berguna

Memiliki kualifikasi yang tepat, akan mendorong Anda untuk berpikir seperti pengusaha sukses. Menjadi seorang pengusaha, melibatkan kesulitan dan turbulensi, dan perjalanan pun tidak akan selalu mulus. Anda harus siap untuk menghadapi setiap dan semua rintangan yang menghadang Anda.

Pengusaha adalah seseorang yang memiliki bakat untuk berpikir. Begitulah cara mereka menemukan solusi untuk masalah yang muncul secara tiba-tiba. Memiliki pelatihan dan kualifikasi yang tepat, dapat membantu Anda dengan keterampilan pemecahan masalah Anda.

Misalnya, jika Anda ingin mendirikan perusahaan khusus industri, Anda harus memiliki pelatihan dan kualifikasi yang tepat untuk memahami nuansa bisnis di bidangnya.

9. Sikap Positif akan membawa Anda maju

Untuk membantu organisasi bergerak maju, seorang pengusaha tahu bahwa penting untuk tetap bersikap positif setiap saat. Jika dia menyerah pada negativitas, maka tidak akan lama kemudian, karyawan akan menjadi mangsa perasaan negatif.

Pengusaha yang berhasil, pintar untuk memastikan bahwa getaran negatif akan merusak alur kerja. Bukan rahasia lagi bahwa ketika Anda mempertahankan pandangan positif, Anda juga akan memotivasi bawahan Anda untuk bekerja secara efisien dan efektif.

Uraian di atas tersebut adalah beberapa ide yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk berpikir seperti pengusaha sukses. Kewirausahaan mungkin tampak mendebarkan, ada banyak kerja keras yang dilakukan untuk itu. Namun, yakinlah bahwa jika Anda memasukkan hati dan jiwa Anda ke dalamnya, kesuksesan tidak akan pernah menghindar dari Anda.

Nah Sahabat. Apa yang dapat membantu Anda berpikir seperti pengusaha sukses di masa depan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (230 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *