1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (256 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 19 January, 2020 - 6:50 AM

9 Kebiasaan Unggul Pemimpin Sangat Efektif

Sebagian orang berpikir kepemimpinan hanya untuk tipe orang tertentu atau Anda harus memiliki pengalaman, bahkan ada yang menyimpulkan bahwa pemimpin itu dilahirkan. Lebih buruk lagi, bahwa Anda harus melakukannya sebagai bagian dari pekerjaan Anda. Semua ini tidak lain adalah label dan konsep yang sudah ketinggalan zaman. Siapa pun bisa menjadi pemimpin termasuk Anda.

Faktanya, siapa pun dapat melakukan apa saja. Jika Anda ingin memimpin, jika Anda ingin menjadi pengemudi mobil balap, maka pergi dan lakukan. Tidak ada yang dapat menghentikan Anda, kecuali Anda!

Kepemimpinan adalah kata yang besar maknanya, yang ditakuti orang karena sepertinya Anda harus melakukan banyak hal. Kenyataannya adalah Anda tidak harus melakukan banyak hal sama sekali.

Kepemimpinan adalah tentang membuat sekelompok orang mengikuti Anda ke arah tertentu. Arah itu bisa negatif, seperti mengajak berbuat kejahatan, atau pun positif, seperti membangun gerakan untuk mengubah dunia. Saya akan mengarahkan Anda ke hal positif saja.

Pemimpin unggul yang sangat efektif melakukan hal berikut ini:

1. Mereka nyata dan terbuka

Pemimpin unggul yang sangat efektif adalah nyata dan tidak ada yang disembunyikan atau pun menyembunyikan sesuatu. Mereka sangat mengerti ketidaksempurnaan mereka dan sama seperti kita semua, mereka juga kadang bingung dan kacau. Namun, mereka tak pernah mengatakan hal-hal yang dapat membodohi kita.

Itulah intinya. Kita semua sangat mirip, hanya saja para pemimpin menerima fakta itu dan akhirnya dapat mengumpulkan orang-orang di sekitar gagasan itu. Apa yang membuat mereka ingin memimpin orang adalah perjuangan yang telah mereka alami, dan pelajaran yang telah mereka pelajari. Sebuah pepatah mengatakan, “Para pemimpin terbaik sering kali dapat datang dari tempat yang paling gelap.”

Informasi bagi pemimpin sejati, bukanlah kekuatan untuk mengeruk keuntungannya sendiri. Informasi yang berasal dari pemimpin adalah untuk kebaikan semua orang, bukan untuk menjerumuskan banyak orang. Itulah yang dilakukan pemimpin sejati.

2. Mereka percaya diri tanpa sombong

Pemimpin terbaik percaya diri tanpa sombong. Mereka mendukung keputusan mereka dan siap untuk bertindak jika perlu. Mereka bertindak untuk membangun kembali berbagai hal yang selama ini telah terabaikan oleh kebaikan, akibat merajalelanya keburukan.

Ego adalah musuh dan para pemimpin tahu itu lebih berbahaya daripada siapa pun. Terlalu banyak kepercayaan dapat menghasilkan keputusan yang buruk. Namun, tidak cukup percaya diri juga bisa membuat orang tidak beresonansi dengan pemimpin. Itulah pentingnya keseimbangan kepercayaan, yang harus dicanangkan oleh para pemimpin sejati.

3. Mereka sangat ingin tahu

Pernah melihat seorang pemimpin bersembunyi di dalam kantor, jauh dari aksi? Mereka ini sesungguhnya bukan pemimpin, mungkin hanya jadi pemimpin boneka. Para pemimpin sejati merangkul lingkungan secara terbuka, dan menyambut orang-orang ke arah mereka. Seorang pemimpin yang baik tahu dan membiarkan orang lain mengungkapkan ide-ide mereka, dan berharap hal besar berikutnya akan datang.

“Pura-pura jadi pemimpin” atau “pemimpin boneka” ini selalu terjadi di sepanjang waktu sejarah, dan kemudian mereka ini selalu menyalahkan orang lain atas ketidakberuntungan mereka, serta arogan dengan kekuasaannya.

4. Mereka terus mempromosikan inovasi

Tidak ada yang bertahan selamanya dan pemimpin yang sangat efektif tahu ini lebih baik daripada siapa pun. Itulah sebabnya mereka terus mencari orang-orang yang mereka pimpin, untuk menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu. Mereka terobsesi dengan melakukan hal-hal yang lebih baik, dan mereka memberdayakan pengikut mereka untuk mengadopsi cara berpikir ini.

Para pemimpin yang fantastis tidak membicarakan permainan yang bagus tentang inovasi yang mereka tunjukkan melalui aksi harian. Alih-alih berbicara tentang inovasi agar terlihat bagus, mereka menunjukkannya melalui ide, produk, hasil, layanan, dan hasil perubahan yang mereka hasilkan. Pola pikir Inovasi adalah bagaimana para pemimpin hebat mengubah dunia setiap hari.

5. Mereka meminta bantuan orang lain

Pemimpin tahu bahwa mereka hanya satu orang dan tidak dapat melakukan semua “perbuatan”. Itulah sebabnya mereka hampir tidak pernah melakukan apa pun sendiri, dan itulah keputusan terbaik yang mereka buat sejak mereka menjadi pemimpin. Mereka berkonsentrasi pada apa yang terbaik dapat mereka lakukan, dan mendapatkan hasil yang terbaik juga.

6. Mereka menjunjung tinggi kejujuran

Kejujuran ini harus berlaku untuk semua orang, bukan hanya pemimpin. Saat Anda berpikir tidak apa-apa untuk tidak jujur, itu adalah saat semua kesuksesan Anda menghilang. Para pemimpin fenomenal dunia ini sangat jujur, terutama ketika mereka melakukan kesalahan dan jujur mengakuinya dan berupaya memperbaiki kesalahannya.

Sebaliknya, “pemimpin boneka” memainkan permainan menyalahkan orang lain, dan tak berani mengambil tanggung jawab. Pemimpin sejati adalah pemenang. Pengikut mereka juga pemenang.

7. Mereka membuatnya bukan tentang mereka

Ini langka — sangat langka. Para pemimpin kelas dunia tidak membuat pencitraan bahwa mereka sukses. Mereka menyinarkan lampu sorot kepada tim mereka dan tidak menginginkan kemuliaan apa pun. Mereka tahu bahwa jika tim mendapatkan kejayaan, maka mereka akan mendapatkan apa yang mereka cari.

Sama halnya seperti kunci sukses kewirausahaan, kepemimpinan bukan tentang Anda sebagai wirausaha, melainkan tentang semua orang, yang terkait dengan usaha Anda.

8. Mereka tidak mengelola

Mengelola berarti bahwa anggota tim Anda tidak tahu mengapa mereka melakukan apa yang harus mereka lakukan. Jika ini masalahnya, maka itu 100% kesalahan Anda. Orang tidak perlu diawasi atau diberitahu apa yang harus dilakukan, ketika mereka sangat termotivasi.

Ketika Anda harus mengelola, itu berarti Anda tidak mempercayai tim Anda. Jika Anda tidak mempercayai mereka, maka mereka tidak akan pernah mempercayai Anda. Jika ini masalahnya di tim Anda, maka berhentilah dan istirahatlah karena Anda gagal. Kembalilah ketika Anda mempelajari cara kerja kepemimpinan dan baca artikel ini lagi.

9. Mereka tahu cara menginspirasi

Pemimpin sejati tahu bahwa mereka melakukan satu tugas yaitu mereka harus menginspirasi tim mereka untuk mengambil tindakan. Merupakan tugas pemimpin untuk membuat pengikutnya merasa seperti Anda dan mendukung Anda.

Ini adalah peran pemimpin, memberi kebijaksanaan yang dibutuhkan untuk melewati tantangan dan membantu mereka. Pemimpin sejati tahu bahwa mereka harus menginspirasi diri mereka terlebih dahulu, sebelum mereka memiliki harapan untuk menginspirasi orang lain.

Para pemimpin sejati tahu bahwa apa yang ada di dalam diri, akan menghasilkan apa yang terlihat di luar. Para pemimpin tahu bahwa begitu kita mengubah cara berpikir kita, dan kita membiarkan emosi mendorong kita maju lebih baik, saat itulah kita akan menjadi yang terbaik di dunia.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (256 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *