1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (253 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 April, 2020 - 8:00 PM

Pengajaran Bisnis Di Balik Pandemi Corona

Pandemi ini kemungkinan akan mengguncang seluruh dunia usaha dengan cukup berat. Bisnis besar, seperti biasa – terlalu besar untuk gagal, tetapi beberapa bisnis kecil kemungkinan pasti akan berakhir menyedihkan. Globalisasi jelas akan berkurang dalam skala besar. Negara-negara akan bertindak secara berbeda satu sama lain, seperti halnya kita manusia.

Jika Anda memiliki bisnis pribadi, ada banyak hal yang dapat dipelajari dari pandemi ini. Banyak orang tidak dapat keluar dan bersosialisasi, dan tidak memiliki sesuatu untuk dilakukan, karena perusahaan mereka tidak memiliki cukup kemampuan.

Saya telah banyak ditanya, bagaimana menjaga kesehatan mental saya selama pandemi ini. Saya punya pedoman, dan menyadari bahwa pedoman ini untuk diri saya sendiri, pedoman bagus untuk menjalankan bisnis pribadi. Saya sekedar berbagi dengan Anda, siapa tahu pedoman saya ini juga bermanfaat untuk kehidupan Anda.

1. Miliki rutinitas

Hanya karena Anda berdiam di rumah, bukan berarti Anda dapat meninggalkan semua yang Anda lakukan setiap hari selama ini. Rutinitas adalah apa yang memberi struktur hari Anda, dan struktur menjaga hidup Anda dari kekacauan.

Seperti apa rutinitas Anda, sepenuhnya tergantung pada Anda, dan tergantung pada apa yang Anda lakukan, bisnis apa yang Anda geluti, dan apa yang ingin Anda capai. Untuk memberi Anda contoh rutinitas, saya lakukan seperti di bawah ini:

    • Saya bangun jam 4 pagi setiap hari.
    • Saya minum kopi dan berbncang santai dengan istri saya.
    • Saya menuliskan sesuatu yang saya syukuri, sesuatu yang saya lepaskan, dan apa yang akan saya capai hari ini.
    • Saya makan pada waktu yang sama setiap hari.
    • Saya pergi jalan-jalan di seputar kompleks rumah pada pagi hari.
    • Saya berolahraga di rumah, meskipun hanya 15 menit push-up dan lari-lari di tempat.
    • Saya merencanakan tujuan untuk hari berikutnya di setiap malam.
    • Saya tidak minum minuman bersoda, apalagi beralkohol.
    • Saya senang lihat video motivasi 1- 3 judul setiap malam.

Apa manfaatnya bagi saya? Saya tahu seperti apa hari saya. Saya tidak hanya bangun, lalu bertanya pada diri sendiri apa yang harus saya lakukan. Saya bangun dan sudah tahu apa yang akan terjadi hari ini. Itu membuat saya memulai hari jauh lebih mudah.

2. Mensinergikan gerak pikiran, tubuh dan jiwa

Pikiran, tubuh, dan jiwa saling terkait erat. Tubuh yang mati rasa membuat pikiran dan jiwa menjadi mati rasa. Jadi, Anda harus bergerak setiap hari dalam hidup Anda. Setiap kali saya berjalan-jalan, atau berolahraga, saya melihat, merasakan pikiran dan jiwa saya mengembara. Saya berpikir tentang hal-hal dan melakukan refleksi. Jika tubuh Anda bergerak, aliran darah Anda meningkat dan ini secara otomatis memompa pikiran dan kinerja otak Anda juga.

Mengapa ini penting untuk bisnis Anda? Sederhana. Sebagian besar bisnis, hidup dan mati dari ide-ide Anda dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan Anda. Untuk ini, harus ada aktivitas untuk mencegah merusak pikiran Anda, agar tetap berfungsi dengan baik. Ini bisa dicapai dengan menggerakkan tubuh Anda, agar bersinergi dengan pikiran dan jiwa Anda.

3. Pentingnya pagi hari

Rutinitas pagi adalah tugas saya yang paling penting di setiap hari. Saya memiliki jurnal tempat saya menulis setiap hari:

    • Hal buruk yang ingin saya lepaskan untuk hari ini
    • Apa yang saya syukuri
    • Apa yang akan saya capai hari ini

Hanya lakukan satu hal per waktu, Tetap sederhana dan cepat. Anda tidak ingin membanjiri pikiran Anda dengan puluhan hal yang patut disyukuri. Hanya menuliskan satu bab untuk satu hari, karena mungkin Anda tidak mengalami hal-hal seburuk yang Anda pikirkan.

Sementara itu, mungkin orang lain mengalaminya jauh lebih buruk, Anda mungkin di rumah, akan bertahan, dan memiliki air, pulsa, makanan, dan listrik. Bisnis Anda tidak sedang sekarat, meskipun penjualan sedikit menurun, Anda masih menghasilkan uang. Mungkin Anda sekarang punya waktu untuk meningkatkan bisnis Anda, karena Anda sudah memiliki jejaring relasi bisnis kuat. Apa pun situasi Anda, ada sesuatu yang pantas Anda syukuri 100%.

Jangan hanya fokus pada yang negatif. Lihat yang positif juga, ini akan menenangkan pikiran Anda, dan Anda akan lebih bersedia untuk mengerjakan proyek misi Anda.

4. Rencanakan hari Anda di depan

Merencanakan hari Anda sehari sebelumnya mutlak diperlukan. Setiap malam, tetapkan satu tujuan besar, dan beberapa tujuan kecil yang ingin Anda capai dengan bisnis Anda, dan dengan hidup Anda. Jika Anda ingin melakukan sesuatu di sekitar rumah Anda, dan Anda telah mengabaikannya selama berminggu-minggu, rencanakan untuk besok, dan lakukanlah. Rencanakan kerangka waktu yang tepat untuk kapan Anda akan melakukannya. Jangan hanya mengatakan Anda akan melakukannya “besok.”

Kekacauan adalah hal yang membuat kita marah, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Alasan mengapa kita semua bekerja dengan sangat baik dalam pekerjaan adalah karena hari biasanya terstruktur secara eksternal. Anda diberi tahu, kapan harus tiba dan kapan harus pergi. Jika Anda bekerja untuk diri sendiri, atau saat ini bekerja di rumah, kemungkinan besar Anda mengandalkan diri sendiri untuk membuat struktur kerja. Bertindaklah seperti Anda adalah penyelia Anda sendiri, dan Anda sedang menyiapkan struktur untuk karyawan. Jadilah bos Anda sendiri, rencanakan hari ini, dan buat dia bekerja!

Ketahui bagaimana hari-hari Anda. Beri mereka struktur, jaga tubuh Anda tetap sehat dari pandemi ini, dan tetap menjalankan bisnis, itu tidak akan menjadi masalah.

Saya harap contoh pedoman saya tersebut di atas, dan cara mengaturnya, dapat menginspirasi Anda. Tapi tolong, setelah pandemi corona ini selesai, jangan cepat-cepat melupakannya dan kembali ke cara lama. Pertahankan pedoman ini sebagai rutinitas selamanya, jika perlu penyesuaian, bisa saja Anda lakukan, namun jangan dilupakan, dan lihat hidup Anda makin berkembang.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (253 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *