1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (94 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 30 September, 2020 - 6:00 AM

Strategi 3 Langkah Meraih Sukses

Kebanyakan orang gagal karena mereka tidak melakukan upaya yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan usaha meraih sukses adalah sesuatu yang harus Anda lakukan sendiri. Seperti yang dikatakan Jim Rohn, “Kamu tidak bisa mempekerjakan orang lain untuk melakukan push-up untukmu.”

Berikut Strategi 3 Langkah yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan lebih sukses di tahun ini:

1. Belajar Dari Masa Lalu

Bagaimana tahun lalu Anda? Apakah Anda mencapai semua tujuan Anda atau sebagian besar tujuan Anda di tahun lalu? Apakah Anda melakukannya dengan baik atau buruk? Apakah Anda menganggap tahun lalu sebagai tahun yang hebat atau tahun yang buruk? Kebanyakan orang salah karena terlalu berfokus pada masa depan, dan mereka mengabaikan tahun terpenting, yaitu tahun sebelumnya.

Anda belajar paling banyak adalah dari sejarah. Jika Anda ingin memprediksi masa depan, Anda harus mempelajari sejarah. Sayangnya, kebanyakan orang terlalu banyak mencurahkan perhatian mereka ke masa depan dan fokus untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka telah melewatkan pelajaran penting yang dapat mereka pelajari dari masa lalu.

Jika Anda tidak melakukannya dengan baik tahun lalu, tidak ada gunanya terus melakukan hal yang sama lagi pada tahun ini; Anda hanya akan mendapatkan hasil yang sama seperti tahun lalu. Hal penting perlu Anda lakukan adalah belajar dari masa lalu.

Ketika Anda mempelajari bagaimana orang sukses berhasil dalam hidup, Anda akan menemukan bahwa mereka membuat banyak kesalahan, kemudian mereka belajar dan meningkat dari hasil masa lalu mereka. Dengan kata lain, orang sukses menciptakan hasil luar biasa dengan belajar dari masa lalu mereka. Mereka belajar dari kesalahan mereka dan melakukan sesuatu yang berbeda atau meningkatkan strategi mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan.

Jadi, cek dan pelajari masa lalu Anda. Tuliskan apa yang telah Anda lakukan tahun lalu, dan apa hasil yang Anda peroleh darinya. Nasihat bijak ini perlu direnungkan, “Jangan tinggal di masa lalu, jangan bermimpi tentang masa depan, dan konsentrasikan pikiran pada saat ini.”

2. Ajukan Pertanyaan yang Tepat

Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan yang tepat. Sebabnya, di setiap awal tahun, banyak orang akan menanyakan pertanyaan serupa, “Apa yang ingin saya capai tahun ini?” Ketika mereka menanyakan pertanyaan ini,mereka memaksa pikirannya untuk memikirkan masa depan.

Dan jika tahun sebelumnya mereka gagal mencapai tujuan mereka, ada kemungkinan besar mereka akan tetap mencapai tujuan dengan melakukan hal yang sama lagi. Oleh karena itu, Anda harus mengajukan pertanyaan yang tepat, “Apa yang dapat saya lakukan secara berbeda untuk meraih sukses tujuan saya?”

Tidak masalah untuk menetapkan tujuan sama, tetapi masalahnya adalah kebanyakan orang menetapkan tujuan yang sama dan mereka berencana menggunakan strategi sama untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tidak melakukan sesuatu yang berbeda, sehingga dengan demikian, kemungkinan besar akan menjadi gagal lagi di tahun ini.

Oleh karena itu, jika ingin berubah dan mendapatkan hasil yang berbeda, Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda. Dan Anda dapat mulai dengan bertanya, apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk mencapai tujuan Anda. Jika Anda tidak mengubah strategi Anda, Anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang berbeda.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda tahun ini sehingga Anda akan menghasilkan hasil yang lebih baik? Lakukan saja apa yang sudah terbukti berhasil. Anda tidak harus menciptakan cara-cara baru. Temukan saja siapa yang telah mencapai hasil seperti yang Anda inginkan, dan modelkan strateginya sesuai Anda.

3. Kembangkan Jadwal

Langkah terakhir adalah mengembangkan jadwal. Penjadwalan bekerja lebih baik daripada penetapan tujuan. Tujuan Anda hanyalah target untuk mengingatkan Anda tentang apa yang ingin Anda capai dalam hidup Anda, sementara jadwal itu mengingatkan dan menempatkan Anda dalam mode tindakan.

Misalnya, lebih efektif untuk mengatakan bahwa Anda akan berolahraga di gym dari jam 7 pagi hingga 8 pagi setiap hari Senin dan Rabu, daripada hanya mengatakan bahwa Anda akan berolahraga di gym.

Jika jadwalnya jelas dan spesifik, Anda akan cenderung mengambil tindakan dan mewujudkannya. Seperti yang dikatakan Anthony Robbins, “Kejelasan adalah kekuatan”. Jadwal adalah sesuatu yang dapat Anda kerjakan dan bukan sesuatu yang tidak berwujud. Jika tujuan Anda misalnya menurunkan berat badan 10 kg, bisa jadi jadwal Anda adalah berolahraga di gym selama satu jam pada jam 7 pagi setiap hari.

Jadwal adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan, sehingga Anda dapat mengontrol hasilnya. Saat Anda menetapkan jadwal yang lebih baik dan lebih efektif, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik. Karenanya, kembangkan jadwal Anda sekarang juga. Tanyakan pada diri Anda, apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda? Kemudian ubah jawaban Anda menjadi jadwal dan masukkan ke dalam kalender Anda.

Ikuti jadwal Anda dan ubah tindakan Anda menjadi kebiasaan. Beginilah cara semua orang sukses melakukannya. Nasihat dari Stephen Covey, “Kuncinya bukanlah memprioritaskan apa yang ada di jadwal Anda, tetapi menjadwalkan prioritas Anda.”

Ingat, Anda harus belajar dari masa lalu jika ingin menjadi lebih baik di masa depan. Alih-alih berfokus pada masa depan, tanyakan pada diri Anda, “Apa yang bisa saya lakukan secara berbeda?”, ini untuk mengubah strategi Anda dan meningkatkan hasil Anda. Jika Anda terus melakukan hal yang sama, Anda akan mendapatkan hasil lama yang sama pula.

Nah Sahabat. Apa yang akan Anda lakukan secara berbeda pada tahun ini dibandingkan di tahun lalu?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (94 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *