1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (98 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 September, 2020 - 5:00 AM

4 Cara Mencapai Sukses Finansial

Salah satu tujuan utama banyak orang adalah menjadi sukses secara finansial, sehingga mereka dapat menjalani hidup tanpa khawatir kekurangan uang.

Namun, kemandirian finansial tidak diciptakan dalam semalam. Mereka yang sukses secara finansial, telah bekerja keras dalam hidup mereka untuk mencapai posisinya sekarang. Jika Anda ingin bebas secara finansial, beberapa panduan ahli ini memberi Anda metode yang ampuh untuk mencapai kesuksesan finansial, tanpa khawatir kekurangan uang.

Berikut ini 4 Cara Mencapai Sukses Finansial:

1. Abaikan Status Orang Lain

Penting dipahami, bahwa ketika Anda ingin meraih kesuksesan finansial, Anda harus mengabaikan status orang lain. Anda tidak perlu mengikuti apa yang orang lain lakukan.

Teman-teman Anda mungkin menghabiskan banyak uang untuk hal-hal tidak penting, ini tidak berarti Anda harus melakukan hal yang sama. Banyak orang jatuh ke dalam perangkap untuk mengikuti orang lain yang menjalani kehidupan kelas atas; ini dapat menguras dana Anda dengan cepat. Anda perlu ingat bahwa tidak ada yang peduli dengan apa yang Anda kendarai, di mana Anda tinggal, atau bagaimana Anda berpakaian; tidak ada yang peduli dengan gaya hidup Anda.

Saat Anda berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain dan malah berfokus pada kesejahteraan finansial Anda sendiri, Anda berada di jalur yang benar untuk menjadi lebih sukses bebas dalam menjalani hidup.

Sebuah inspiraai dari Robert T. Kiyosaki; “Aset paling kuat yang kita semua miliki adalah pikiran kita. Jika dilatih dengan baik, hal itu dapat menghasilkan kekayaan yang sangat besar dalam waktu yang tampaknya instan.”

2. Hanya Menghabiskan Yang Anda Butuhkan

Penyebab banyak orang gagal adalah menghabiskan lebih banyak uang untuk hal-hal yang mereka inginkan, daripada hal-hal yang mereka butuhkan. Banyak orang menggunakan uangnya untuk barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jika Anda berfokus hanya untuk membelanjakan apa yang Anda butuhkan, dan menggunakan sisa uang Anda untuk membayar hutang, atau menyimpannya dalam tabungan, dan investasi; maka seiring waktu, Anda akan berada dalam keadaan keuangan yang jauh lebih baik.

Cara yang baik untuk menentukan seberapa banyak Anda mampu untuk menabung adalah dengan:

  • Melacak pendapatan Anda dan apa yang Anda hasilkan setiap bulan.
  • Mengurangi pengeluaran penting Anda seperti air, listrik, makanan dan hiburan, dll.
  • Simpan sejumlah kecil dana, untuk kebutuhan diri sendiri, agar Anda tidak stres. Misalnya, menghabiskan Rp.500.000,- seminggu atau dua minggu jauh lebih baik daripada menghabiskan Rp.1.000.000,-
  • Tempatkan perolehan dana tambahan apa pun, meskipun itu Rp.100.000,- ke dalam rekening tabungan.
  • Sebelum melakukan pembelian berikutnya, tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkan ini atau hanya menginginkannya?

3. Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Banyak orang terjebak dalam mengambil pinjaman untuk meningkatkan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu ditingkatkan pada saat itu; misalnya meng-upgrade mobil, merenovasi rumah, atau pun membeli rumah baru. Kuncinya di sini adalah memutuskan, apakah Anda bisa menunggu dan menabung dulu atau tidak.

Berpikirlah positif tentang uang dan hutang. Proses menjadi aman secara finansial adalah berpikir positif tentang uang dan bagaimana Anda akan keluar dari hutang. Anda harus benar-benar menganalisis pendapatan dan hutang Anda, untuk melihat dari mana uang Anda berasal dan kemana perginya.

Pertimbangkan apa yang disebut sebagai hutang baik dan hutang buruk. Hutang baik adalah saat Anda memiliki pinjaman atas investasi properti, misalnya. Sebaliknya, hutang buruk adalah hutang berbunga tinggi, yang hanya menggerogoti penghasilan Anda seperti hutang kartu kredit untuk pembelian konsumtif. Fokuslah pada pembayaran hutang buruk lebih dulu.

4. Tulis kembali Tujuan Hidup Anda dan Buat Strategi

Last but not least, penting untuk menetapkan tujuan kehidupan finansial utama yang ingin Anda capai. Saat Anda menuliskan tujuan Anda, Anda akan mulai memahami apa yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.

Beberapa hal untuk ditanyakan pada diri sendiri, saat Anda memikirkan tentang tujuan Anda:

  • Di manakah Anda ingin berada dalam 5 tahun / 10 tahun / pensiun?
  • Adakah biaya dapat diperkirakan akan muncul, yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mencapai tujuan Anda? Seperti pendidikan anak atau perawatan orang tua lanjut usia, maupun pengeluaran kebutuhan pokok sehari-hari.
  • Apakah Anda memiliki hutang yang harus dilunasi sebelum Anda mencapai tujuan Anda?
  • Berapa banyak pendapatan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda?
  • Apakah Anda memiliki keluarga atau tanggungan lain yang bergantung pada Anda?
  • Apa yang akan terjadi pada keluarga dan tanggungan Anda, jika Anda kehilangan sumber pendapatan?
  • Apakah tujuan Anda realistis mengingat sumber keuangan Anda?

Sebuah nasihat bijak ini perlu direnungkan, “Hambatan tidak bisa menghentikan Anda. Masalah tidak bisa menghentikan Anda. Dan terpenting, orang lain tidak bisa menghentikan Anda. Hanya Anda yang bisa menghentikan diri Anda sendiri.”

Menjadi sukses secara finansial adalah tentang jalan yang Anda ambil untuk sampai ke sana. Bahkan hanya membuat beberapa perubahan kecil seperti mengekang pengeluaran kartu kredit, melunasi hutang kartu kredit, atau bahkan menggunting kartu kredit, dan memulai rencana tabungan dan investasi, dapat membuat perbedaan signifikan bagi kesejahteraan finansial Anda.

Untuk mencapai tujuan lebih besar, seperti merencanakan masa pensiun yang nyaman, ada baiknya minta saran kepada penasihat keuangan. Penasihat keuangan dapat membantu Anda menentukan tujuan dan bekerja dengan Anda dalam strategi keuangan yang dirancang untuk mewujudkan tujuan Anda.

Nah Sahabat. Apa yang Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan finansial dalam hidup Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (98 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *