1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (209 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: June 6, 2022 - 9:40 PM

5 Alasan Kuat Harus MENULISKAN TUJUAN

Saya yakin Anda pernah mendengar bahwa jika Anda ingin mencapai suatu tujuan, Anda perlu menuliskannya. Saya tahu itu kedengarannya agak klise, tetapi itu benar-benar berhasil.

Jadi mengapa menulis tujuan Anda dapat membantu? Ini adalah hal yang penting untuk diketahui; lagi pula, mungkin tampak seperti banyak pekerjaan ekstra untuk menuliskan sesuatu ketika Anda dapat dengan mudah menyimpannya di otak Anda, bukan?

Semua orang di dunia pasti memiliki tujuan – mulai dari rencana yang layak untuk sukses, hingga yang benar-benar konyol, yang mungkin akan menempati urutan teratas “daftar tujuan hidup paling gila”. Semua tujuan tersebut dapat tercapai. Namun, pertanyaan besarnya adalah bagaimana caranya?Bagaimana Anda dapat membuat tujuan Anda agar tidak berakhir sebagai item yang tidak dicentang di daftar?

Meskipun tidak ada formula yang jelas untuk sukses, satu cara untuk memastikan bahwa Anda benar-benar dapat mencapai tujuan Anda adalah dengan menuliskannya. Faktanya, penelitian psikologis menunjukkan bahwa orang yang menuliskan tujuan mereka, 42% lebih mungkin untuk mencapainya daripada orang yang tidak menuliskannya.

Berikut adalah 5 Alasan Kuat, mengapa menuliskan tujuan Anda adalah formula yang pasti untuk sukses:

1. Meningkatkan motivasi

Anda tahu apa yang sulit untuk ditemukan? Itu adalah Motivasi saat Anda sangat membutuhkannya. Bagi banyak orang, cukup mudah untuk menetapkan dan memetakan tujuan pribadi atau profesional. Di sisi lain, ketika harus benar-benar mengambil tindakan, semangat mereka tiba-tiba menghilang. Solusi mudah untuk masalah ini adalah dengan menetapkan tujuan dan kemudian menuliskannya segera.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa ketika Anda menuliskan tujuan Anda, motivasi untuk mencapainya akan meningkat secara substansial. Secara tidak sadar, Anda akan merasa berkomitmen pada tujuan yang telah Anda tulis dan karena itu, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Menuliskan tujuan Anda, sama seperti memberi diri Anda perintah bawah sadar. Akibatnya, setiap kali Anda terganggu, otak Anda akan secara halus mengingatkan Anda tentang tujuan dan aspirasi Anda.

“Jika Anda ingin bahagia, tetapkan tujuan yang mengatur pikiran Anda, membebaskan energi Anda dan menginspirasi harapan Anda.” – Andrew Carnegie

2. Memudahkan dalam mengingat

Percaya atau tidak, banyak orang sering melupakan tujuan atau cita-cita mereka. Dengan hiruk pikuk kehidupan modern, terlalu mudah untuk teralihkan dan melupakan tujuan atau Resolusi Tahun Baru yang mungkin telah Anda tetapkan. Namun, meletakkan tujuan Anda di atas kertas, membantu meningkatkan daya ingat. Pernahkah Anda mendengar tentang istilah “Generasi Efek“? Generasi Efek adalah fenomena ketika seseorang merasa lebih mudah untuk mengingat informasi yang dihasilkan oleh pikirannya sendiri, daripada informasi yang mereka baca atau ambil dari buku. Saat Anda menulis sesuatu, otak Anda secara otomatis menganggap bahwa itu penting dan berfokus padanya.

Ketika Anda menuliskan tujuan Anda, Anda dapat mengakses “Generasi Efek” dua kali: Pertama, ketika Anda menghasilkan tujuan (membuat gambar dalam pikiran Anda), dan Kedua, ketika Anda menuliskannya, karena pada dasarnya Anda memproses ulang atau membuat ulang gambar itu. Anda harus memikirkan kembali gambaran mental Anda, meletakkannya di atas kertas, menempatkan objek, mengukurnya, memikirkan hubungan spasialnya, menggambar ekspresi wajah, dll. Ada banyak pemrosesan kognitif yang terjadi di sana.

Misalnya, jika Anda membaca panduan perjalanan, kemungkinan besar Anda hanya akan mengingat beberapa bagian saja darinya. Namun, ketika Anda menuliskan poin-poin penting dari panduan ini dengan kata-kata Anda sendiri, otak Anda tahu bahwa informasi ini lebih penting daripada yang baru saja Anda baca dari panduan ini. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengingatnya nanti. Ini pada dasarnya adalah bagaimana Generasi Efek bekerja.

Meskipun Generasi Efek tampak seperti istilah yang keren, itu lebih umum daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. Ketika Anda memetakan tujuan Anda dan menuliskannya, otak Anda menganggapnya penting dan dengan demikian, memudahkan Anda untuk mengingatnya.

3. Membantu memperjelas tujuan

Mari kita akui, tujuan kita terkadang agak kabur dan tidak spesifik. Misalnya, kita asumsikan tujuan Anda tahun ini adalah melakukan sesuatu yang berani. Dalam hal ini, tujuan Anda untuk tahun ini bisa berakhir dengan kegagalan, karena Anda akan menghabiskan begitu banyak waktu untuk mencoba memilih tugas yang berani.

Lebih sulit lagi karena “berani” bisa berarti apa saja, mulai dari mendaki Gunung Everest atau minum sebotol saus pedas tanpa air. Namun, menuliskan tujuan Anda akan membantu mempersempit fokus Anda dan memperjelas apa yang benar-benar ingin Anda lakukan. Dengan cara ini, tidak akan ada ruang untuk kebingungan atau bermalas-malasan.

4. Meningkatkan harapan

Harapan adalah salah satu alasan tambahan, mengapa Anda harus menulis tujuan Anda segera setelah Anda menetapkannya. Ketika datang pikiran untuk mencapai tujuan, harapan adalah faktor penting. Tanpa harapan, kemungkinan besar Anda tidak akan memiliki dorongan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Menuliskan tujuan Anda dan berkomitmen untuk mencapainya, akan memicu harapan dan memberi Anda sesuatu untuk dinantikan. Ketika Anda penuh harapan, Anda dapat mencapai tujuan Anda dalam waktu singkat.

“Tujuan kita hanya dapat dicapai melalui kendaraan rencana, di mana kita harus sungguh-sungguh percaya, dan di atasnya kita harus bertindak dengan penuh semangat. Tidak ada jalan lain menuju kesuksesan.” – Pablo Picasso

5. Menetapkan batasan antara keinginan dan tujuan

Apa perbedaan antara tujuan dan keinginan? Itu seperti legenda permohonan ketika melihat Bintang Jatuh. Sebelum Anda tertawa pada lelucon ini, penting untuk dicatat bahwa ada banyak perbedaan antara tujuan dan keinginan angan-angan belaka.

Sebelum tujuan Anda ditulis, itu hanyalah salah satu dari pikiran Anda. Namun, saat Anda menuliskan tujuan Anda, Anda memberinya substansi dan mengubahnya dari keinginan menjadi target untuk dicapai. Menjadi sesuatu yang nyata dan terukur. Anda bahkan dapat menetapkan tenggat waktu dan rencana tindakan. Dengan cara ini, Anda tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam melamun saat Anda memiliki target nyata.

Setiap impian atau tujuan pada akhirnya dapat dicapai. Tentu, mungkin perlu waktu, tetapi cara yang bagus untuk memulai kesuksesan Anda adalah dengan menuliskan tujuan Anda. Menuliskan setiap tujuan, memacu alam bawah sadar Anda untuk bertindak dan mengubah pikiran pasif Anda menjadi target yang sebenarnya. Dengan cara ini, jarak antara Anda dan tujuan Anda akan dipersingkat. Pada akhirnya, siapa yang butuh bintang jatuh ketika Anda memiliki pena dan kertas?

Mampu menjelaskan tujuan Anda dalam bentuk tertulis, akan memberi Anda peluang terbaik untuk sukses meraih tujuan. Menuliskan tujuan Anda membantu Anda untuk mengklarifikasi dengan tepat apa yang ingin Anda capai, yang membantu memandu tindakan harian Anda menuju pencapaian tujuan.

Nah Sahabat. Menuliskan sesuatu tidak hanya membantu Anda mengingat, itu membuat pikiran Anda lebih efisien dengan membantu Anda fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Dan tujuan Anda benar-benar harus memenuhi syarat sebagai hal yang benar-benar penting.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (209 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.