1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (35 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: June 10, 2022 - 10:00 PM

Kuasai PIKIRAN untuk Menguasai HIDUP

Dalam buku-buku tulisan saya sebelumnya, telah saya singgung tentang adanya kekuatan pikiran super: The Touch of Super Mind, Super Mind for Successful Life, The 21 Principles to Build & Develop Fighting Spirit, dan Mengapa Doa Saya Selalu Dikabulkan.

“Berpikir hanyalah aspek kecil dari kesadaran. Pikiran tidak dapat eksis tanpa kesadaran, tetapi kesadaran tidak membutuhkan pemikiran.” – Eckhart Tolle

Pikiran mengatur tindakan kita. Pikiranlah yang datang lebih dulu dan meletakkan dasar untuk apa pun yang kita lakukan atau katakan. Sederhananya, jika Anda memendam pikiran untuk sukses, Anda akan selalu mengembangkan semangat untuk bertindak berdasarkan tonggak sejarah sukses.

Di sisi lain, jika Anda mendorong penundaan dan pikiran negatif, mereka hanya akan menyalurkan ke ketiadaan. Bagaimana Anda ingin melihat diri Anda dalam waktu dekat, sangat dipengaruhi oleh lapisan pikiran Anda. Pikiran kita dihadapkan pada situasi positif dan negatif. Akibatnya, Anda akan mengumpulkan pikiran positif dan negatif. Tantangannya adalah melatih pikiran Anda untuk menyaring pikiran-pikiran yang tidak produktif, dan memotivasi diri Anda sendiri menuju pemikiran yang konstruktif.

Orang-orang berbicara di dalam diri mereka sendiri sepanjang waktu, yang dikenal sebagai percakapan internal, monolog internal, self-talk atau bicara dengan diri sendiri, ucapan batin, wacana batin, atau wacana internal. Itu sangat alami dan normal.

Sebagian orang berdebat di kepala mereka yang mengarah pada konflik internal, kecemasan, dan depresi. Sebagian besar tantangan pada individu muncul karena argumen dalam pikiran mereka. Ketika orang memberi makan pikiran mereka dengan informasi negatif, mereka berkembang sebagai individu negatif, sedangkan ketika orang memberi makan pikiran mereka dengan informasi positif, mereka berkembang sebagai individu positif.

Jangan buang waktu mental Anda yang berharga

Ketika Anda berdebat di kepala Anda, Anda meracuni pikiran Anda dan membuang waktu Anda yang berharga. Ini mungkin memiliki efek buruk pada orang-orang di sekitar Anda. Orang sering berpikir bahwa membuang-buang waktu hanyalah terkait fisik, namun ini juga berpengaruh pada mental.

Orang-orang membuang lebih banyak waktu mental mereka dan lebih sedikit waktu fisik dalam hidup mereka. Ketika Anda berpikir tentang orang-orang negatif dan peristiwa tidak menyenangkan dari masa lalu secara berlebihan, Anda membuang-buang waktu Anda yang berharga secara mental.

Penelitian menunjukkan bahwa orang membuang 30 persen waktunya untuk memikirkan masa lalu mereka yang tidak menyenangkan, yang tidak dapat diubah. Jadi, belajarlah untuk hidup di masa sekarang, tanpa memikirkan masa lalu Anda yang tidak menyenangkan dan mengkhawatirkan masa depan. Beri makan pikiran Anda dengan pikiran positif dan bekerja secara konstruktif dan kreatif untuk mencapai kesuksesan.

Hindari menjadi ‘overthinker’ kronis

Mengatasi kelumpuhan analisis. Hindari berpikir sebagai berikut: Saya berharap saya berhasil sebagai pengusaha. Saya berharap saya dilahirkan dalam keluarga yang kaya raya. Saya berharap saya memiliki pendidikan yang tinggi. Saya berharap saya memiliki pendidikan dari lembaga pendidikan terkemuka. Saya berharap saya memiliki mentor atau coach di awal kehidupan saya untuk menjadi sukses.

Hindari argumen internal imajinatif yang tidak rasional. Bersikaplah realistis dan praktis. Jadilah positif dan percaya diri. Lihat cahaya dalam diri Anda untuk menjalani hidup Anda dengan kedamaian dan kebahagiaan.

“Anda memiliki kekuatan atas pikiran Anda – bukan peristiwa di luar. Sadarilah ini, dan Anda akan menemukan kekuatan.” – Marcus Aurelius

Hindari argumen irasional imajiner di kepala Anda

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari pertengkaran di kepala Anda.

  • Jangan mengambil kritik yang tidak sehat secara pribadi. Jadilah kuat.
  • Hindari individu yang senang berdebat dengan orang lain. Jangan bereaksi terhadap mereka. Abaikan mereka. Bertindak positif. Lepas dari individu negatif dan lekatkan dengan individu positif.
  • Memiliki kesadaran diri. Pahami kekuatan monolog internal dan manfaatkan secara konstruktif.
  • Tuliskan jurnalnya. Misalnya, setiap kali ada masalah atau konflik dalam pikiran saya, saya menuliskannya. Ini berfungsi sebagai terapi. Saya mendapatkan keringanan dan solusi untuk itu. Selain itu, saya membuka kekuatan pikiran bawah sadar saya untuk menemukan solusi dari masalah dan menyelesaikan konflik secara efektif.

Melatih argumen adalah pedang bermata dua

Penelitian menunjukkan bahwa berlatih argumen dalam pikiran, akhirnya menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan, yang mengarah ke penyakit mental dan merusak tubuh Anda. Ini berdampak buruk pada pikiran dan tubuh Anda. Namun, pengacara litigasi sering berlatih banyak secara mental sebelum mereka benar-benar berdebat di pengadilan.

Sebelum menulis artikel atau makalah, saya memainkan seluruh skenario. Sebelum saya menghadiri wawancara, podcast, atau webinar sebagai tamu, saya memainkan seluruh skenario. Ini membantu saya memberikan kontribusi terbaik saya, saat saya mengantisipasi kemungkinan pertanyaan dan berlatih dengan jawaban saya. Jadi, memainkan seluruh skenario adalah pedang bermata dua. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda menggunakan pikiran sadar, dan pikiran bawah sadar Anda.

Kuasai pikiran Anda untuk menjalani hidup Anda dengan penuh kesadaran

Hindari perang di kepala Anda. Ingatlah bahwa musuh internal lebih berbahaya daripada musuh eksternal. Jadi, hindari argumen internal Anda untuk memeriksa musuh internal Anda. Tenangkan pikiran argumentatif irasional Anda untuk menjalani hidup Anda dengan penuh perhatian dan bermakna.

Pikiran Anda adalah sebuah mahakarya. Anda dapat menggunakannya untuk kegiatan konstruktif atau pun destruktif. Hal ini di bawah kendali Anda. Jangan mengacaukannya. Gunakan secara konstruktif untuk membangun dunia yang lebih baik. Untuk meringkas, gunakan kekuatan pikiran bawah sadar secara positif, untuk berhenti berdebat di kepala Anda, untuk unggul sebagai individu yang positif dan memandang orang lain secara positif.

Anda dapat membicarakan hal-hal hebat dengan orang lain dan menginspirasi mereka. Ingat, Anda adalah apa yang Anda beri makan pikiran Anda. Jadi beri makan pikiran Anda secara positif untuk unggul sebagai individu yang sehat. Untuk menyimpulkan, hindari argumen irasional imajiner di kepala Anda untuk menjalani hidup Anda dengan penuh perhatian dan bermakna.

“Tenang, lepaskan, izinkan, dan kenali bahwa beberapa keinginan Anda adalah tentang bagaimana menurut Anda dunia Anda seharusnya, daripada bagaimana keadaannya pada saat itu. Jadilah pengamat yang lihai, kurangi menilai dan lebih banyak mendengarkan. Luangkan waktu untuk membuka pikiran Anda terhadap misteri dan ketidakpastian menarik yang kita semua alami.” – Wayne W. Dyer

Nah Sahabat. Kualitas pikiran kita menentukan kualitas hidup kita. Itulah pentingnya mendorong pola pikir disiplin untuk memantau pikiran kita, dan memastikan kita menanam bunga indah di taman kehidupan kita, bukan racun.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (35 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.