1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (92 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: June 9, 2021 - 3:00 AM

Mengembangkan KEKUATAN PIKIRAN

Pengalaman belajar yang hebat, memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita berpikir tentang diri kita sendiri, hubungan kita dengan orang lain, dan peran kita di dunia. Pola pikir dapat sangat memengaruhi pembelajaran, pengembangan keterampilan, hubungan, prestasi di sekolah, dan kesuksesan di bidang kehidupan lainnya.

Ada dua jenis Pola Pikir, yang senantiasa harus ditingkatkan kualitasnya, yaitu: POLA PIKIR BERKEMBANG dan POLA PIKIR KE LUAR.

Seseorang dengan POLA PIKIR BERKEMBANG, percaya bahwa mereka selalu mampu belajar dan berkembang, dan kecerdasan itu tidak statis. Mereka melihat usaha sebagai kunci keberhasilan mereka dan bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan dan terus belajar. Seseorang dengan POLA PIKIR BERKEMBANG tidak berkecil hati ketika mereka menerima umpan balik atau pun kritik, dan tidak menerimanya secara emosi. Bagi mereka, tantangan adalah peluang. Ini berlawanan dengan Pola Pikir Tetap, yang tidak mau menerima tantangan, bahkan merasa stres ketika ada umpan balik.

Begitu pula mempraktikkan POLA PIKIR KE LUAR, bisa menjadi kekuatan. Seseorang dengan POLA PIKIR KE LUAR, sering bertanya tentang orang lain dalam hidupnya, misalnya: Mengapa orang ini merespons dengan cara ini? Apa yang mereka butuhkan untuk sukses? Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu mereka menjadi sukses? Ini bertentangan langsung dengan Pola Pikir Ke Dalam, yang hanya memikirkan tentang kebutuhan dan masalah diri sendiri.

Memiliki POLA PIKIR KE LUAR sangat membantu ketika bekerja dengan orang lain, berempati, menanggapi kebutuhan kelompok, dan memimpin secara efektif. Memiliki POLA PIKIR KE LUAR, bukanlah hanya tentang bersikap baik atau meninggalkan segalanya untuk membantu orang lain; namun itu melibatkan pemikiran tentang orang lain dan kebutuhan mereka, bahkan jika Anda tidak dalam posisi untuk membantu. Perspektif ini akan membantu Anda meningkatkan sikap Anda sendiri dan cara Anda berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

KEBIASAAN, dapat menggabungkan kedua pola pikir ini. Misalnya, Belajar dari Kemunduran, ini berkaitan dengan POLA PIKIR BERKEMBANG, yakin bahwa Anda dapat meningkatkan dan mengambil tindakan untuk melakukannya, mengatasi kemunduran atau tantangan secara langsung, dan menerima masukan dengan baik. Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Memecahkan Masalah, memerlukan POLA PIKIR KE LUAR, guna memahami perspektif dan keadaan orang lain, berempati, dan membantu orang lain.

Berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan POLA PIKIR BERKEMBANG:

– Bagikan tujuan pembelajaran pribadi Anda, serta apa yang sedang Anda kerjakan, untuk ditingkatkan. Juga membantu orang lain mengidentifikasi tantangan, namun realistis, tujuan dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

– Bersikaplah transparan tentang kesalahan dan kemunduran. Identifikasi tindakan apa yang Anda ambil untuk mengatasi situasi tersebut.

– Mengungkapkan pemikiran positif. Alih-alih mengatakan, “Saya tidak pandai dalam hal ini,” katakan dengan bahasa seperti, “Ini sangat sulit bagi saya. Saya harus terus mengerjakannya.” Ulangi pemikiran ini dengan tekad kuat, untuk menjadi contoh self-talk yang positif.

– Kenali dan rayakan upaya dan kerja keras, bukan hanya kesuksesan.

– Cobalah hal-hal baru! Tunjukkan pada orang lain bahwa Anda tidak takut dengan tantangan dan ketidakpastian, dan bahwa Anda melihatnya sebagai peluang untuk belajar.

Berikut adalah beberapa strategi untuk mengembangkan POLA PIKIR KE LUAR:

– Tanyakan kepada orang lain apa yang mereka butuhkan dan bagaimana Anda dapat membantu mereka.

– Ketika frustrasi dengan tindakan orang lain, tanyakan pada diri Anda mengapa mereka bertindak seperti itu.

– Hadir dan dengarkan orang lain.

– Fokus pada apa yang bisa Anda berikan, bukan apa yang bisa Anda dapatkan, dari seseorang atau situasi.

“Kebahagiaan tidak tergantung pada kondisi eksternal apa pun, itu diatur oleh sikap mental kita.” – Dale Carnegie

Nah Sahabat. Bagaimana Anda meningkatkan kualitas Pola Pikir Berkembang dan Pola Pikir Ke Luar tersebut, untuk kesuksesan dan kebahagiaan hidup Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (92 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *