1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (41 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 1, 2022 - 10:00 PM

5 Cara MEMBANGUN MOTIVASI Pribadi

Kebanyakan orang ingin mengubah setidaknya satu hal dalam hidup mereka. Dan menemukan motivasi hanya untuk memulai dapat menjadi tantangan. Ini membantu untuk memahami apa arti motivasi bagi Anda, sehingga Anda dapat menemukan cara Anda sendiri untuk mendapatkan motivasi.

Anda sudah membaca dan meletakkan buku “self-help” Anda dan Anda merasa siap. Anda siap untuk menaklukkan tugas besar apa pun yang menghalangi jalan Anda menuju kesuksesan.

Anda berubah, dan Anda tidak sabar untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Anda mampu. Keesokan harinya, Anda bangun pagi-pagi sekali. Anda mematikan jam alarm ponsel Anda dengan energi sedemikian rupa sehingga Anda tahu bahwa Anda akan menghancurkan hari itu.

Seminggu berlalu, dan Anda masih menghancurkannya. Orang-orang di sekitar Anda mulai memperhatikan. Anda adalah pria yang berubah! Seminggu lagi berlalu, Anda merasa sedikit lelah, tetapi Anda tetap semangat. Pada minggu ke tiga, Anda merasa muak dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan motivasi — apa yang terjadi di sini?

Saya bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang sama berkali-kali, dan saya menyadari bahwa motivasi dari luar hanya dapat bertahan beberapa saat. Apa yang terjadi adalah Anda mendapat dorongan motivasi dari buku self-help, tetapi Anda tidak mencapai motivasi berkelanjutan; yang bertahan selamanya.

Satu-satunya cara agar Anda tetap termotivasi adalah dengan mempersonalisasikan motivasi Anda. Buatlah senyaman mungkin. Anda harus melihat motivasi dari perspektif bottom-up, bukan top-down.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan hal itu. Anda akan mempelajari beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mempersonalisasi motivasi, membangunnya dari dalam ke luar.

Berikut ini 5 Cara MEMBANGUN MOTIVASI Pribadi:

1. Diagnosis kekuatan Anda

Langkah pertama untuk mempersonalisasi motivasi Anda adalah dengan menunjukkan dan memanfaatkan kekuatan Anda.

Apa hal yang menunjukkan kekuatan Anda?

Ada dua cara untuk menemukan jawabannya:

  • Analisis sejarah pencapaian Anda
  • Tanyakan kepada orang yang mengenal Anda dengan baik

Misalnya, ketika saya masih mahasiswa, saya mendapat nilai tertinggi dalam berbicara di depan umum. Orang-orang juga sering mengatakan kepada saya bahwa saya memiliki cara yang baik dengan kata-kata. Apa artinya semua ini?

Itu berarti saya memiliki karisma. Saya mampu menginspirasi orang lain dengan kata-kata saya. Jadi, bagaimana saya bisa menggunakan ini untuk mempersonalisasi motivasi saya?

Nah, jika saya bisa menginspirasi orang dengan kata-kata saya, saya juga bisa menginspirasi diri saya sendiri dengan mereka. Saya berbicara dengan diri saya sendiri setiap hari. Setiap kali saya kehabisan motivasi, saya menggunakan metafora, perumpamaan, dan personifikasi yang dibuat dari imajinasi saya sendiri untuk menyingkirkan parasit apa pun yang menyedot kekuatan dari jiwa saya. Kata-kata saya tidak pernah mengecewakan saya.

Tunjukkan kekuatan Anda dan manfaatkan itu.

2. Ketuk kekuatan simbolisme pribadi

Simbolisme adalah penggunaan simbol untuk mewakili ide. Misalnya, bagi saya, Cincin Batu Mulia adalah simbol kekuatan dan keanggunan.

Motivasi dan kesuksesan adalah kekuatan pendorong di balik semua yang Anda lakukan. Dan kekuatan Anda membantu Anda melewati tantangan untuk mencapai tujuan Anda. Jadi, mengapa Anda tidak memberikan semua ini bentuk konkret?

Ketika Anda memberikan apa yang Anda yakini dalam bentuk konkret, itu tidak hanya menjadi bagian dari siapa Anda. Itu menjadi siapa Anda. Ini memberi motivasi arti yang sama sekali baru.

Sebagai contoh, beberapa kekuatan saya adalah intensitas, gairah, energi fisik, kerinduan untuk ekspresi diri dan kemarahan yang agak terkubur pada gagasan bahwa ada orang yang lebih baik dari saya dalam apa yang saya lakukan. Saya memutuskan bahwa simbol Cincin Batu Mulia secara sempurna mewakili siapa saya dan bagaimana saya mengatasi saat-saat kelemahan saya.

Saya selalu memakai Cincin Batu Mulia saya di sepanjang waktu aktivitas luar saya. Itu adalah bagian dari motivasi saya. Ini menunjukkan kepada dunia motivasi saya, dan saya suka ketika orang bertanya kepada saya tentang hal itu.

Berikut adalah beberapa cara lain untuk memanfaatkan kekuatan simbolisme motivasi:

  • Pilih simbol yang paling mewakili filosofi motivasi Anda
  • Buat kartu identitas Anda sendiri. Gambar, nama, simbol pilihan Anda, dan informasi lain yang penting bagi Anda, semua harus ada di sana.
  • Cincin, kalung, atau pun gelang dengan simbol pilihan Anda adalah cara yang bagus untuk mewujudkan motivasi Anda

Tato juga merupakan pilihan, tetapi saya tidak merekomendasikannya. Mereka tidak mudah dibuang dan saat Anda maju dalam perjalanan motivasi Anda, apa yang memotivasi dan apa yang tidak memotivasi Anda dapat berubah secara drastis. Anda tidak ingin menjadi kaku.

“Ketika sesuatu cukup penting, Anda melakukannya bahkan jika kemungkinannya tidak menguntungkan Anda.” – Elon Musk

3. Ritualisasikan motivasi Anda

Cara lain untuk membuat motivasi diri Anda, dan bukan hanya bagian dari siapa Anda, adalah dengan RITUAL. Jadikan motivasi sebagai KEBIASAAN, sesuatu yang Anda lakukan dari waktu ke waktu.

Motivasi diri Anda setiap hari. Bangun di pagi hari dan ingatkan diri Anda tentang apa yang penting bagi Anda. Apa yang Anda lakukan akan terbayar suatu hari nanti. Visualisasikan bagaimana perasaan Anda ketika Anda mencapai tujuan Anda dan hal-hal yang akan membawa Anda: uang, kekuasaan, dan ketenaran. Semua yang ada di antara Anda dan hal-hal ini adalah kerja keras dan cerdas.

Saya memiliki pidato motivasi yang ditulis secara pribadi, yang saya baca setiap pagi. Pidato tersebut mencerminkan keinginan terdalam saya. Tidak ada yang bisa membuka kekuatan besarnya selain saya sendiri. Saya membacanya keras-keras dan saya merasakan kata-kata itu bergema di jiwa saya. Inilah bentuk afirmasi saya.

Jadikan motivasi sebagai kebiasaan.

4. Beradaptasi, bukan mengadopsi

Meskipun artikel motivasi yang baik dapat memberikan panduan, artikel tersebut tidak memberikan jawaban, karena hanya Anda yang dapat menemukan inti sarinya. Orang yang menulis tentang motivasi (termasuk saya) tidak mengenal Anda, sebaik Anda mengenal diri sendiri. Sesuaikan artikel motivasi yang Anda baca, dengan kebutuhan, pengalaman, selera, dan kecerdasan Anda sendiri.

Misalnya, jika artikel motivasi menyarankan agar Anda melakukan tugas yang paling Anda takuti di pagi hari, sementara Anda adalah orang sore hari, maka Anda tidak akan melakukannya di pagi hari. Anda dapat melihat bagaimana artikel motivasi dapat memberi Anda ide; lakukan apa yang paling Anda takuti saat Anda dalam kondisi terbaik. Namun, kondisi terbaik, bervariasi di antara individu berbeda.

Sesuaikan apa yang Anda baca dengan keunikan Anda, untuk meramu motivasi yang dipersonalisasi sesuai dengan diri Anda.

5. Beristirahatlah dan buat itu diperhitungkan

Mengabaikan istirahat — saya pernah ke sana. Anda ingin berpikir bahwa Anda kuat dan tangguh, dan mungkin memang demikian, tetapi mengabaikan istirahat tidak akan membawa Anda ke mana pun. Sama seperti otot yang perlu istirahat untuk mengurangi penumpukan asam laktat setelah latihan keras, begitu juga dengan motivasi Anda. Tentunya Anda tidak ingin menunggu sampai Anda kehabisan tenaga. Kesalahan mengabaikan istirahat pada saat itu sangat merugikan saya.

Luangkan waktu untuk istirahat Anda setiap minggu, atau setiap beberapa minggu. Istirahat sehari penuh juga merupakan bagian dari motivasi Anda, karena Anda akan menantikannya saat Anda bekerja keras.

Perhitungkan juga waktu istirahat Anda. Tidak ada ponsel atau semacamnya. Anda telah melelahkan mata Anda selama ini melihat layar dan dokumen. Anda harus memberi diri Anda semua istirahat di hari bebas Anda. Olahraga ringan boleh saja, tetapi tidak boleh lebih dari 20 menit. Hindari apa pun dan siapa pun yang dapat menghabiskan cadangan kekuatan kemauan Anda – termasuk teman-teman yang sulit.

Beristirahatlah dan buat hal itu diperhitungkan. Anda akan kembali lebih kuat.

Nah Sahabat.

Motivasi yang dipersonalisasi adalah motivasi yang paling kuat. Ini adalah motivasi yang sangat melekat pada kebutuhan, selera, pengalaman, dan logika istimewa Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (41 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.