1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (204 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 04 January, 2007 - 12:00 PM

Apakah MEDITASI itu?

Istilah “meditasi” seringkali menimbulkan persepsi keliru pada sebagian orang. Meditasi dulu sering dikaitkan dengan hal-hal berbau “klenik”, “magic” atau bahkan “ilmu hitam”.

Sering dianggap, bahwa orang yang melakukan meditasi dianggap sedang mempelajari ilmu-ilmu serupa itu; atau bisa dianggap bahwa orang tersebut sudah tidak mau berurusan dengan semua hal bersifat duniawi; dianggap sebagai “pertapa” yang memang tidak butuh lagi benda-benda duniawi. Itulah anggapan sangat keliru sebagian orang tentang meditasi. Meditasi sebenarnya sangat jauh dari anggapan seperti tersebut.

Banyak sudah penulis buku-buku mengenai meditasi memberikan ulasan, apakah meditasi itu. Pada beberapa aliran kepercayaan, meditasi diartikan sebagai usaha mencapai penyatuan diri dengan Tuhan atau alam semesta.

Saya sendiri setuju saja dengan penjelasan dan gambaran pengertian meditasi yang diulas para penulis tersebut. Yang jelas menurut saya; pada prinsipnya meditasi itu merupakan suatu kegiatan secara sadar kita lakukan dalam rangka memusatkan perhatian dan pikiran kita pada suatu obyek kegiatan, dan merasakan dengan kesadaran penuh, bagaimana suatu proses dari kegiatan itu menyatu serta berefek pada diri kita.

Tetapi jika suatu proses dari kegiatan itu tidak kita sadari, atau kita tidak sadar merasakan proses dari suatu kegiatan; saya pikir itu bukan suatu bentuk “meditasi”. Misalnya saja, Anda sedang membaca buku atau Anda sedang menonton televisi… Anda sadar sedang membaca buku atau menonton televisi; tetapi jika Anda sendiri tidak menyadari bagaimana suatu proses telah berlangsung dan berefek kepada Anda; Anda tidak merasakan adanya sebuah proses, maka Anda tidak melakukan aktivitas meditasi.

Suatu aktivitas meditasi adalah aktivitas yang tidak hanya aktif secara fisik, tetapi lebih jauh dari itu; Anda di dalam melakukan meditasi ini akan terlibat secara mental dan emosional Anda, bahkan “ruh spirit” Anda akan terlibat di dalamnya. Anda sengaja melakukan aktivitas meditasi ini dengan kesadaran penuh dan merasakan berlangsungnya suatu proses terjadi pada diri Anda; kemudian Anda juga merasakan dan menyadari adanya suatu akibat atau efek yang ditimbulkan dari suatu proses tersebut pada diri Anda. Meditasi sebenarnya merupakan sebuah metode pengembangan diri, seni menyadari diri sendiri, belajar dari pengalaman dan menemukan kebenaran tentang diri sendiri.

Saya akan menuliskan beberapa cara olah nafas dan meditasi yang pernah saya lakukan serta saya latihkan kepada mereka yang minta bantuan saya; agar mencapai suatu keadaan relaksasi, ketenangan maupun kebahagiaan dalam hidupnya. Meditasi ini saya namakan “Meditasi Pernafasan”. Meditasi Pernafasan ini adalah suatu cara yang dapat mengantarkan Anda memusatkan perhatian pada satu obyek kegiatan, dan Anda tetap bisa merasakan kondisi apa pun di sekitar Anda dengan rileks pada saat sama; sampai akhirnya Anda bisa merasakan hidup Anda lebih menyenangkan dan selalu berbahagia.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (204 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *