1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (119 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 12 April, 2008 - 9:00 PM

UKM Butuh Pasar On-Line

Apakah Anda tahu bahwa 94% dari konsumen melakukan riset produk secara online sebelum membeli? Dan, tiga dari lima orang menggunakan mesin pencari sebagai sumber belanja. (Sumber: 2007 Compete Online Shopper Intelligence Study)

Tidak ada lagi keraguan bahwa pembeli sering menjelajahi dunia online untuk penelitian dan pembelian produk atau pun jasa layanan. Perusahaan yang memiliki website dan pasar online dapat menuai manfaat yang menghubungkannya dengan pembeli tersebut.

Bagian tersulit pada saat memulai adalah membuat rencana bisnis online Anda sekarang dan segera mulai pemasaran online. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut caranya:

  • Tetapkan Tujuan Anda

Pemasaran online dapat melakukan banyak hal untuk bisnis Anda. Pilih satu atau dua tujuan untuk pemula. Misalnya, apakah Anda ingin mengarahkan pengunjung ke website Anda, menghasilkan lebih banyak traffic ke bisnis Anda, atau mengumpulkan email untuk berlangganan newsletter?

  • Identifikasi Target Anda

Identifikasilah secara jelas tentang pembeli yang ingin Anda jangkau. Apa yang paling mereka pedulikan? Apa masalah mereka? Apakah mereka membeli dari Anda sebelumnya? Apakah mereka saat ini membeli dari pesaing? Juga pertimbangkan gender mereka, hobi, lokasi dan spesifikasi lainnya, ini semua bisa membantu Anda menentukan cara terbaik untuk menjangkau mereka sebagai pembeli potensial.

  • Pelajari Pelanggan Saat Ini

Jika Anda memiliki sebuah situs web, tanyakanlah kepada pengunjung atau pelanggan Anda saat ini, bagaimana mereka menemukan situs Anda itu. Atau, tanyakanlah kepada mereka, di mana mereka biasa melihat-lihat produk atau jasa pelayanan jika sedang online. Pemahaman terhadap siapa pelanggan Anda saat ini dapat membantu Anda memfokuskan segenap upaya Anda dalam memaksimalkan On-Line Marketing.

  • Lihat Pesaing

Di dunia maya, saat ini sudah banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan On-Line Marketing. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir, selalu banyak celah yang dapat dimanfaatkan oleh UKM untuk mempromosikan bisnisnya. Hanya karena pesaing sudah melakukan pemasaran online, itu tidak berarti pesaing sudah unggul. Tetaplah antusias. Tinjaulah dan pelajarilah, apa yang dilakukan pesaing. Meninjau apa yang dilakukan pesaing Anda dapat membantu Anda membuat pendekatan yang unik untuk bisnis Anda sendiri.

  • Mengatur Strategi

Ambillah waktu untuk memikirkan rencana Anda, sebelum Anda mulai dapat meningkatkan hasil Anda secara dramatis. Pilih satu atau dua taktik yang hendak Anda kerjakan, masuk akal bagi audiens Anda dan bahwa Anda berkomitmen untuk mengelola pemasaran bisnis online secara efektif. Banyak pemasar online yang sukses dengan cara menguji dan menyempurnakan pendekatan sehingga senantiasa sesuai dengan pasar yang diharapkan, untuk mendapatkan hasil terbesar.

  • Melacak Hasil Anda

Pemasaran online memudahkan Anda untuk mengukur kinerja program, dengan memonitor respon terhadap program pemasaran Anda. Meningkatkan investasi Anda dalam program yang bekerja dengan baik, dan merevisi komponen program yang tidak bekerja. Sehingga Anda dapat melihat bagaimana program Anda membaik.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (119 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *