1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (173 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

Published on: 01 March, 2009 - 7:00 AM

5 Alasan Sukses itu Tentang Tanggung Jawab Pribadi

Satu hal pasti tentang kesuksesan adalah Kesuksesan itu dimulai dan diakhiri dengan diri kita sendiri. Kita semua tahu ini, tetapi terkadang sangat sulit untuk benar-benar hidup seolah Anda mengetahuinya. Hidup seolah-olah Anda tahu itu berarti memahami dan menerima kebenaran yang mendasar ini: Sukses itu Selalu Tentang Tanggung Jawab Pribadi.

Tidak ada yang lebih bersemangat tentang kesuksesan Anda daripada Anda. Jika ya, Anda berada di jalur yang salah. Anda membutuhkan orang lain untuk membantu dan mendukung Anda dalam perjalanan Anda. Mereka pasti dapat membantu membukakan pintu bagi Anda, dan Anda harus mau berjalan melalui pintu itu. Anda harus selalu mengambil langkah pertama.

Agar benar-benar berhasil, Anda harus bersedia mengambil 100% tanggung jawab untuk mencapai tujuan Anda, dan tahu bahwa ini berarti membuat beberapa pilihan yang sangat sulit.

Berikut adalah 5 Langkah, yang dapat menginspirasi Anda untuk mulai hidup dengan lebih bertanggung jawab pada kesuksesan Anda:

1. Buat keputusan

Sebelum melakukan apa pun, Anda harus membuat keputusan. Membuat keputusan untuk bertanggung jawab penuh atas hidup Anda dan kesuksesan Anda, sering bisa terasa menakutkan. Dibutuhkan perubahan besar dalam apa yang ingin Anda ceritakan kepada diri sendiri tentang siapa Anda dan apa yang dapat Anda capai. Ini juga mengharuskan Anda untuk bercermin dan memutuskan bahwa Anda sudah selesai membuat alasan, dan selesai menyalahkan orang lain atas keadaan Anda.

Apa visi sukses Anda? Mengapa Anda menciptakan visi khusus itu? Bagaimana Anda bisa mulai bergerak menuju visi itu, meskipun berarti mengambil langkah kecil yang membuat Anda takut? Ketika Anda membuat keputusan untuk secara pribadi memiliki kesuksesan Anda, Anda mengubah pikiran dan energi Anda, dan pada gilirannya mengubah apa yang Anda lakukan mulai hari ini dan seterusnya. Ingatlah nasihat bijak ini, “Pada saat-saat pengambilan keputusanmu, di situlah takdirmu dibentuk.”

2. Tetapkan batasan

Jika ingin sukses, Anda harus belajar menetapkan batasan yang sehat terlebih dahulu, terutama dengan diri Anda sendiri. Pikirkan tentang visi kesuksesan Anda, cari tahu di mana Anda mendapatkan gangguan atau frustrasi, dan mulai hilangkan beberapa gangguan tersebut. Setelah Anda selesai dengan batasan Anda sendiri, pikirkan tentang di mana Anda mungkin perlu menetapkan batasan, yang baik tetapi tegas dengan orang lain.

Menjadi sukses berarti belajar mengatur waktu dan energi Anda dengan cara yang memungkinkan Anda bergerak menuju tujuan Anda dan tetap sehat. Ini juga berarti mengetahui batas Anda dalam hal gangguan dan aktivitas yang menguras tenaga Anda. Jangan khawatir tentang menetapkan batasan yang sempurna, cukup mulai di suatu tempat dan sesuaikan saat Anda pergi.

3. Beralih dari pasif ke aktif

Ini tentang berpikir dan berbicara tentang kesuksesan itu hebat, namun hanya tindakan yang selalu membawa hasil.

Salah satu cara terbaik untuk keluar dari siklus berpikir dan berbicara ini adalah menuliskan pikiran dan poin pembicaraan Anda sebagai item tindakan. Bahkan jika beberapa di antaranya tampak tidak masuk akal, luangkan waktu untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang secara langsung berkaitan dengan visi kesuksesan Anda. Kemudian lakukan lompatan dengan tindakan.

Keluarlah dari zona nyaman Anda dan lakukan sesuatu, lalu renungkan apa yang terjadi. Untuk menjadi orang yang sukses, Anda harus memiliki dan menerima sepenuhnya bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengubah Anda dari pasif menjadi aktif, hanya Anda yang dapat melakukannya. Jadi ambillah salah satu item pemikiran atau pembicaraan Anda dan mulailah bertindak dalam satu atau dua hari berikutnya.

4. Rangkullah fakta bahwa arah Anda mungkin berubah

Menjadi bertanggung jawab secara pribadi berarti memahami bahwa arah Anda mungkin berubah, tetapi perasaan yang Anda peroleh karena sukses tidak akan berubah. Inilah mengapa sangat penting untuk benar-benar memahami mengapa Anda melakukan sesuatu; kesuksesan adalah tentang perasaan Anda, tidak diukur dalam jumlah uang yang diperoleh, atau hal-hal materi lainnya.

Berhati-hatilah dengan pikiran seperti “Saya harus melakukan …” dan fokuslah pada “Yang harus saya lakukan adalah …” Yang harus Anda lakukan adalah hasrat Anda. Apa yang harus Anda lakukan adalah bukan apa yang diperintahkan orang lain kepada Anda. Tangkap diri Anda saat Anda mulai membandingkan diri Anda dengan orang lain, dan ingat bahwa visi kesuksesan mereka sama uniknya dengan visi Anda. Fokuskan waktu dan energi Anda pada visi Anda sendiri, dan biarkan orang lain mengejar impian mereka.

“Bukan yang terkuat atau paling cerdas yang akan bertahan, tetapi mereka yang paling bisa mengelola perubahan.” – Charles Darwin

5. Hidup dengan integritas

Cara terbaik untuk menunjukkan, tidak hanya mengatakan, Anda meningkatkan dan mengambil tanggung jawab pribadi untuk kesuksesan Anda adalah Hidup dengan Integritas. Integritas adalah fondasi kepercayaan, dan tanpa kepercayaan Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada hubungan pribadi dan profesional yang bermakna. Apa yang Anda janjikan pada diri sendiri dan orang lain? Apakah Anda menepati janji itu, atau membuat alasan ketika janji itu dilanggar?

Ketika perkataan dan perbuatan cocok, Anda memiliki integritas. Bicara itu murah dan orang-orang lebih mungkin mempercayai Anda, pada akhirnya menyukai Anda dan bekerja dengan Anda, jika Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda terus-menerus membuat kata-kata Anda terwujud baik. Ini tidak selalu mudah, tetapi ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menjaga diri Anda tetap bertanggung jawab. Integritas adalah salah satu landasan kesuksesan, jadi pastikan Anda selalu mengingatnya dalam segala hal yang Anda lakukan.

Mengambil tanggung jawab penuh untuk kesuksesan Anda sendiri membuat Anda kuat. Dengan membuang alasan dan menghentikan permainan menyalahkan, Anda dapat memilih bagaimana menggunakan kekuatan Anda untuk mengembangkan diri Anda, baik secara pribadi maupun profesional.

Ini berarti membuat keputusan sulit dengan memahami apa yang benar-benar Anda inginkan, dan apa yang ingin Anda lakukan, agar merasa benar-benar sukses. Yang terbaik dari semuanya, ini memungkinkan Anda untuk berbagi hadiah Anda dengan dunia, dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda bisa mulai mengambil tanggung jawab atas kesuksesan Anda hari ini?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (173 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *