1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (227 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 28 September, 2009 - 6:30 PM

Kebiasaan Pemimpin Wirausaha yang Efektif

Semua orang tahu bahwa tidak dapat mengembangkan bisnis tanpa tim. Namun terlalu sering pengusaha dan pemilik usaha kecil memusatkan perhatian mereka pada segala hal, kecuali bagaimana mereka memimpin tim mereka. Pengusaha kadang lupa bahwa tidak semua orang menyukai mereka, lupa melihat gambaran besarnya, mengetahui ke mana arah perusahaan, dan mengantisipasi langkah selanjutnya.

Saya telah menemukan fakta ketika bekerja sama dengan pemilik usaha kecil, mereka sering mengabaikan pentingnya kepemimpinan dalam mengelola usahanya. Sesungguhnya, kepemimpinan adalah bahan bakar yang memicu pertumbuhan bisnis.

Ketika saya berpikir tentang kepemimpinan kewirausahaan, saya mengacu pada sesuatu yang lebih besar dari sekadar memperlakukan karyawan dengan baik atau memotivasi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini tentang membuat perubahan lengkap dalam cara Anda memandang perusahaan Anda.

Setelah Anda melihat bisnis Anda melalui lensa kepemimpinan, Anda akan melihat bahwa beban menjalankan bisnis Anda tidak jatuh pada Anda sendiri. Ini adalah kerangka kerja yang sangat meneguhkan dan positif untuk kewirausahaan.

Menjadi pemimpin efektif, berarti melihat ke dalam dan ke luar untuk mencari jawaban, apakah Anda sedang mencoba untuk menyelesaikan masalah besar, umum seperti selamat dari resesi ekonomi, atau yang lebih kecil, spesifik seperti mendata hutang dan merencanakan melunasinya.

Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang diri Anda dan apa yang mendorong Anda, sementara pada saat sama, melihat pekerjaan Anda sebagai bagian dari keseluruhan yang lebih besar, sebagai campuran dari sinergi yang melibatkan banyak orang lain. Anda mungkin menjadi kekuatan kreatif di belakang perusahaan Anda, tetapi Anda membutuhkan orang lain untuk membuatnya sukses. Di situlah adanya kepemimpinan kewirausahaan sangat diperlukan.

Beberapa hal berikut ini diperlukan untuk menjadi pemimpin kewirausahaan.

1. Kenali Diri.

Pemimpin wirausaha tahu siapa dirinya, dan apa yang berarti baginya. Mereka memiliki tujuan dalam kehidupan dan pekerjaan, mengetahui mengapa mereka memulai perusahaan mereka dan mengapa mereka memimpin. Mereka memahami bagaimana bisnisnya cocok dengan industri dan komunitas mereka.

2. Miliki visi dan mampu mengartikulasikannya.

Seorang pemimpin wirausaha harus memiliki visi tentang semua urusannya: apa yang dilakukannya, bagaimana melayani para pemangku kepentingannya, dan ke mana arahnya. Visi tidak bisa kabur. Seorang pemimpin wirausaha harus mampu mengartikulasikan visi ini, sehingga orang lain terinspirasi dan akan bergabung bersama dan bekerja bersama untuk tujuan bersama.

3. Kembangkan karyawan dan bantu mereka tumbuh.

Para pemimpin wirausaha berkomitmen pada orang-orang yang bekerja untuk mereka. Mereka membantu karyawan mengembangkan bakat dan keterampilannya sendiri. Karyawan membuat komitmen kepada Anda, ketika Anda membuat komitmen kepada mereka. Seorang pemimpin wirausaha juga tahu, bahwa penting untuk membantu karyawan tumbuh, sehingga bisnis dapat berkembang lebih baik ke masa depan.

4. Dengarkan baik-baik.

Pemimpin wirausaha selalu mendengarkan karyawan, klien, mentor, dan lainnya. Mereka membuat keputusan berdasarkan tidak hanya pada pemahaman mereka sendiri tentang fakta dan situasi, tetapi juga berdasarkan apa yang mereka dengar dari berbagai sumber. Oleh karena itu, mereka tidak hanya menciptakan tempat kerja yang produktif, tetapi mereka menyediakan klien dan pelanggan dengan produk dan layanan yang mereka butuhkan dan sesuai permintaan.

5. Terapkan ide-ide baru.

Seorang pemimpin wirausaha bersedia berinovasi dan mengambil risiko – di saat-saat yang baik dan buruk. Iklim bisnis selalu berubah. Menjadi fleksibel dan menemukan peluang untuk meluncurkan inisiatif baru, strategi baru, produk atau layanan baru adalah kunci keberhasilan bisnis.

6. Jaga diri baik-baik dan tetap buka pikiran.

Para pemimpin wirausaha meluangkan waktu untuk diri mereka sendiri, bersama keluarga dan teman-teman. Mereka menikmati liburan, hobi, dan minat di luar pekerjaan. Seorang pemimpin wirausaha memerlukan waktu untuk kontemplasi – untuk dapat melihat bisnisnya melalui lensa yang berbeda. Namun yang terpenting, mereka tetap membuka pikiran terhadap segala hal yang terjadi. Seorang pemimpin wirausaha selalu tertarik pada apa yang sedang terjadi dan tidak pernah berhenti belajar.

Setelah Anda menerapkan hal-hal tersebut untuk menjalankan bisnis Anda, untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, maka Anda telah menciptakan paradigma baru untuk pertumbuhan dan pencapaian. Menjadi pemimpin wirausaha adalah cara ampuh untuk berhasil di dunia dengan perubahan yang cepat dan persaingan ketat saat ini.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (227 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *