1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (150 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 29 January, 2011 - 1:00 PM

Kepemimpinan VS Manajemen

Istilah Kepemimpinan dan Manajemen sering tertukar. Sebenarnya, banyak orang memandangnya sebagai hal yang sama. Namun, Manajemen berbeda dari Kepemimpinan, seperti siang berbeda dari malam. Keduanya diperlukan bagi sebuah organisasi berperforma tinggi. Dengan membandingkan keduanya dan memahami perbedaannya, kita dapat lebih baik dalam menyeimbangkan dan meningkatkan peran-peran pentingnya.

Kepemimpinan dan Manajemen adalah dua sistem aksi yang khusus dan saling melengkapi. Dapatkah seorang pemimpin yang hebat, menjadi seorang manajer yang efektif? Atau sebaliknya? Meskipun masing-masing membutuhkan kemampuan yang berbeda, mereka tidak perlu, dan tidak harus saling menjadi eksklusif satu terhadap yang lain. Keduanya penting bagi performa puncak organisasi. Masing-masing memiliki fungsi dan aktivitas karakteristiknya sendiri. Keduanya diperlukan bagi keberhasilan dalam lingkungan bisnis yang kompleks dan cepat berubah. Kepemimpinan yang kuat dengan Manajemen yang lemah, tidaklah lebih baik, bahkan seringkali lebih buruk, demikian juga sebaliknya. Tantangan sebenarnya adalah menggabungkan Kepemimpinan yang Kuat, dan Manajemen yang Kuat, dan menggunakan masing-masing untuk menyeimbangkan yang lainnya.

Sebuah perbedaan utama, antara Manajemen dan Kepemimpinan adalah bahwa kita mengatur pekerjaan, dan memimpin orang-orang. Pekerjaan termasuk aset-aset fisik, proses-proses, dan sietem-sistem. Orang-orang termasuk para pelanggan, rekan dari luar organisasi, dan orang-orang di seluruh Tim atau organisasi kita. Ketika berurusan dengan pekerjaan, kita berbicara mengenai sebuah cara untuk melaksanakan. Sedangkan jika berurusan dengan orang-orang, kita berbicara mengenai sebuah cara untuk menjadi.

Manajemen maupun Kepemimpinan. keduanya dibutuhkan untuk membuat sebuah Tim atau Organisasi sukses. Mencoba menetapkan mana yang lebih penting adalah seperti mencoba menetapkan apakah sayap kanan atau kiri yang lebih penting bagi sebuah pesawat terbang.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (150 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *