1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (170 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 02 February, 2013 - 7:00 PM

6 Hal yang Dilakukan Karyawan Bintang

Saya baru saja menghadiri Acara Penghargaan Penjualan Terbaik Nasional, dan selama upacara penghargaan, saya mendengar dan menyaksikan bagaimana Karyawan Bintang itu “bergerak” dalam peran penjualan mereka. Sama seperti semua orang di ruangan itu, saya pun bertepuk tangan keras dan mengucapkan selamat dengan sepenuh hati, sepenuhnya setuju bahwa mereka pantas menerima penghargaan dan pengakuan.

Karyawan Bintang ini sangat paham artinya melampaui harapan, dan melangkah, berlari, lalu meloncat tinggi di atas harapan target perusahaan, itulah yang dilakukan para Karyawan Bintang, Penerima Penghargaan Penjualan Terbaik Nasional tersebut.

Berikut adalah 6 Hal yang dilakukan Karyawan Bintang dengan baik.

1. Tangguh dan mudah beradaptasi dalam menghadapi tantangan.

Setiap orang dapat melakukannya ketika lingkungannya baik dan waktunya tepat. Jika perusahaan memiliki produk sempurna yang memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi dan Anda memiliki dukungan dan sumber daya yang melimpah dari tim Anda, Anda akan dapat menjual tanpa berusaha terlalu keras. Pada saat segala sesuatu mulai berubah menjadi badai dan langit menjadi gelap, bintang-bintang sejati akan muncul.

Bintang ini tidak merunduk dan berlindung, tetapi justru berani pergi untuk mengendalikan keadaan. Mereka menilai kembali situasinya, dan memprioritaskan kembali hal-hal yang sesuai.

Saya telah melihat penjualan orang-orang yang sukses, ketika mereka menghadapi tantangan yang disebabkan oleh faktor eksternal, dan tidak dapat mereka kendalikan, mereka tetap tegar dan berupaya keras untuk mengatasinya. Anggaran dipotong secara signifikan untuk unit bisnis dan banyak yang beroperasi di bawah bayang-bayang ketidakamanan kerja. Di antara semua keluhan dan kenegatifan yang dipancarkan tim, satu orang bersikap berbeda mencolok.

Dia menjaga otaknya tetap jernih dan berdasarkan diskusi yang melibatkan manajernya, dia memprioritaskan kembali tujuannya untuk menyelaraskan dengan realitas baru dari unit bisnis. Dia menganalisis pelanggannya, dan secara strategis menggunakan waktu dan sumber dayanya berdasarkan nilai dan kekuatan hubungannya terhadap penjualan. Meskipun menghadapi situasi yang menantang, ia tampil luar biasa, mengalahkan semua orang yang gagal beradaptasi dengan perubahan itu.

2. Menantang status quo dan bersedia melakukan hal yang sulit.

Sudah pasti lebih mudah untuk melanjutkan apa yang telah tim lakukan sebelumnya. Lebih nyaman untuk mengikuti jalan yang dilalui dengan baik karena terasa aman, tidak terlalu berisiko.

Namun, dalam industri yang dinamis dan berubah, Anda berisiko tidak selamat jika tidak berpikir di luar kebiasaan dan menjadi inovatif.

Oleh karena itu, sangat penting bersedia menantang tim Anda, manajer Anda, atau bahkan pelanggan Anda dengan ide-ide baru dan berani mengatakan TIDAK, pada solusi lama yang sudah basi. Anda tahu kemungkinan akan ada posisi yang berubah, tetapi Anda tidak mundur dengan mudah. Anda terus berupaya pantang menyerah untuk mempengaruhi situasi dan orang-orangnya.

3. Selalu Optimis dan Positif.

Hal ini sudah cukup sering dibicarakan sehingga semua orang tahu sikap optimis dan positif terkait dengan kinerja yang lebih tinggi. Namun, seperti apa bentuk optimis dan positif sebenarnya?

Menjadi optimis dan positif, berarti Anda memiliki kemampuan untuk fokus pada sisi positif bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik.

Ini memungkinkan Anda untuk berpikir tentang mengapa Anda akan berhasil, daripada berfokus pada mengapa Anda akan gagal, dan langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mencapai keadaan yang diinginkan yaitu sukses, daripada takut untuk mengambil tindakan. Kepositifan akan meningkatkan kepercayaan diri dan memungkinkan Anda optimis membuat keputusan dengan tujuan lebih terfokus, alih-alih rasa tidak aman atau keengganan.

Menjadi optimis dan positif juga berarti Anda pulih lebih cepat dari kesalahan atau kegagalan.

Daripada menghabiskan waktu untuk merenung, menyalahkan diri sendiri atau lebih buruk, orang lain di sekitar Anda, lebih baik memilih untuk mengatakan “tidak ada pengalaman buruk yang nyata”. Anda siap belajar dari kesalahan dan terus maju.

Sikap Optimis dan Positif ini juga berarti Anda mengasumsikan niat terbaik dari orang-orang.

Seseorang mungkin mengatakan sesuatu yang tampaknya bodoh dan menyinggung Anda, dan alih-alih langsung mengambil kesimpulan tentang niat, kepribadian, kecerdasan, dan banyak hal lainnya, Anda memilih untuk mengambil pernyataan itu pada nilai nominal tanpa menganalisisnya secara berlebihan, dan menganggap orang itu berarti tidak membahayakan. Anda memberinya manfaat dari keraguan dan mencoba memahami dari mana orang itu berasal.

Misalnya, jika komentar yang tak mengenakkan dibuat dalam teks pendek, sms atau pun email, Anda dapat mengasumsikan bahwa ini mungkin hanya miskomunikasi. Kemudian Anda coba mengangkat telepon atau berbicara langsung dengan orang tersebut. Orang pasti menghargai ini, dan Anda membangun hubungan yang langgeng dari berlatih dengan asumsi niat terbaik orang.

4. Keluar dari zona nyaman dan berusaha lebih keras.

Ada beberapa orang di tempat kerja yang melakukan pekerjaannya dengan baik, tetapi hanya pekerjaan mereka. Sebagai Karyawan Bintang, Anda melakukan apa yang diminta dari Anda, lalu melakukan tambahan bahkan jika itu berarti keluar dari lingkup pekerjaan Anda.

Misalnya, jika Anda mengelola proyek, Anda bisa menjadi koordinator proyek pasif, memastikan input semua orang diambil dan melacak proyek sesuai dengan timeline. Atau Anda dapat melakukan semua hal di atas dan juga memimpin dengan sesi brainstorming kreatif, berkontribusi aktif dengan ide-ide baru, terlibat secara proaktif dengan semua pemangku kepentingan, dan memastikan keselarasan pada tujuan, serta mengantisipasi keterlibatan atau sumber daya baru dan merencanakan sesuai itu.

Contoh lain dapat mencakup Anda menjadi sukarelawan untuk mengambil proyek sepenuhnya dari lingkup pekerjaan Anda. Anda tahu itu akan menantang. Namun, Anda melihat nilai luar biasa dalam semua pembelajaran yang akan Anda dapat hasilkan pada akhirnya, dan bagaimana ini akan berkembang dan melengkapi perangkat keterampilan Anda saat ini.

5. Menjadi Pemain Tim Inti.

Anda memahami bahwa kesuksesan tim Anda juga kesuksesan Anda. Anda mendukung dan secara aktif berbagi pengetahuan dan praktik terbaik dengan tim Anda.

Salah satu hal yang saya dengar di pertemuan penjualan adalah bagaimana mentalitas “wilayah penjualan yang tidak memiliki batas” sangat penting dalam membangun kerja tim yang hebat.

Jika sesuatu terjadi sesuatu di luar wilayah Anda, Anda tidak menutup mata untuk itu; Anda memberikan bantuan dengan murah hati. Ini juga berarti Anda dapat mengambil bantuan dengan baik dari orang lain, saat Anda membutuhkannya.

Sebagai pemain tim inti, Anda juga sangat bisa diandalkan dan memperhatikan tanggung jawab Anda dengan serius. Anda melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan. Integritas dan etos kerja Anda bersinar melalui kerja tim Anda.

6. Menjadi Pemimpin Diri Sendiri.

Akhirnya, Anda adalah pemimpin pertumbuhan Anda sendiri.

  • Anda menetapkan tujuan, dan bergerak dengan tujuan
  • Anda tidak pernah berhenti belajar.
  • Anda memperluas keterampilan Anda dan memelihara hubungan Anda.
  • Anda mengambil inisiatif yang tidak hanya akan membuat Anda tumbuh, tetapi membuat tim dan perusahaan Anda tumbuh.
  • Anda bersinar paling terang dalam menghadapi tantangan.
  • Anda memiliki kemampuan menghadapi hal-hal yang sulit.
  • Anda mendapatkan zona nyaman Anda dengan memahami bahwa Anda dapat mengubah dan menetapkan peran Anda sendiri.
  • Anda adalah pemain tim inti yang diandalkan oleh semua orang.
  • Anda terbang jauh di atas melampaui harapan semua orang. Anda adalah Karyawan Bintang.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (170 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *