1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (171 votes, average: 4.97 out of 5)

Loading...

Published on: 10 February, 2013 - 1:30 PM

5 Kualitas Karyawan Bintang

Karyawan Bintang dapat memiliki pengaruh besar pada perusahaan, jadi penting untuk dapat mengidentifikasi, memelihara, dan mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Orang-orang ini dianggap sebagai organisasi yang paling cakap, paling termotivasi, dan paling bertanggung jawab pada tugas dan wewenangnya.

Menurut Harvard Business Review, prinsip Pareto, yang menyatakan bahwa 80% dari semua efek berasal dari 20% penyebabnya, juga berlaku untuk anggota tim bintang. Studi menunjukkan bahwa “di berbagai tugas, industri dan organisasi, sebagian kecil dari tenaga kerja cenderung mendorong sebagian besar hasil organisasi:

  • 1% teratas menyumbang 10% dari output organisasi
  • 5% teratas menyumbang 25% dari output organisasi
  • 20% teratas menyumbang 80% dari output organisasi
  • 5 Kriteria Kualitas Karyawan Bintang

Sebelum kita dapat mengidentifikasi karyawan berpotensi besar, ada baiknya mempertimbangkan apa arti kinerja “bintang”. Setiap organisasi perlu membuat definisi sendiri, tetapi dalam pengalaman saya, pemain yang menonjol memiliki Lima Sifat yang sama.

1. Sikap yang Baik

Karyawan yang kuat memiliki pola pikir pertumbuhan, sehingga mereka tidak memikirkan masalah atau situasi negatif. Mereka selalu ingin maju. Anggota tim ini juga merespons dengan baik terhadap umpan balik konstruktif. Misalnya, ketika karya mereka dikritik, bintang-bintang menggali dan mendorong untuk menemukan solusi baru. Tidak dapat dihindari, mereka kembali dengan sesuatu yang lebih baik dari yang diharapkan.

2. Keterampilan dan Kemampuan Terasah

Keterampilan tidak sama dengan bakat. Seseorang bisa memiliki bakat alami untuk menggambar, namun menjadi benar-benar terampil membutuhkan waktu. Itu membutuhkan upaya bersama. Pemain bintang cukup peduli untuk mengasah kemampuan mereka, yang juga berasal dari perkembangan mindset.

3. Kepercayaan Diri Tinggi

Karyawan berpotensi besar akan menerima tantangan dan kemudian menetapkan standar lebih tinggi. Dan tidak masalah jika itu melebihi pengalaman atau keterampilan mereka; mereka masih sanggup menangani masalah secara langsung.

Itu tidak berarti Bintang tidak pernah gagal. Kita semua pernah melakukannya. Kemampuan untuk bangun, dan mengatasi ketakutan pada kegagalan adalah yang terpenting.

Saya mencoba untuk memperhatikan orang-orang, yang sedang mencoba apa yang belum dipertimbangkan oleh orang lain. Dan tidak masalah jika mereka tidak berhasil; sangat menyenangkan melihat orang-orang melakukan upaya pantang menyerah ini.

4. Dorongan Tinggi untuk Tumbuh dan Berkembang

Bakat mentah adalah awal yang baik, tetapi kehebatan membutuhkan motivasi internal. Karyawan Bintang memiliki dorongan bawaan untuk menciptakannya. Seringkali, mereka mengejar proyek sampingan, atau menangani tujuan pribadi di luar pekerjaan (perhatikan saat Anda sedang wawancara).

Seperti penulis Tomas Chamorro-Premuzic, Seymour Adler dan Robert B. Kaiser menjelaskan, dorongan adalah “kemauan dan motivasi untuk bekerja keras, mencapai, dan melakukan apa pun untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini mudah diidentifikasi sebagai etos kerja dan ambisi – kemampuan untuk tetap tidak puas dengan pencapaian seseorang.”

5. Keterampilan Komunikasi yang Kuat

Ekstrovert atau introvert, komunikator yang terampil dapat secara efektif menyampaikan ide, memahami orang lain, dan berkolaborasi untuk memecahkan masalah. Mereka memiliki empati dan bertujuan untuk kejelasan, jadi tidak sampai terjadi kesalahpahaman.

Komunikasi terkait erat dengan keterampilan sosial, yang, menurut Harvard Business Review, itu melibatkan dua kemampuan mendasar:

“Kemampuan mengelola diri sendiri dan kemampuan mengelola orang lain (hubungan). Karyawan yang cenderung berhasil dalam pekerjaan yang lebih besar dan lebih kompleks, pertama-tama mampu mengelola diri mereka sendiri – untuk mengatasi tekanan yang meningkat, menangani secara konstruktif dengan kesulitan, dan bertindak dengan bermartabat dan integritas.

Kedua, mereka mampu membangun dan memelihara hubungan kerja yang kooperatif, membangun jaringan kontak yang luas dan membentuk aliansi, menjadi berpengaruh dan persuasif dengan berbagai pemangku kepentingan yang berbeda.”

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (171 votes, average: 4.97 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *