1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (163 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 April, 2013 - 7:00 PM

Menggapai KEUNGGULAN Bisnis

Produk dan layanan/jasa bisnis yang laris, bukan berarti harus luar biasa prima! Tetapi, produk dan layanan bisnis HARUS memenuhi apa yang dijanjikannya kepada pelanggan. Tidak ada pelanggan yang membeli suatu produk atau layanan/jasa, karena produk atau layanan/jasa itu sendiri. Pelanggan membeli sesuatu karena mereka mendapatkan manfaat yang berharga bagi dirinya, yaitu sesuatu yang ber-nilai, yang membuat pelanggan merasakan sensasi luar biasa prima!

Sebagai pebisnis, Anda dapat belajar beberapa pelajaran penting, dalam upaya mencapai keunggulan dalam hal produk dan layannan/jasa bisnis Anda, dengan mengamati pegawai kepercayaan Anda dari kejauhan, dengan tetap memegang keempat prinsip berikut ini, yang merupakan Empat Prinsip Keunggulan:

  • Pengamatan Anda harus dihubungkan dengan kebutuhan serta lingkungan Anda. Hindarilah mengikuti aliran-aliran bisnis yang tidak menambahkan nilai kepada bisnis Anda.
  • Hindari kata-kata manis. Metode atau pendekatan yang sesuai dengan pribadi dan bisnis Anda harus diperhatikan, diadopsi, dan diadaptasi.
  • Strategi dan taktik bisnis hanya baik selama mampu bekerja mendukung bisnis Anda, namun jangan berkomitmen pada suatu modus operandi selamanya.
  • Hasil keuangan dalam praktik bisnis Anda senantiasa menunjukkan angka sesuai dengan harapan Anda.

Disamping harus selalu memegang Empat Prinsip Keunggulan, Anda juga harus memahami adanya Atribut Keberhasilan, yang dijelaskan ke dalam pertanyaan-pertanyaan secara mendalam kepada diri sendiri, ada delapan pertanyaan seperti berikut:

  • Berapa lamakah tenggang waktu antara saat Anda mengkonfrontasikan sebuah informasi hingga mencapai suatu keputusan, dan antara pengambilan keputusan dengan pengambilan tindakan.
  • Apakah Anda menggunakan pegawai sesedikit mungkin, untuk menghasilkan hasil setinggi mungkin dalam suatu rencana bisnis?
  • Apakah Anda melakukan kontak pribadi secara rutin dengan pelanggan Anda, dan apakah Anda menggunakan kontak tersebut untuk dapat meningkatkan kepuasan mereka?
  • Apakah Anda mengelola kebijakan sumber daya manusia untuk memperoleh peningkatan produktivitas dan kepuasan pegawai?
  • Apakah Anda mendelegasikan secara penuh dan efektif, sehingga membuat pegawai Anda merasa bebas melakukan yang terbaik?
  • Apakah Anda memiliki satu pedoman yang kuat?
  • Apakah Anda berkonsentrasi pada apa yang benar-benar Anda kuasai?
  • Apakah Anda tetap melakukan kontrol ketat, sementara membiarkan banyak ruang terbuka untuk melakukan pekerjaan kreatif?

Saya sangat memahami bahwa Anda tidak mampu menjawab “YA” bagi seluruh pertanyaan tersebut. Sangat tidak mungkin bagi Anda, perusahaan Anda, atau unit kerja Anda unggul untuk delapan pertanyaan seluruhnya. Lihatlah kembali pada pertanyaan-pertanyaan yang Anda jawab “TIDAK”, dan tentukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Selanjutnya, ambil langkah-langkah untuk mengubah hal negatif menjadi positif.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (163 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *