1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (229 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 24, 2013 - 11:00 AM

Asahlah GERGAJI…

Stephen Covey memang sangat meniginspirasi dengan tulisannya “The Seven Habits of Highly Effective People”, dimana dia mengatakan: “Kekayaan ekonomi Anda tidak terletak pada pekerjaan Anda; kekayaan ekonomi Anda terletak pada kekuatan Anda untuk menghasilkan — untuk berpikir, belajar, menciptakan, dan beradaptasi. Itulah independensi finansial yang sebenarnya. Bukanlah untuk memiliki kekayaan; namun bagaimana memiliki kekuatan untuk menghasilkan kekayaan.”

Di sini, saya memang tidak akan membahas semua kebiasaan yang ditulis oleh Covey. Saya hanya sedikit mengulas tentang Kebiasaan Ke Tujuh, Asahlah Gergaji. Kebiasaan yang ditulis paling akhir ini, mengelilingi semua kebiasaan lainnya, karena inilah kebiasaan yang MEMUNGKINKAN kebiasaan lainnya terjadi. Istilah “Asahlah Gergaji” tersebut pastilah terilhami dari seseorang yang terlalu lama menggergaji sebatang kayu, sehingga kayu itu dirasakannya makin lama putusnya, karena dia tidak meluangkan waktu untuk mengasah gergajinya agar menjadi tajam kembali.

Inspirasi ini menghasilkan catatan bagi Covey, bahwa “pembaruan diri yang seimbang” sangat penting untuk “memelihara dan meningkatkan aset paling berharga yang Anda miliki — diri Anda sendiri”. Pembaruan diri ini memiliki empat dimensi:

  • FISIK : mengkonsumsi makanan yang baik, cukup istirahat dan relaksasi, melakukan olah raga yang cukup secara rutin.
  • MENTAL : membaca, visualisasi, sedikit menonton televisi, merencanakan, dan menulis.
  • SPIRITUAL : memperjelas nilai-nilai dan komitmen, belajar, bermeditasi, beribadah, untuk memberikan kepemimpinan bagi kehidupan Anda.
  • SOSIAL-EMOSIONAL : komunikasi empatik, berpusat pada prinsip-prinsip kepemimpinan interpersonal, dan kerjasama kreatif.

Covey memperingatkan, bahwa “mengabaikan sebuah area, akan berdampak secara negatif pada yang lain”, baik pada organisasi maupun individual. “Apa yang Anda lakukan pada sebuah dimensi, membawa dampak positif pada dimensi lainnya. Sebab, dimensi-dimensi tersebut saling berkaitan.”

Sebagai kunci pembaruan diri yang seimbang dalam “mengasah gergaji” ini, Covey menyarankan Kemenangan Pribadi Harian — “sedikitnya satu jam sehari melakukan pembaruan dimensi fisik, mental, dan spiritual”. Ia menegaskan, bahwa pembaruan adalah prinsipnya, dan prosesnya itulah yang memberdayakan kita untuk bergerak ke atas dalam pertumbuhan dan perubahan, dari perbaikan yang berkelanjutan.

Pertumbuhan, Perubahan, dan Perbaikan Berkelanjutan, yang progresif, merupakan bagian yang vital dan esensial bagi ambisi setiap organisasi maupun individu … akan mentransformasi kinerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (229 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *