1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (169 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 January, 2014 - 6:00 AM

Ubah Kesulitan Menjadi Keuntungan Anda

Saat ini semakin dipahami bahwa kesulitan adalah pondasi kesuksesan Anda. Oleh karena itu, sesungguhnya kesulitan dapat menjadi platform untuk mendorong Anda menuju kesuksesan, jika Anda belajar cara menggunakannya.

Anda dapat belajar dari kesulitan, dan menggunakan perjuangan Anda sebagai “tongkat untuk mengalahkan diri sendiri,” Anda dapat berubah, bertumbuh atau melakukan sesuatu secara berbeda. Itulah kuncinya, kemampuan Anda untuk melakukan hal-hal yang berbeda, dimulai dengan kemampuan Anda untuk berpikir secara berbeda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengubah kesulitan menjadi keuntungan Anda:

1. Kenali pembelajarannya

Ini mungkin membuat Anda berpikir, “pasti tidak ada pembelajaran dalam hal ini“.  Saat Anda berjuang, hal tersulit adalah berpikir positif, dan Anda cenderung membuat hidup jadi sangat sulit. Dengan berfokus pada pembelajaran dulu, Anda mengakui kenyataan bahwa mungkin segalanya tidak berjalan baik sekarang, tetapi ada beberapa pelajaran di sini yang dapat Anda pelajari.

Dengan melakukan ini, Anda tidak harus mencoba membalikkan cara berpikir Anda sepenuhnya, Anda cukup menyadari diri sendiri di mana Anda berada saat ini, lalu mengubah perspektif Anda. Sikap itu memberi Anda kesempatan untuk bersabar atau membuktikan kepada diri sendiri seberapa kuat dan tangguh Anda; upaya mencari pelajaran adalah dorongan awal untuk membuat kemajuan.

2. Kenali secara baik

Merasakan momentum berubah dan membantu diri Anda melihat lebih baik dalam situasi, akan Anda mendorong pikiran Anda untuk memberi Anda perasaan baik, bertindak baik. Ini adalah cara Anda mulai secara bertahap membuat kemajuan ke arah tujuan Anda, dan mengambil pelajaran untuk memperbaiki masa lalu Anda.

Anda akan mulai perjuangan dan menyadari bahwa sebagian besar rasa sakit adalah karena cara Anda melihatnya. Ini tentang mengubah cara berpikir, yang menyebabkan Anda membaik karena situasi yang Anda hadapi.

3. Bersyukurlah

Perasaan positif biasanya tidak berlangsung lama, namun ini akan membantu memperkuat kemajuan yang telah Anda buat. Merasa bersyukur adalah sesuatu yang akan lebih mudah bagi Anda setelah menjalani langkah-langkah sebelumnya. Lebih mudah untuk berpikir positif tentang hal-hal jika Anda sudah berada di “tempat yang baik” secara mental.

Tindakan yang Anda lakukan ketika Anda lelah, cemas, dan / atau stres sangat berbeda dengan ketika Anda bahagia, bersemangat atau bersyukur. Jika Anda merasa seperti korban dari keadaan Anda, maka Anda bisa mulai melihat jalan dan cara yang berbeda, yang bisa Anda ambil.

“Tanamkan kebiasaan bersyukur untuk setiap hal baik yang datang kepada Anda, dan untuk berterima kasih terus menerus. Dan karena semua hal telah berkontribusi pada kemajuan Anda, Anda harus memasukkan semua hal dalam rasa terima kasih Anda.” – Ralph Waldo Emerson

4. Ubah arah

“Ke arah mana Anda harus pergi?” sangat umum bagi Anda, ketika Anda berada di posisi persimpangan ini. Sangat sering hal ini menjadi penyebab paling banyak berhenti dari yang benar-benar berubah. Ini bukan tentang hasrat untuk berubah, itu pun bukan keinginan untuk berubah, melainkan itu harus bisa menjawab pertanyaan tentang arah perubahan.

Jika Anda menginginkan ide untuk sesuatu yang dapat Anda lakukan, maka mendengarkan atau melihat bagaimana orang lain melakukan hal-hal baik-baik dan memahaminya, itu akan membuat perbedaan. Jika Anda mulai menyimpang dari jalan Anda sendiri, Anda mungkin menemukan diri Anda merasa terputus dan bahkan mungkin “hilang.” Anda perlu membuat beberapa keputusan sulit, bahkan mungkin membuat beberapa orang tidak bahagia, untuk dapat kembali menjalani kehidupan Anda sendiri.

Sebuah nasihat bijak mengatakan, “Jadikan visimu sangat jelas sehingga ketakutanmu menjadi tidak relevan.”

5. Ambil langkah-langkah sederhana dan bangunlah dari sana

Anda mungkin merasa lebih siap dari sebelumnya untuk membuat arah baru ini dengan penuh semangat; tetapi, Anda mulai khawatir, dan bertanya-tanya apakah Anda akan berhasil. Itu memang sangat alami karena ketidakpastian dan tidak mengetahui detilnya, dapat menyebabkan Anda berada di persimpangan jalan, dengan penuh keraguan.

Ingin mengetahui semua langkah, berada dalam tahap penelitian dan perencanaan, juga dapat membuat Anda kewalahan dan membuatnya jauh lebih rumit dari yang seharusnya. Sebenarnya, ini lebih merupakan permainan mental daripada sekadar mengambil tindakan. Anda dapat membuat masalah menjadi rumit, menambahkan hal-hal yang tidak perlu, dan membingungkan Anda, itu akan membuat Anda merasakan tugas yang mustahil, dan akan memperlambat Anda.

Cara untuk berpikir tentang ini adalah melakukan “apa yang Anda bisa, dengan apa yang Anda miliki“. Ini tentang mengambil tindakan yang membantu Anda menjadi lebih jelas pada langkah-langkah selanjutnya, dan sesuai kebutuhan.

Semuanya tentang kemajuan, dan bergerak maju, dan gelombang terbesar selalu dimulai dengan riak terkecil. Tetapi, selama Anda tetap berada dalam kesulitan atau tetap membiarkannya membuat Anda terjebak dan berjuang, maka di situlah Anda akan tetap tinggal. Anda akan membuat kemajuan jauh lebih cepat, setelah Anda bergerak dengan langkah-langkah ini.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda menggunakan kesulitan untuk mendapatkan keuntungan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (169 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *