1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (213 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 July, 2014 - 7:00 AM

5 Keyakinan yang Membentuk Kinerja Tinggi

Orang yang berkinerja tinggi memiliki kemampuan untuk mencapai lebih banyak kesuksesan dan pertumbuhan daripada orang “biasa”. Mereka adalah individu yang cenderung menjadi selebritis dan otoritas di bidangnya masing-masing. Tetapi pencapaian besar ini tidak hanya karena tindakan mereka, tetapi juga karena keyakinan yang mereka miliki, di mana kebanyakan orang tidak.

Banyak orang percaya bahwa orang berkinerja tinggi seperti Michael Jordan, Elon Musk dan Michael Phelps diberkati dengan genetika yang unggul. Tapi itu tidak benar. Faktanya adalah, individu-individu ini memiliki keyakinan, bahwa mereka mengambil suatu tempat dalam kehidupan mereka, yang menjadikan mereka individu dengan kinerja tinggi seperti mereka.

Keyakinan seperti ini dapat diadopsi oleh siapa pun termasuk Anda, untuk membantu Anda menjadi individu yang berprestasi tinggi, terlepas dari kinerja masa lalu sepanjang kehidupan Anda ini.

Berikut ini adalah 5 Keyakinan yang membuat kinerja tinggi, mencapai lebih dari yang lain:

1. Mencintai Diri Sendiri Lebih Dari Siapa pun

Cinta dan harga diri yang tinggi adalah persyaratan untuk kinerja tinggi. Jika Anda tidak cukup mencintai diri sendiri sehingga Anda percaya pada diri sendiri untuk berhasil, dan percaya bahwa Anda layak untuk berhasil, maka Anda tidak akan mencapainya. Jika Anda memandang diri Anda lebih rendah dari orang lain, maka Anda pun akan menemukan cara untuk mewujudkannya.

Harga diri yang rendah membuat orang takut akan kegagalan, yang mengakibatkan mereka tidak mengambil tindakan yang layak. Di sisi lain, orang-orang dengan harga diri yang tinggi, percaya bahwa mereka layak mendapat kebesaran dan karenanya tidak takut mengambil risiko yang terkait dengannya. Orang yang berkinerja tinggi mencintai diri sendiri lebih daripada orang lain mencintai mereka. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri terlebih dahulu, tidak ada yang mau percaya kepada Anda.

2. Mereka Dipicu oleh “Ketakutan”

Orang yang tampil tanpa rasa takut, menerima tekanan dan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk melakukan yang terbaik. Pernahkah Anda siap untuk presentasi, dan merasakan perasaan cemas yang intens sebelum Anda pergi untuk mempresentasikan hal yang sebenarnya? Terlepas dari latihan di bawah tekanan, orang berkinerja tinggi menyambut ketakutan itu; mereka menikmatinya. Mereka hampir seperti pecandu adrenalin yang menggunakannya sebagai energi mereka.

Nasihat bijak ini patut kita renungkan, “Perbedaan antara orang gagal dan individu berkinerja tinggi adalah bagaimana masing-masing menangani rasa takut. Kita semua punya rasa takut. Seseorang yang berkinerja tinggi menggunakan ketakutannya untuk membangkitkan tindakannya, untuk mendapatkan impiannya.”

3. Mereka Bersedia Membayar Harganya

Orang dengan performa tinggi memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama seperti orang lain. Mereka menikmati waktu yang menyenangkan seperti orang lainnya, tetapi mereka tahu bahwa mereka harus berkorban untuk mencapai kesuksesan. Pengorbanan yang Anda butuhkan bergantung pada tingkat kesuksesan yang ingin Anda capai, dan bidang yang Anda jalani. Jika Anda mengincar gaya hidup miliarder maka lihatlah etos kerja dan pengorbanan seorang miliarder, seperti Bill Gates, misalnya.

Orang berkinerja tinggi tidak keberatan bekerja keras sekarang, sehingga mereka dapat menjalani kehidupan mudah, yang hanya bisa diimpikan oleh orang biasa, yang mana mereka tidak mau membayar harganya. Orang yang berkinerja tinggi siap membayar harganya dengan keringat, darah, dan air mata.

4. Mereka Memilih Teman

Anda tidak melihat orang-orang berkinerja tinggi bergaul dengan teman-teman mereka setiap minggu. Mereka tidak mudah bertemu setiap saat untuk minum kopi, atau menonton bersama. Tidak, itulah yang dilakukan orang-orang biasa, yang tidak dilakukan oleh orang berprestasi tinggi.

Individu berkinerja tinggi tahu bahwa mereka akan menjadi rata-rata sama dengan orang yang ada di sekelilingnya. Mereka tahu bahwa mengelilingi diri mereka dengan orang-orang berpola pikir buruk dan negatif, dapat berdampak negatif terhadap kinerja mereka.

Jika Anda belum menjadi orang berkinerja tinggi, maka Anda harus mencari lingkaran teman baru berkinerja tinggi, jika Anda ingin melihat perubahan dalam hidup Anda. Seperti kata pepatah, “Tunjukkan padaku temanmu dan aku akan menunjukkan masa depanmu.”

5. Mereka Berfokus pada Sinar Laser

Mereka fokus pada yang sedikit, tidak banyak. Kebanyakan orang dengan semangat kewirausahaan cenderung mengejar setiap “peluang” yang datang pada mereka. Meskipun ini mungkin peluang atau metode hebat yang membuat Anda lebih dekat dengan tujuan Anda, namun mencoba melakukannya sekaligus, itu tidak membawa Anda ke mana-mana. Pertama kali Bill Gates dan Warren Buffett bertemu di sebuah pesta makan malam, mereka ditanya apa yang menjadi penyebab sebagian besar kesuksesan mereka. Keduanya merangkumnya dalam satu kata: Fokus.

“Prajurit yang sukses adalah manusia biasa dengan fokus seperti sinar laser.” – Bruce Lee

Meskipun ada lebih banyak keyakinan yang dimiliki individu berkinerja tinggi, hal di atas tersebut adalah 5 Keyakinan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang biasa. Kuncinya adalah menghapus keyakinan negatif apa pun yang Anda miliki dan menggantinya dengan keyakinan kinerja tinggi untuk mengembangkan pola pikir yang kuat.

Jadi belajarlah untuk mencintai diri sendiri, bakar semangat tindakan Anda dengan “ketakutan”, bersiaplah untuk membayar harganya, mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat dan tetap fokus untuk mencapai kesuksesan Anda. Apakah Anda antusias untuk meraih kesuksesan? Jika demikian, berapa banyak yang ingin Anda capai dalam hidup Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (213 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *