1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (224 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 28, 2014 - 8:00 PM

10 Aturan Richard Branson untuk SUKSES BISNIS

Richard Branson adalah seorang pengusaha besar, visioner, dan pengambil risiko yang telah mengumpulkan kekayaan bersih lebih dari US $ 4 miliar.

Dia telah menciptakan salah satu perusahaan induk terbesar di dunia, dan semuanya dimulai dengan perusahaan kecilnya lebih dari 3 dekade yang lalu, VIRGIN.

Branson telah mengembangkan reputasi sebagai pengambil risiko dan seseorang yang menghargai kesenangan di atas segalanya. Dia tinggal di pulau seluas 74 hektar, yang disebut Pulau Necker, dan menghabiskan hari-harinya dengan berselancar, mendaki, dan melakukan aktivitas liar lainnya sambil menjalankan kerajaan bisnisnya di waktu luang. Sungguh menakjubkan melihat kehidupan yang telah dipengaruhi oleh Branson, dan bahkan lebih menakjubkan lagi dia masih melakukannya dengan sangat gembira.

Berikut ini saya cuplikkan 10 Aturan Richard Branson untuk Sukses Bisnis:

1. Buat tetap sederhana

Richard Branson menderita disleksia, yang berarti dia kesulitan membaca dan sering mencampuradukkan kata dan huruf. Namun dia masih berhasil mengumpulkan kekayaan bersih lebih dari US $ 4 miliar. Apakah menurut Anda, dia melakukan itu dengan membuat hal-hal menjadi rumit?

Branson bangga pada kemampuannya menjaga segala sesuatunya tetap sederhana. Sebagai pengusaha, pasti itulah yang ingin Anda biasakan. Sangat menggoda untuk membuat segala sesuatunya menjadi rumit, karena semua “bisnis keren” memiliki begitu banyak elemen dan memiliki begitu banyak aktivitas.

Dan banyak dari kita pun ingin membuat bisnis semacam Facebook, atau Google, bukan? Perusahaan-perusahaan online besar itu perlahan-lahan berkembang menjadi sistem yang tampak rumit, namun kemungkinan besar adalah mereka itu hanyalah serangkaian proses sederhana yang digabungkan.

Buat semuanya sesederhana mungkin. Di situlah uang dibuat. Anda tentu ingin dapat menyampaikan ide, produk, dan layanan Anda sejelas dan sesederhana mungkin.

2. Cobalah

Daripada berdebat selama berhari-hari dan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan tentang apakah akan mencoba ide bisnis baru atau tidak, lebih baik Anda mencobanya saja. Hal terburuk apa yang bisa terjadi? Dengan adanya internet, untuk menguji konsep dan bisnis baru relatif murah, dan biasanya dapat mengetahui dengan cepat apakah Anda memiliki potensi besar atau tidak.

Daripada berdebat tentang apakah akan melanjutkan ide Anda atau tidak, cobalah saja. Jika tidak berhasil, Anda selalu dapat mencari ide lainnya, kembali melakukan apa yang Anda lakukan sebelumnya, dengan cara berbeda.

3. Jadilah pemimpin

Sebagai sebuah perusahaan, Anda berjuang menuju tujuan dan visi yang lebih besar. Dan dengan semua kelompok orang dalam.tim, menuju ke arah yang sama, maka dibutuhkan pemimpin yang kuat untuk memastikan tim tetap berada di jalur yang sama. Jika tidak, bisnis Anda akan hancur.

Bukan rahasia lagi bahwa kepemimpinan adalah keterampilan penting bagi pendiri perusahaan, atau pengusaha mana pun. Baik Anda memimpin ribuan orang, atau hanya memimpin diri sendiri, penting untuk memiliki visi yang jelas dan bekerja keras setiap hari untuk mewujudkan visi tersebut. Sampaikan visi Anda dengan jelas kepada sebanyak mungkin orang, dan minta mereka untuk memercayai dan mengikuti Anda.

Anda seharusnya tidak begitu saja menerima nasihat pemimpin. Kadang-kadang Anda harus bertanya kepada para pemimpin.” – Richard Branson

4. Jangan menyerah

Saat Anda memulai bisnis atau melakukan usaha, Anda pasti akan menghadapi tantangan. Anda akan menemui banyak rintangan dan hambatan. Ini bisa membuat orang mau menyerah dan berhenti. Jika Anda ingin bisnis Anda sukses, Anda tidak boleh menyerah.

Anda harus bertahan dan selalu bangkit setelah kekalahan. Anda harus melihat ke belakang di setiap perjuangan sebagai pengalaman belajar, dan kemudian tetap melangkah mantap ke depan, dan tidak pernah melihat ke belakang lagi. Melangkah terus, dan jangan biarkan apa pun atau siapa pun menghentikan Anda untuk mencoba lagi.

5. Delegasikan

Salah satu hal tersulit yang harus dilakukan pengusaha dalam bisnis mereka adalah mendelegasikan. Alasan penting untuk mendelegasikan adalah karena:

  1. Mungkin ada tugas tertentu dalam bisnis Anda yang benar-benar Anda benci, dan meminta orang lain melakukannya akan membuat Anda lebih bahagia
  2. Mendelegasikan tugas tertentu kepada orang lain kemungkinan besar akan memastikan bahwa tugas tersebut diselesaikan LEBIH BAIK, karena itu bukan salah satu kekuatan Anda
  3. Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk fokus pada tujuan yang lebih penting, seperti MENUMBUHKAN BISNIS Anda!

6. Perlakukan orang dengan baik

Salah satu mitos pengusaha sukses adalah bahwa harus kejam untuk mencapai puncak. Richard Branson tidak percaya mitos ini. Sebaliknya, dia merasa bahwa memperlakukan orang dengan buruk hanya akan merusak peluang Anda untuk sukses, karena Anda hanya menghancurkan dan mengubah potensi hubungan yang menguntungkan, menjadi hubungan mati.

Tentu, Anda kadang-kadang harus berani tegas, tetapi jangan pernah memperlakukan orang dengan tidak hormat. Anda harus selalu memperlakukan orang lain dengan baik selama mungkin dan hanya bersikap kejam jika Anda tidak punya pilihan lain.

7. Mengguncang segalanya

Ketika Anda ingin membuat bisnis atau produk baru, lihat situasi dan produk saat ini, kemudian pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memperbaikinya. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan perbaikan yang relatif penting pada produk dan bisnis yang sudah ada!

Dengan cara ini, Anda tidak hanya menghasilkan keuntungan, tetapi juga memberi dampak pada dunia dan membantu orang dengan cara baru yang positif.

“Saya tidak menganggap pekerjaan sebagai pekerjaan, dan bermain sebagai permainan. Semuanya hidup.” – Richard Branson

8. Orang akan bersikap skeptis

Ketika Anda ke luar untuk melakukan dan mencoba hal baru di dunia bisnis, banyak orang akan bersikap skeptis. Karena 9 dari 10 bisnis gagal selama 5 tahun pertama mereka, menjadikannya mudah untuk memahami alasannya. Sebagian besar bisnis tidak memiliki apa yang diperlukan untuk membuatnya, dan orang-orang yang skeptis hanya memperhatikan fakta-fakta ini. Hanyalah orang-orang yang peduli dengan Anda, menginginkan yang terbaik untuk Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyadari keraguan tersebut, dan berpikir panjang dan keras tentang apakah Anda PERCAYA pada KONSEP BISNIS Anda atau tidak. Itu yang terpenting.

9. Memengaruhi kehidupan secara positif

Richard Branson berkata, “Saat Anda membuat bisnis, Anda menciptakan sesuatu yang harus memengaruhi kehidupan.” Pada akhirnya, semua bisnis adalah sekelompok orang yang bekerja untuk membangun produk dan layanan yang berdampak pada kehidupan dengan cara positif.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa keuntungan itu tidak penting, tetapi pada akhirnya perusahaan Anda harus menjadi sebuah mesin yang bekerja keras untuk memberikan pengaruh positif pada sebanyak mungkin kehidupan.

10. Lakukan sesuatu secara berbeda

Ketika Anda memikirkannya, alasan Richard Branson menjadi pebisnis dan investor yang begitu sukses adalah karena dia melakukan hal-hal yang berbeda, dari setiap pebisnis atau pengusaha lain. Begitulah cara kehidupan setiap orang atau pengusaha yang sangat sukses: Mereka melakukan berbagai hal dengan cara berbeda untuk waktu yang cukup lama.

Nah Sahabat. Itulah kesepuluh aturan Richard Branson untuk membuat bisnisnya sukses, tentunya juga bisa menginspirasi untuk kesuksesan bisnis Anda juga.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (224 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *