1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (207 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 October, 2014 - 6:00 AM

Kewirausahaan dan Kepemimpinan

Apakah kepemimpinan dan kewirausahaan itu saling terkait? Apa ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan mana yang dimiliki oleh para pengusaha? Kesamaan dari keduanya adalah kemampuan untuk memengaruhi orang lain, dengan atau tanpa otoritas.

Menurut kamus lama, pemimpin adalah seseorang dengan otoritas atau pengaruh yang memerintah. Namun, definisi itu akhirnya tidak diterima, dan dianggap gagal. Pakar kepemimpinan memberikan definisi lebih spesifik: “Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memengaruhi orang lain, dengan atau tanpa otoritas.”

Sangat mudah untuk membuat orang lain mematuhi perintah Anda ketika Anda adalah atasan mereka dalam rantai komando. Kepemimpinan, kuncinya terletak pada mereka yang bahkan tanpa melihat posisi atau peringkat, dapat membuat orang lain mengikuti mereka. Pikirkan seorang pemain sepak bola atau bola basket yang meskipun bukan kapten, mampu menggalang teman satu timnya dan membuat mereka mengikuti jejaknya.

Kemampuan untuk memengaruhi memiliki tiga elemen.

  • Pertama adalah kesadaran, yaitu, memahami bahwa setiap tindakan memiliki dampak.
  • Kedua adalah kemampuan, dalam hal komunikasi, resolusi konflik, dan pengambilan keputusan.
  • Ketiga adalah komitmen terhadap ide-ide Anda, yang berarti membuat keputusan yang mungkin tidak selalu menyenangkan semua orang dan berurusan dengan konsekuensinya.

Visi, kepribadian, kejujuran, kegigihan, kerja keras. Begitu banyak kualitas yang dikaitkan dengan para pemimpin, kadang-kadang sulit untuk mengidentifikasi semuanya. Namun, kemampuan untuk memengaruhi orang lain jelas merupakan keterampilan kepemimpinan.

Masalahnya adalah bahwa pendidikan selalu didasarkan pada struktur yang sangat kaku, membuatnya tampak seperti semua orang cocok di bagian tertentu dari bagan organisasi, menerima begitu saja bahwa ada pemimpin dan pengikut. Semua ini menetapkan standar tinggi bagi para pemimpin, sehingga sangat sedikit orang yang menganggap diri mereka cocok dengan profil itu. Namun, setiap profesional dapat mengembangkan kemampuan ini, asalkan mereka memiliki pelatihan yang tepat, bersemangat tentang pekerjaan mereka, dan mengelilingi diri mereka dengan kelompok pendukung yang baik. Kita perlu menganggap diri kita sebagai pemimpin.

Tokoh-tokoh pemimpin mewujudkan sifat-sifat yang sama bagi para pemimpin lain dan para pengusaha, seperti visi masa depan, dedikasi, dan kapasitas untuk bekerja.

Pemimpin wirausaha, Steve Jobs, pernah mengatakan betapa sulitnya memulai bisnis: selain pelatihan yang tepat, Anda perlu mempertahankan hubungan yang konstan dan intens dengan orang lain, dan tahu bagaimana memilih karyawan yang dapat membuat maju atau menghancurkan perusahaan. Memang, pendiri Apple ini mengklaim, kesuksesan sangat tergantung pada orang-orang yang mengelilingi Anda, yang punya kualifikasi, kecerdasan, dan komitmen.

Salah satu keterampilan yang dimiliki pengusaha adalah kemampuan beradaptasi. Pengusaha tidak selalu tahu ke mana mereka ingin pergi, dan kadang-kadang jalan baru muncul untuk dieksplorasi. Untuk memanfaatkannya, Anda harus tetap berpikiran terbuka. Untuk tujuan ini, adalah umum bagi pengusaha untuk mengubah model bisnis mereka, ketika mereka menemukan bahwa ide awal mereka tidak berhasil dalam praktiknya.

Kemampuan untuk mengakui kesalahan dan beradaptasi dengan keadaan, inilah yang membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan bisnis. Tentu saja, kegagalan tidak memiliki arti yang sama untuk masing-masing pemimpin, dan mereka tahu bahwa di balik setiap kegagalan terletak pelajaran penting yang akan membawa mereka lebih dekat kepada kesuksesan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (207 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *