1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (200 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 October, 2014 - 7:00 PM

Mengapa Kita Butuh Kepemimpinan Wirausaha?

Jawaban atas pertanyaan tersebut di atas, relatif sederhana. Untuk mengikuti laju perubahan yang cepat di dunia, kita perlu berpikir ke depan, kreativitas, dan ide-ide inovatif.

Di dunia yang cepat berubah saat ini, para pemimpin harus gesit. Anda harus dapat membuat keputusan dengan cepat, mengambil tindakan dan belajar dari hasilnya. Anda perlu mengantisipasi masa depan, merespons keadaan yang tidak terduga, dan beradaptasi dengan perubahan.

Itu semua bergantung pada Kepemimpinan Kewirausahaan.

Dengan kata lain, Kepemimpinan Kewirausahaan seperti arung jeram. Untuk mengatasi gelombang perubahan, Anda membutuhkan tujuan dan motivasi yang kuat. Anda memerlukan tim yang berkomitmen dan efektif. Dan Anda membutuhkan kelincahan untuk merespons dengan cepat dan mengubah arah saat dibutuhkan.

Dan untuk alasan itu, Kepemimpinan Kewirausahaan bukan hanya untuk startup business. Ini untuk semua jenis organisasi.

4 Konteks untuk Kepemimpinan Wirausaha

Ada empat konteks yang membutuhkan berbagai jenis Kepemimpinan Kewirausahaan.

1. Memulai usaha baru.

Start-up adalah apa yang biasanya kita kaitkan dengan pengusaha dan kepemimpinan kewirausahaan. Agar perusahaan baru dapat sukses, para pemimpin perlu menemukan celah di pasar, mengidentifikasi peluang baru dan melibatkan tim dan investor. Mereka harus beroperasi secara berbeda dengan organisasi besar, karena mereka tidak memiliki sumber daya yang sama. Mereka harus mengandalkan eksperimen, tim, dan kemitraan berbiaya rendah.

2. Usaha sosial.

Usaha sosial mirip dengan perusahaan baru, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan sosial atau ekonomi yang tidak tertangani. Pemimpin dalam usaha sosial perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk kemitraan. Mereka perlu mengembangkan hubungan dengan masyarakat, pemerintah dan LSM.

3. Perusahaan keluarga.

Pemimpin dalam bisnis keluarga harus fokus pada tantangan paralel keluarga dan bisnis. Mereka perlu mengembangkan organisasi, sehingga merespons pasar yang terus berubah serta mentransfer ke generasi berikutnya.

4. Mencapai inovasi organisasi.

Bahkan organisasi besar perlu berinovasi jika mereka ingin bertahan hidup dan berkembang di dunia yang berubah. Perlu ada keselarasan yang kuat antara strategi dan budaya. Dan itu hanya dicapai melalui kepemimpinan kewirausahaan, yang memungkinkan kreativitas dan perubahan.

Apa pun konteksnya Anda beroperasi, kepemimpinan kewirausahaan akan menjadi pusat pertumbuhan Anda. Mengembangkan keterampilan kepemimpinan membantu mengembangkan bakat, meluncurkan produk dan layanan baru, memberikan efisiensi dan mendapatkan pangsa pasar.

Tidak mengembangkan kepemimpinan Anda, mungkin tidak masalah, jika Anda ingin tetap kecil. Jika tidak, itu akan menghambat pertumbuhan Anda. Ada hubungan yang jelas antara kualitas kepemimpinan dan keterlibatan karyawan. Dan itu berdampak pada hasil dan pertumbuhan. Kepemimpinan yang lebih baik dapat meningkatkan laba organisasi hingga ratusan juta – atau bahkan ratusan milyar hingga trilyunan rupiah.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (200 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *