1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (196 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 28 October, 2014 - 4:30 AM

8 KUALITAS yang Harus Dimiliki Pemimpin

Selain memberikan arahan, inspirasi, dan bimbingan, para pemimpin yang baik menunjukkan keberanian, semangat, kepercayaan diri, komitmen, dan ambisi. Mereka memelihara kekuatan dan bakat orang-orang mereka dan membangun tim yang berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama. Para pemimpin yang paling efektif memiliki kesamaan sifat-sifat berikut ini.

1. Bagikan Visi Mereka

Seorang pemimpin dengan visi memiliki gagasan yang jelas tentang ke mana mereka ingin pergi, bagaimana menuju ke sana dan seperti apa kesuksesan itu. Pastikan untuk mengartikulasikan visi Anda dengan jelas dan penuh semangat, memastikan tim Anda memahami bagaimana upaya individu mereka berkontribusi pada tujuan tingkat yang lebih tinggi. Bekerja secara pribadi menuju visi Anda dengan kegigihan, keuletan, dan antusiasme akan menginspirasi dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

2. Memberikan Contoh

Sebagai seorang pemimpin, cara terbaik untuk membangun kredibilitas dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain adalah dengan memberikan contoh yang tepat. Peragakan perilaku yang Anda ingin orang ikuti. Jika Anda banyak menuntut tim, Anda juga harus bersedia untuk menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri. Menyelaraskan kata-kata dan tindakan Anda akan membantu membangun kepercayaan dan membuat tim Anda lebih bersedia untuk mengikuti teladan Anda.

3. Tunjukkan Integritas

Seorang pemimpin dengan integritas memanfaatkan nilai-nilai mereka untuk memandu keputusan, perilaku, dan hubungan mereka dengan orang lain. Mereka memiliki keyakinan yang jelas tentang apa yang benar dan salah dan dihormati karena tulus, berprinsip, etis, dan konsisten. Mereka memiliki karakter yang kuat, menepati janji, dan berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan langsung dengan orang lain. Menampilkan integritas melalui tindakan harian Anda akan membuat Anda dihargai dengan loyalitas, kepercayaan diri, dan rasa hormat dari karyawan Anda.

4. Berkomunikasi secara Efektif

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas, ringkas dan bijaksana adalah keterampilan kepemimpinan yang penting. Komunikasi melibatkan lebih dari sekadar mendengarkan dengan penuh perhatian kepada orang lain dan merespons dengan tepat. Ini juga termasuk berbagi informasi berharga, mengajukan pertanyaan cerdas, meminta masukan dan ide-ide baru, mengklarifikasi kesalahpahaman, dan menjadi jelas tentang apa yang Anda inginkan. Para pemimpin terbaik juga berkomunikasi untuk menginspirasi dan memberi energi pada staf mereka.

5. Buat Keputusan Sulit dan Cepat

Untuk menjadi pemimpin yang efektif, kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan sulit dengan informasi terbatas sangat penting. Saat menghadapi keputusan sulit, mulailah dengan menentukan apa yang ingin Anda capai. Pertimbangkan kemungkinan konsekuensi dari keputusan Anda dan segala alternatif yang tersedia. Buat keputusan akhir Anda dengan keyakinan, bertanggung jawab untuk itu dan ikuti terus. Menjadi pembuat keputusan yang tegas dan percaya diri akan memungkinkan Anda memanfaatkan peluang dan mendapatkan rasa hormat dari tim Anda.

6. Kenali Keberhasilan

Pencapaian prestasi yang sering dan konsisten adalah salah satu kebiasaan paling kuat dari pemimpin yang menginspirasi. Berikan kesempatan kepada orang-orang untuk mengembangkan diri dan menyumbangkan upaya terbaik mereka, mereka perlu tahu bahwa pekerjaan mereka akan dihargai dan dihargai. Temukan cara untuk merayakan prestasi orang-orang Anda, bahkan jika itu melalui ‘hal sederhana yang dilakukan dengan baik.’ Selain meningkatkan moral, itu juga akan memperkuat motivasi mereka untuk terus memberikan yang terbaik.

7. Berdayakan Yang Lain

Para pemimpin hebat memahami bahwa orang perlu diberi kesempatan untuk memberikan yang terbaik, mereka harus punya rasa memiliki atas pekerjaan mereka dan percaya bahwa apa yang mereka lakukan itu bermakna. Komunikasikan tujuan dan tenggat waktu yang jelas kepada tim Anda, kemudian berikan mereka otonomi dan wewenang untuk memutuskan bagaimana pekerjaan itu dilakukan. Tantang mereka dengan harapan tinggi dan dorong mereka untuk menjadi kreatif dan menunjukkan inovasi.

8. Memotivasi dan Menginspirasi

Para pemimpin terbaik mendorong tim mereka maju dengan semangat, antusiasme, inspirasi dan motivasi. Investasikan waktu pada orang-orang yang Anda pimpin untuk menentukan kekuatan, kebutuhan, dan prioritas mereka. Selain membuat mereka merasa berharga, ini akan membantu Anda memahami cara terbaik untuk memotivasi mereka. Terus memperkuat bagaimana upaya mereka membuat perbedaan, dan mendorong pengembangan potensi mereka dengan tujuan dan tantangan yang bermakna.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (196 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *