1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (510 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: March 15, 2015 - 10:00 AM

3 TIPS Menjaga Hubungan Bisnis

Kita semua pernah mendengar pepatah klasik, “jaringan Anda adalah kekayaan bersih Anda”. Ya, upaya membangun jaringan itu sangat menantang para pemenang kehidupan. Bagaimana Anda menjalin hubungan baru? Apa cara yang benar dan salah untuk membuat koneksi baru? Benarkah Anda tidak boleh bertanya kepada seseorang, apakah Anda bisa “mengambil isi pikiran mereka?”

Setelah bertahun-tahun menjalani bisnis, dan membangun jaringan saya sendiri, saya percaya bahwa Tiga Tips berikut ini akan membantu Anda untuk membuat hubungan bisnis terbaik Anda:

1. Pikirkan jaringan Anda, sebagai orang yang dapat Anda bantu

Biasanya, pengusaha memulai penciptaan jaringan mereka dengan memikirkan semua orang yang dapat membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka. Ini cara yang salah untuk melakukannya.

Orang-orang dapat mengetahui, apakah Anda menjalin hubungan dengan mereka, dengan motif tersembunyi (seperti investasi mereka, jaringan mereka, atau hal lain yang dapat mereka lakukan untuk Anda), atau Anda menjalin hubungan dengan minat terbaik mereka. Timbal balik adalah ‘mata uang’ hubungan terbaik. Tidak ada yang berutang apa pun pada Anda. Jadi, lihat bagaimana Anda dapat membantu mereka, dan melakukannya tanpa harapan apa pun.

Misalnya, jika Anda berharap untuk terhubung dengan mitra pengelola di perusahaan modal ventura bergengsi untuk memulai startup Anda, jangan mulai dengan melempar atau meminta bantuan. Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda dapat membantu mereka. Apakah Anda memiliki koneksi yang dapat memasukkan nama mereka dalam siaran pers yang akan datang? Bisakah Anda membagikan survei yang mereka buat, di media sosial Anda untuk menunjukkan dukungan? Jika Anda berpikir seseorang dapat membantu Anda, ada banyak cara, Anda dapat membantu mereka – bahkan jika itu hanya dengan meninggalkan pesan ulasan dengan bintang lima untuk tulisan artikel di website ini, misalnya.

Bahkan bahasa dari kata “bantuan” itu berguna. Misalnya, jika Anda ingin diperkenalkan kepada seseorang sebagai rujukan bisnis, kedengarannya lebih berorientasi layanan untuk mengatakan sesuatu seperti, “Apakah Anda tahu ada orang lain yang mencari manajer media sosial? Saya ingin membantu mereka untuk mencapai metrik dan tingkat keterlibatan baru.”

“Kamu bisa mendapatkan lebih banyak teman dalam dua bulan dengan menjadi tertarik pada orang lain, daripada dalam dua tahun, dengan mencoba membuat orang lain tertarik padamu.” – Dale Carnegie

2. Sesuaikan jaringan Anda dengan orang-orang yang dapat membantu Anda tumbuh

Sekarang, alasan sebenarnya orang mengatakan “jaringan Anda adalah kekayaan bersih Anda” adalah karena jaringan Anda adalah cerminan dari siapa Anda dan menjadi siapa Anda. Jika Anda berada di sekitar orang-orang yang tidak berfokus pada pengembangan pribadi atau bisnis dan mereka tetap stagnan, Anda tidak melakukan kebaikan apa pun pada diri Anda. Ya, ini mungkin berarti Anda harus memangkas jaringan Anda – tidak harus ada akhir hubungan yang dramatis, cukup sadari siapa yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu.

Orang yang dapat membantu Anda tumbuh tidak selalu orang yang secara langsung dapat membantu Anda dalam upaya karier atau bisnis Anda. Ini adalah orang-orang yang selalu menetapkan standar sedikit lebih tinggi untuk diri mereka sendiri. Sangat menginspirasi untuk mendengar dari orang-orang dengan rutinitas pagi yang konsisten, penuh produktivitas, dan kebiasaan yang membuat Anda ingin menjadi lebih baik. Semakin Anda dapat bersama dengan orang-orang seperti ini, semakin Anda akan tumbuh, dan bertemu lebih banyak orang yang dapat membantu.

3. Bergabunglah dengan kelompok-kelompok Mastermind

Salah satu cara terbaik untuk bertemu orang-orang yang akan membantu Anda tumbuh adalah dengan bergabung dengan kelompok Mastermind. Jika Anda belum pernah sebelumnya, kelompok ini biasanya dilakukan secara online atau pertemuan secara langsung, dan terdiri dari orang-orang yang berpikiran sama – apakah mereka pengusaha atau pemilik bisnis. Nama itu terdengar mewah, tetapi tujuan sebenarnya adalah untuk menyatukan orang-orang yang berpikiran sama, bagaimana ada pertukaran ide, dan saling meminta dan memberi nasihat, yang dapat membantu semua orang.

Sekarang, kelompok Mastermind ini bisa sangat mahal untuk iuran keanggotaannya. Meskipun itu mungkin tampak mahal untuk grup dapat bertukar ide, Anda sebenarnya menerima keuntungan lebih besar dari biaya itu. Ketika kelompok Mastermind ini dikuratori dengan para ahli, Anda dapat berharap bahwa orang-orang yang akan bekerja dengan Anda dan membantu adalah orang-orang yang memiliki jaringan mereka sendiri, yang dapat mereka perkenalkan atau hubungkan dengan Anda, dan menunjukkan cara-cara yang dapat mereka bantu.

“Ketika sekelompok pikiran individu terkoordinasi dan berfungsi secara harmonis, peningkatan energi yang diciptakan melalui aliansi itu tersedia bagi setiap pikiran individu dalam kelompok itu.” – Napoleon Hill

Setiap orang mengenal seseorang, yang mengenal seseorang lainnya. Karena Mastermind dibangun berdasarkan timbal balik, ini merupakan cara yang bagus untuk melihat apa yang dapat Anda tawarkan, dan apa yang dapat Anda peroleh, yang sedikit lebih murah dari pada biaya keanggotaan kelompok. Misalnya – mungkin Anda memiliki kontak bisnis untuk seseorang, tetapi dia tidak memiliki apa yang Anda cari, tetapi dari seseorang lainnya memiliki kontak apa yang Anda cari itu. Selama semua orang ikut berpartisipasi dalam pertukaran, maka keajaiban pun terjadi.

Di luar penciptaan hubungan bisnis, pastikan untuk memelihara hubungan baik secara pribadi dengan mereka. Catat hari ulang tahun, atau kirim pesan ucapan selamat jika koneksi memenangkan penghargaan. Terus lihat bagaimana Anda dapat membantu mereka – jauh melebihi tawaran awal Anda. Inilah cara Anda untuk mendorong maju hubungan bisnis terbaik Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (510 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *