1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (226 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: April 18, 2015 - 5:00 AM

7 Aturan Dasar PUBLIC SPEAKING

Berikut ini, saya rangkumkan Tujuh Aturan Dasar untuk membantu Anda menjadi Public Speaker Andal, berbicara dengan baik, percaya diri, tanpa rasa gugup, dan mempesona audiens Anda:

1. Jangan Minta Maaf

Orang pada umumnya hanya memperhatikan kesalahan Anda, saat Anda menarik perhatian pada kesalahannya. Jangan memberi tahu orang-orang bahwa Anda telah melupakan sesuatu, mereka tidak mengetahuinya. Santailah, minum air, dan lanjutkan.

2. Bicaralah Lebih Lambat

Jika Anda hampir pasti berbicara terlalu cepat, perlambat sedikit. Dan sedikit lagi, hingga Tepat Sempurna!

3. Bicaralah hingga Terdengar Sampai Belakang Ruangan

Jika Anda memproyeksikan suara Anda ke bagian belakang ruangan, maka Anda tahu semua orang dapat mendengar Anda. Jika orang-orang masih perlu berusaha sekecil apa pun untuk mendengarkan Anda, Anda akan segera kehilangan mereka.

4. Berhenti Sebentar

Jeda adalah salah satu alat paling efektif dalam berbicara di depan umum. Ini menekankan poin yang baru saja Anda buat. Ini memungkinkan audiens Anda untuk mencerna informasi. Ini menarik perhatian orang. Dan, ini memungkinkan Anda menenangkan diri dan mengingat apa selanjutnya.

Jangan takut untuk berhenti sebentar, bahkan selama 5 atau 10 detik rasanya jauh lebih lama bagi Anda daripada bagi audiens Anda.

5. Lihatlah Audiens Anda

Jangan melihat slide di belakang Anda, lebih baik miliki salinannya di depan Anda, sehingga Anda tidak pernah berpaling. Jangan lihat ke lantai. Jangan melihat ke dinding. Cobalah lebih banyak luangkan waktu untuk melakukan kontak mata dengan setiap orang di ruangan itu. Meskipun Anda hanya melakukan kontak mata satu kali, audiens akan merasa seolah-olah Anda berbicara langsung kepada mereka.

6. Ingatlah, audiens Anda ingin Anda melakukannya dengan baik

Mereka ada karena ingin belajar dan ingin dihibur. Bahkan jika mereka dipaksa untuk hadir, mereka tetap ingin memanfaatkannya secara maksimal. Mereka ingin melihat Anda sukses. Mereka sesungguhnya ada di pihak Anda, meskipun tidak terasa seperti itu.

7. Praktik – Latihan

Kita sering hanya berbicara kepada audiens selama peristiwa penting dan menegangkan dalam hidup kita. Jadi, luangkan waktu untuk terus berlatih dalam situasi, di mana tekanannya lebih sedikit, seperti: berlatih pada kelompok rekan kerja atau keluarga Anda, atau pun di hadapan ruangan kosong rumah Anda. Dan cobalah bergabunglah dengan kelompok profesional Public Speaker, atau dapatkan pelatihan pribadi dari seorang profesional. Ini karena betapa pentingnya latihan public speaking secara berkelanjutan.

Menempatkan diri saya dalam skenario berbicara di depan umum setiap minggu, telah membuat perbedaan besar pada kemampuan dan kepercayaan diri saya sendiri. Dalam beberapa waktu, secara singkat saya telah berubah dari pembicara yang membatu, menjadi pembicara publik profesional dan berbayar cukup mahal. Saya menyukai aktivitas saya sebagai Public Speaker.

Latihan adalah kunci penting untuk dapat mengatasi kekacauan yang tidak terduga. Jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, maka ‘masalah’ tidak akan membuat Anda gugup dan marah. Dan mengetahui bahwa Anda dapat mengatasi hal tersebut, sangat bermanfaat bagi kepercayaan diri Anda.

Misalnya, saya baru-baru ini berada di sebuah acara, dan sedang menunggu untuk diperkenalkan. Saya minum air dari kemasan gelas, dan oh.. tidak.. air tumpah di bagian depan celana saya.

Lima tahun yang lalu, mungkin gagasan untuk tampil di depan sebuah ruangan penuh dengan orang asing, dengan celana saya ada bercak air, akan membuat saya berlari gugup salah tingkah. Namun, sekarang ini tidak lagi. Itu adalah sebuah ketidaknyamanan ringan, yang berubah menjadi pembuka pidato luar biasa dengan sambutan tawa santai dari audiens.

Nah Sahabat. Lantas, apa yang akan Anda lakukan jika terjadi masalah? Coba latihlah pidato Anda, dan beberapa ‘rencana cadangan‘ akan membuat Anda keluar dari masalah. Selalu bangun kepercayaan diri Anda dan pastikan Anda tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk berbicara di depan umum.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (226 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *