1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (167 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 June, 2015 - 6:10 AM

6 Pelajaran Hebat dari Theodore Roosevelt

Theodore Roosevelt adalah salah satu politisi dan penulis Amerika. Dia juga pemimpin Partai Republik dan terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-26 pada usia 43 tahun. Dia adalah presiden Amerika termuda dalam sejarah.

Pada tahun 1906, ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, karena menegosiasikan diakhirinya Perang Rusia-Jepang. Ideologinya yang terkenal adalah “berbicara dengan lembut dan membawa tongkat besar”.

Berikut adalah Kutipan 6 Pelajaran Hidup dari Theodore Roosevelt, yang dapat Anda pelajari:

1. Manfaatkan sebaik-baiknya apa yang Anda miliki. Tidak ada alasan.

“Lakukan apa yang Anda bisa, dengan apa yang Anda miliki, di mana pun Anda berada.” –Theodore Roosevelt

Saat hidup memberi Anda lemon, Anda membuat limun. Pelajaran ini terutama berlaku untuk pengusaha. Tidak peduli apa yang Anda miliki atau di mana Anda berada, selalu berusaha untuk memanfaatkan keadaan Anda dengan sebaik-baiknya untuk mengejar tujuan Anda.

Jangan angkat tangan atau merengek, jika Anda mendapatkan rintangan dan hambatan. Manfaatkan setiap sumber daya yang tersedia untuk Anda. Lihatlah sekeliling Anda, sumber daya apa yang Anda miliki? Apakah ada alternatif lain? Kuncinya di sini adalah segera mulai dengan semua yang Anda miliki.

Kutipan ini juga menghapus semua alasan yang mungkin Anda miliki untuk tidak melakukan sesuatu. Jangan mengatakan “Saya tidak punya ini atau itu, jadi saya tidak bisa melakukan ini atau itu.” Itu adalah omong kosong. Jika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda dapat melakukannya dengan apa yang Anda miliki, atau Anda dapat mencari alternatif. Tidak ada alasan untuk diri sendiri. Jangan biarkan keadaan Anda menghentikan Anda.

Misalnya, Anda tidak perlu memiliki keanggotaan gym untuk menjadi bugar. Anda dapat mempelajari rutinitas latihan mana yang cocok untuk Anda dari Youtube, dan berolahraga sendiri di rumah Anda sendiri. Pergi ke gym bukanlah satu-satunya cara untuk menjadi bugar.

“Saya menghubungkan kesuksesan saya dengan ini – saya tidak pernah memberi atau mengambil alasan apa pun.” – Florence Nightingale

Anda ingin sukses? Jangan pernah memberikan alasan apa pun. Jangan pernah angkat tangan terhadap apa pun. Jangan pernah menyalahkan apa pun. Anda tidak dapat mengubah orang lain, melainkan hanya diri Anda sendiri! Anda selangkah lebih jauh mundur dari kesuksesan dalam hidup, setiap kali Anda menemukan alasan untuk diri sendiri.

2. Disiplin Diri sangat penting dalam hidup kita.

“Dengan disiplin diri, hampir semua hal menjadi mungkin.” –Theodore Roosevelt

Disiplin diri adalah kemampuan mengendalikan diri untuk melakukan hal yang benar. Dengan disiplin diri, Anda dapat mengatasi penundaan. Anda bisa membuat diri Anda melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan. Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang harus Anda lakukan.

Sederhananya, disiplin diri adalah hal yang membuat Anda melakukan hal-hal yang seharusnya Anda lakukan, ketika Anda tidak mau melakukannya. Sama seperti bangun pagi untuk jogging di sekitar taman betapa pun lelahnya Anda di hari sebelumnya. Tubuh Anda pasti akan menolak melakukannya, tetapi dengan disiplin diri, Anda dapat memaksa diri Anda sendiri untuk mengikuti rencana.

Disiplin diri sangat penting untuk sukses. Tanpanya, kita akan malas, kita akan menunda-nunda. Itu adalah salah satu unsur terpenting dari kesuksesan, karena memungkinkan kita untuk mematuhi jadwal kita, rencana kita. Ini memungkinkan kita untuk fokus pada tujuan, permainan akhir, dan itulah yang akan membuat kita sukses di masa depan.

3. Percaya diri adalah kuncinya.

“Percaya Anda bisa, dan Anda sudah setengah jalan.” – Theodore Roosevelt

Percaya pada diri sendiri sangat penting untuk memungkinkan Anda menjalani hidup sepenuhnya. Tanpa kepercayaan diri, Anda tidak akan berhasil. Mengapa? Jika Anda sendiri tidak percaya pada kemampuan Anda sendiri, siapa lagi? Bagaimana Anda bisa meyakinkan orang lain, jika Anda tidak bisa meyakinkan diri sendiri? Untuk sukses, pertama-tama Anda harus percaya bahwa Anda bisa sukses. Lakukan itu, dan Anda telah memenangkan setengah dari pertempuran!

“Mereka berhasil, karena mereka pikir mereka bisa.” – Virgil

Bahkan Virgil, penyair terbesar Roma, percaya pada kekuatan kepercayaan diri. Percayalah pada diri sendiri sebelum orang lain mempercayai Anda – itulah kunci kesuksesan. Soalnya, kepercayaan diri memainkan peran penting dalam hidup kita. Tanpanya, kita akan merasa tertekan setiap kali ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan kita, kita pun tidak memiliki keberanian untuk mengejar impian kita dan kita akan menyerah saat kita menghadapi kesulitan atau rintangan apa pun.

Tapi bagaimana kita meningkatkan harga diri kita? Lihat yang positif dari yang negatif, kembangkan pola pikir yang positif. Dan, jangan pernah meragukan kemampuan Anda sendiri. Ingat, semua orang ditakdirkan untuk sesuatu yang hebat, Anda hanya belum menyadari potensi Anda!

4. Jangan takut untuk mencoba sukses.

“Memang hal berat untuk menjadi gagal, tetapi lebih buruk jika tidak pernah mencoba untuk berhasil.” – Theodore Roosevelt

Jangan takut untuk berbicara setiap kali Anda punya ide. Jangan takut gagal. Ingatlah selalu fakta sederhana, bahwa jika Anda tidak pernah mencoba, Anda tidak akan pernah tahu seperti apa hasilnya. Ya, ada kemungkinan Anda gagal setelah Anda mencoba, tetapi Anda bisa tenang mengetahui bahwa setidaknya Anda telah mencoba. Jangan menyerah meski Anda mengalami kegagalan. Anggap itu sebagai pelajaran dalam hidup. Tahukah Anda bahwa Walt Disney ditolak 302 kali, sebelum dia mendapat pembiayaan untuk membangun Disneyland?

Ya, kegagalan itu sulit diterima, selalu begitu. Tetapi kegagalan juga merupakan kesempatan untuk tumbuh. Itu adalah bagian dari jalan menuju kesuksesan. Setiap orang sukses menghadapi kegagalan beberapa kali sebelumnya dalam hidup mereka. Mengapa mereka akhirnya berhasil? Karena mereka berani mencoba. Mereka berani mengambil tindakan untuk mewujudkan impian mereka. Lebih penting lagi, mereka berani gagal. Mereka tidak pernah takut untuk mencoba dan mengambil tindakan di jalan mereka menuju kesuksesan.

“Dua puluh tahun dari sekarang Anda akan lebih kecewa dengan hal-hal yang tidak Anda lakukan, daripada yang Anda lakukan.” – Mark Twain

Mendambakan sukses? Ambil tindakan sekarang, jangan pernah membiarkan diri Anda menyesali kelambanan Anda di masa depan.

5. Saat waktunya untuk menikmati, nikmatilah. Saat waktunya bekerja, bekerjalah dengan keras.

“Saat Anda bermain, bermainlah dengan sepuasnya; saat Anda bekerja, jangan bermain sama sekali.” – Theodore Roosevelt

Kutipan ini berbicara tentang pelajaran penting. Saat waktunya untuk hiburan, nikmatilah untuk diri sendiri, tetapi jika sudah waktunya untuk serius, Anda harus menjauh dari semua gangguan, jangan bermain-main. FOKUS! Perhatikan sepenuhnya tugas yang ada.

Bagian depan kutipan memberi tahu kita bahwa, tidak apa-apa untuk beristirahat sejenak dengan hiburan dan bersantai. Tidak ada dosa dalam mengambil istirahat. Anda tidak perlu kelelahan. Namun, Anda harus menjaga keseimbangan kerja; antara pekerjaan dan hiburan. Jangan lupa bahwa Anda juga manusia.

Berlibur dan bermainlah bila perlu. Tetapi jika sudah waktunya untuk bekerja, Anda harus mengerahkan 100% upaya Anda untuk itu. Fokus pada tugas yang Anda lakukan. Jauhi apa pun yang akan mengganggu Anda: smartphone, televisi, makanan ringan, internet, dll. Terutama bila Anda tahu Anda mudah teralihkan. Tetap fokus sampai Anda menyelesaikan pekerjaan Anda.

“Pejuang yang sukses adalah orang biasa, dengan fokus seperti laser.” – Bruce Lee

Begitulah cara menjadi sukses. Mereka fokus seperti laser saat bekerja. Pertahankan keseimbangan antara bekerja dan bermain dalam hidup, dan jangan pernah membebani diri Anda dengan beban kerja yang kelewat berat.

6. Raih setiap peluang yang datang kepada Anda.

“Ketika Anda ditanya apakah Anda dapat melakukan suatu pekerjaan, katakan kepada mereka, “Tentu saja saya bisa!” Kemudian sibuklah, kerjakanlah dan cari tahu bagaimana menyelesaikannya.” – Theodore Roosevelt

Saat ada kesempatan untuk Anda, raihlah, meskipun Anda tidak sepenuhnya siap. Peluang datang jarang terjadi, jadi saat Anda menemukan peluang, pastikan Anda tidak melewatkannya. Jangan ragu untuk meraih peluang yang datang. Jangan meragukan kemampuan Anda sendiri! Raih momennya!

Seperti apa yang dikatakan bagian terakhir dari kutipan, setelah meraih kesempatan, sibuklah dan cari tahu bagaimana menyelesaikan sesuatu. Saat Anda menerima pekerjaan, Anda pasti ingin melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan demikian, Anda pasti akan menemukan cara melakukannya.

Mengapa saya begitu yakin? Karena ingatlah nasihat ini, “Jika ada kemauan, pasti ada jalan!” Entah kita akan menemukan cara, atau kita akan membuatnya. Jika Anda tidak dapat menemukannya caranya, maka buat saja caranya.

Pesan yang coba disampaikan oleh Theodore adalah meraih setiap peluang yang Anda miliki dalam hidup Anda, bahkan jika Anda tidak siap. Jika Anda tidak memanfaatkan kesempatan ini, Anda mungkin akan menyesal di kemudian hari.

Nah Sahabat. Apakah Anda melihat pola pikir positif dalam kutipan tersebut? Yah, “Tentu saja saya bisa”. Jadi, Anda harus percaya pada diri sendiri!

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (167 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *