1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (225 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 7, 2017 - 7:00 AM

Apa Artinya AKUNTABILITAS

“Akuntabilitas bukanlah cara melakukan, itu adalah cara berpikir.”

Bagaimana Anda menganggap diri Anda bertanggung jawab, ketika orang lain tidak bisa?

Ini bukanlah tentang meminta pertanggungjawaban diri Anda. Saya maksudkan di sini adalah tentang bertanggung jawab.

Akuntabilitas adalah menjaga komitmen Anda kepada orang lain. Anda bertanggung jawab atas banyak hal, dan Anda bertanggung jawab kepada orang lain. Jika Anda bekerja atau melakukan sesuatu, apa pun itu, ada hal-hal yang perlu Anda selesaikan. Itu adalah tanggung jawab Anda. Akuntabilitas, menjaga komitmen pada orang, didasarkan pada serangkaian komitmen relasional, bukan komitmen taktis.

Komitmen TAKTIS adalah: “Saya akan menyelesaikan laporan sebelum jam 10.” atau “Saya akan menyelesaikan proyek besok.” Komitmen RELASIONAL, adalah: “Saya akan mendukung Anda ketika semua kacau,” Miliki komitmen untuk Reputasi yang baik, dan paling penting, komitmen pada Nilai-nilai Anda.

Komitmen RELASIONAL akan membangun ikatan antara manusia dan membangun akuntabilitas, yang dimulai dari kita sebagai individu. Saya ingin menantang Anda untuk memikirkan tentang apa nilai-nilai Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa nilai-nilai profesional Anda? Apa yang Anda harapkan sebagai tingkat keahlian dan profesionalisme?
  • Apa nilai relasional Anda? Bagaimana Anda terhubung dengan diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda?
  • Apa yang Anda perjuangkan? Apa karakter Anda?
  • Apa nilai komunitas Anda? Apa yang Anda yakini sebagai cara Anda terhubung dengan komunitas tempat Anda tinggal, untuk melayani, dan memperoleh bisnis?

Ketika Anda mengetahui apa nilai-nilai Anda dan kemudian Anda menjalankan nilai-nilai Anda, maka Anda akan menemukan bahwa Anda akan menyelesaikan hal-hal yang ingin Anda selesaikan.

Akuntabilitas bukanlah cara untuk melakukan, ini adalah cara berpikir. Begitulah cara Anda berpikir tentang orang. Begitulah cara Anda berpikir tentang komitmen tersebut. Komitmen tak terucapkan, yang mengikat Anda erat-erat dengannya.

Luangkan waktu untuk mendefinisikan apa itu nilai-nilai Anda, dan kemudian berkomitmen pada diri Anda untuk menjalankan nilai-nilai itu.

Berkomitmen untuk menjalankan nilai-nilai itu ke tingkat yang tidak dapat dinegosiasikan, apa pun yang terjadi. Dan ketika Anda melakukannya, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak hanya akan membangun hubungan dengan diri Anda sendiri yang lebih bermakna, dan hubungan dengan orang lain, namun Anda juga akan mencapai apa yang ingin Anda capai.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (225 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *