1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (189 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 1, 2017 - 9:05 PM

Cara Membuat Rencana PENGEMBANGAN Pribadi

“Tidak ada yang pernah menuliskan rencana untuk bangkrut, gemuk, malas, atau bodoh. Hal-hal itu terjadi jika Anda tidak punya rencana!” – Larry Winget

Mengapa Anda Membutuhkan Rencana Pengembangan Pribadi?

Pernahkah Anda pergi berlibur tanpa atau sedikit perencanaan? Saya pernah melakukannya, dan alih-alih mengalami perjalanan menyenangkan, yang penuh petualangan dan spontan, saya akhirnya frustrasi, karena saya perlu merencanakan segalanya selama di perjalanan.

Sangat sulit untuk menikmati perjalanan sepenuhnya, jika Anda terus-menerus perlu memikirkan ke mana harus tidur, makan apa, dan ke mana harus pergi.

Jauh lebih mudah untuk bepergian jika Anda memiliki setidaknya beberapa visi gambaran besar, dan gagasan tentang ke mana Anda ingin pergi, serta rencana dasar tentang hal-hal yang ingin Anda lakukan. Lebih mudah lagi jika Anda memiliki rencana yang lebih detail.

Sama halnya dengan perjalanan hidup. Banyak orang hanya menjalani hidup tanpa atau sedikit perencanaan, jadi tidak mengherankan jika mereka akhirnya frustrasi, dan bertanya pada diri sendiri “Bagaimana saya bisa sampai di tujuan saya?” Itulah mengapa penting untuk menyiapkan rencana terlebih dahulu.

Jika Anda tidak berpikir dan merencanakan sebelumnya, Anda bisa dengan mudah menjadi marah, frustrasi, dan tidak puas dengan hidup Anda.

Jika Anda pernah merasa tersesat dalam hidup, Anda dapat melihat ke dalam rencana Anda dan mengingatkan diri sendiri, ke mana Anda ingin pergi. Rencana pengembangan pribadi adalah pedoman hidup Anda!

Dengan “mengembangkan” masa depan Anda, Anda akan mendapatkan kendali yang lebih baik atas hidup Anda, dan Anda akan membuat keputusan yang lebih baik di perjalanan.

Jika Anda seorang pengemudi, dan Anda ingin membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan, Anda perlu tahu ke mana Anda akan pergi, dan bagaimana Anda akan sampai di sana. Persiapan yang baik mengurangi risiko kesalahan dalam perjalanan Anda.

Ini sama dengan Rencana Pengembangan Pribadi. Dan ini meningkatkan kemungkinan bahwa hidup Anda akan mengarah ke arah yang benar.

Jika Anda menyukai gagasan memiliki rencana pengembangan pribadi, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri: “Dari mana harus memulai?”

Anda Mulai Rencana Dari Mana?

Rencana pengembangan pribadi membantu Anda menyusun pemikiran Anda. Kita terus-menerus merencanakan dan berpikir, tetapi sangat sering kehilangan detail penting, dan kita tidak membuat strategi yang realistis untuk mewujudkan rencana itu. Itulah mengapa banyak “rencana” hanya ada dalam mimpi kita.

Rencana Pengembangan Pribadi adalah proses yang terdiri dari menentukan apa yang penting bagi Anda, apa yang ingin Anda capai, kekuatan apa yang sudah Anda miliki yang membantu mencapai tujuan Anda, dan apa yang perlu Anda tingkatkan dan kembangkan seiring waktu.

Saat Anda mengembangkan atau merancang sesuatu yang baru, biasanya hal itu tidak selesai dalam semalam. Itulah mengapa Anda perlu bersiap bahwa setiap rencana penting akan membutuhkan waktu sebelum terwujud.

Jika Anda ingin mencapai sesuatu yang penting, Anda perlu meluangkan waktu untuk membuat rencana terperinci. Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membuat rencana pengembangan pribadi.

Berikut ini 9 Langkah dapat membantu Anda membuat rencana pengembangan pribadi:

1. Tentukan tujuan Anda

2. Prioritaskan

3. Tetapkan Tenggat Waktu

4. Pahami Kekuatan Anda

5. Kenali Peluang Dan Ancaman

6. Kembangkan Keterampilan Baru

7. Mengambil Tindakan

8. Dapatkan Dukungan

9. Ukur Kemajuan

1. Tentukan Tujuan Anda

Apa yang penting untuk Anda? Keterampilan baru apa yang ingin Anda dapatkan? Prestasi apa yang akan membuat Anda lebih bahagia? Apakah Anda memiliki mimpi yang tidak terpenuhi, yang sekarang siap Anda wujudkan? Apakah Anda ingin maju ke tahap berikutnya dalam karier Anda? Apakah Anda ingin mendapatkan pekerjaan atau bisnis yang lebih baik?

Langkah awal adalah menentukan tujuan yang penting bagi Anda. Ini bisa berupa sesuatu yang berkaitan dengan karier Anda, dan juga sesuatu yang akan memperkaya atau meningkatkan kualitas kehidupan pribadi Anda. Tuliskan 5-10 tujuan yang penting untuk Anda capai.

2. Prioritaskan

Dari semua tujuan yang Anda tulis, mana yang paling penting? Ini adalah tujuan utama Anda yang akan menjadi fokus Anda.

Mungkin Anda menginginkan peningkatan penghasilan, perubahan karier atau Anda ingin mencapai bentuk fisik yang baik atau memperoleh keterampilan baru.

Adakah keterampilan yang dapat ditransfer, keterampilan yang dapat Anda transfer ke berbagai bidang kehidupan, yang penting untuk kesuksesan Anda? Misalnya, jika Anda meningkatkan keterampilan berbicara, hasilnya bisa jadi lebih percaya diri, hubungan dan komunikasi yang lebih baik dengan orang lain, dan bahkan kesuksesan bisnis; misalnya, negosiasi yang lebih berhasil dan lebih banyak penjualan.

Tujuan dari rencana pengembangan pribadi adalah untuk membantu Anda memperluas pengetahuan Anda, mengembangkan keterampilan baru, atau meningkatkan bidang kehidupan yang penting.

Perhatikan baik-baik daftar Anda, dan pilih satu tujuan yang paling penting bagi Anda, dan yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu.

3. Tetapkan Tenggat Waktu

Jika Anda memiliki tujuan, tetapi tidak tahu kapan Anda ingin mencapainya, kemungkinan besar itu tidak akan pernah terjadi. Juga, jika Anda berencana untuk mencapai proyek besar dalam waktu yang sangat singkat, sekali lagi, kemungkinan besar itu tidak akan terjadi.

Saat membuat perencanaan, Anda harus realistis, spesifik, dan membuat asumsi yang baik berdasarkan tenggat waktu.

Daripada mengatakan “Saya ingin menjadi miliarder suatu hari nanti”, lebih baik buatlah rencana untuk melipatgandakan penghasilan Anda tahun ini, dengan menetapkan batas waktu, kapan Anda bisa memperolehnya. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda?

Setelah Anda memiliki jangka waktu yang realistis untuk tujuan Anda, penting untuk berkomitmen bahwa Anda akan benar-benar melakukannya. Seriuslah tentang itu. Jika Anda bukan orang yang menjalankan rencana Anda dengan serius, tidak ada orang lain yang juga akan melakukannya.

Alih-alih berfokus pada masalah dan rintangan yang bisa terjadi, pikirkan tentang betapa hebatnya perasaan Anda saat hal itu selesai. Anda juga dapat menentukan bagaimana Anda akan menghargai diri sendiri, ketika Anda berhasil mencapai tujuan Anda. Jadi, tetapkan tenggat waktu!

4. Pahami Kekuatan Anda

Setiap orang di dunia pandai dalam sesuatu dan memiliki keterampilan / kekuatan di atas rata-rata, di beberapa bidang tertentu. Meskipun Anda bukan penyanyi, aktor, atau artis yang berbakat, Anda tetap bisa menjadi orang tua yang baik, pendengar yang baik, atau orang yang penuh perhatian.

Apa kekuatan utama Anda?

Jika Anda tidak yakin dengan jawabannya, tanyakan pada teman dan keluarga Anda. Tanyakan kepada mereka “Menurut Anda, apa kekuatan terbesar saya?”

Mungkin Anda akan terkejut dengan jawaban mereka. Kekuatan utama Anda adalah sesuatu yang membuat Anda unik dan spesial. Tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda. Sangat penting untuk menyadari kekuatan Anda, demi kepercayaan diri Anda.

Apakah Anda seorang yang terorganisir dengan baik, sabar, gigih, ramah, cerdas, berani, cepat belajar, berbakat, berpikiran terbuka? Setelah Anda memahami apa kekuatan Anda, tuliskan kekuatan mana yang dapat membantu Anda mencapai tujuan.

5. Kenali Peluang dan Ancaman

Perilaku dan kebiasaan Anda saat ini dapat mendukung, atau tidak mendukung Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Manakah dari kebiasaan atau tindakan Anda yang merupakan ancaman bagi pencapaian tujuan Anda? Ini adalah hal-hal yang perlu Anda hentikan.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk hidup 100 tahun, maka Anda perlu berhenti merokok, berhenti membeli junk food, berhenti mengkhawatirkan hal-hal, berhenti kecewa, berhenti sakit hati, dll. Tuliskan setidaknya 5 hal yang Anda komitmen akan berhenti melakukan.

Di sisi lain, ada beberapa tindakan baru yang menjadi peluang bagi Anda untuk mencapai tujuan dengan lebih mudah. Tindakan apa yang dapat Anda pilih untuk mulai dilakukan, yang akan membantu Anda mencapai tujuan?

Jika Anda ingin menghemat lebih banyak uang, misalnya Anda dapat mulai mengelola uang Anda, Anda dapat mulai menuliskan pengeluaran Anda, Anda dapat mulai mengurangi pengeluaran, dll.

Tuliskan 5 hal yang Anda berkomitmen untuk mulai lakukan. Buatlah daftar mulai melakukan dan berhenti melakukan!

6. Kembangkan Keterampilan Baru

Rencana Pengembangan Pribadi adalah rencana untuk pergi dari tempat Anda sekarang, ke tempat yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin mendapatkan sesuatu, Anda perlu memberikan sesuatu sebagai balasannya. Misalnya, jika tujuan Anda adalah maju ke tahap berikutnya dalam karier Anda, Anda harus mempelajari keterampilan baru.

Jika Anda ingin memulai bisnis sendiri, Anda harus belajar tentang kewirausahaan, manajemen, pemasaran, penjualan, keuangan, dll.

Nasihat Sukses dari Brian Tracy:

“Untuk semua yang Anda inginkan dalam hidup, ada harga yang harus Anda bayar, penuh dan di muka. Putuskan apa yang Anda inginkan, lalu tentukan harga yang harus Anda bayar untuk mencapainya. Ingat, untuk mencapai sesuatu yang belum pernah Anda capai sebelumnya, Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Anda harus menjadi seseorang yang belum pernah Anda alami sebelumnya. Apa pun yang Anda inginkan, Anda harus membayar harga yang diukur dalam: pengorbanan, waktu, tenaga, dan disiplin pribadi. Putuskan apa itu dan mulailah membayar harga itu hari ini.”

Dengan kata lain, untuk mencapai sesuatu yang belum pernah Anda capai sebelumnya, Anda perlu mengembangkan keterampilan yang belum pernah Anda miliki sebelumnya, dan mulai mengerjakan keterampilan tersebut sesegera mungkin.

Keterampilan atau pengetahuan apa yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda? Tuliskan daftar keterampilan yang perlu Anda kembangkan, yang akan membantu Anda mencapai tujuan.

7. Mengambil Tindakan

Jika Anda ingin mencapai tujuan besar, akan ada banyak tindakan yang perlu Anda lakukan. Tuliskan setidaknya 3 – 5 tindakan paling penting, yang perlu Anda ambil dalam jangka waktu yang Anda tentukan.

8. Dapatkan Dukungan

Siapa yang dapat membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat? Buat daftar siapa saja yang dapat Anda pikirkan, yang akan dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Misalnya, jika Anda ingin mengubah karier Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan seorang penasihat karier. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda dapat meminta pelatih kebugaran. Jika Anda ingin meningkatkan keuangan Anda, Anda dapat berbicara dengan penasihat keuangan.

9. Ukur Kemajuan

Motivator terbaik untuk tetap gigih dalam mencapai tujuan adalah kemajuan Anda sendiri. Meskipun sedikit kemajuan, itu tetaplah sesuatu.

Penting untuk menyadari bahwa Anda sedang bergerak maju dan mencatat hal-hal yang Anda lakukan dengan baik. Jika ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda?

Jika ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, itu berarti Anda perlu mengubah, atau meningkatkan strategi yang Anda gunakan. Dengan melakukan hal yang sama, Anda akan mendapatkan hasil yang sama. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik, Anda perlu mengubah sesuatu.

Tuliskan hal-hal yang perlu Anda perbaiki, dan tentukan strategi baru yang akan Anda coba. Tanggung jawab Anda adalah membuat segala sesuatunya bekerja untuk Anda.

Rencana Pengembangan Pribadi adalah metode yang sangat ampuh untuk menilai hidup Anda, menentukan apa yang benar-benar penting bagi Anda, dan mulai mengerjakan hal-hal yang paling penting.

Seringkali dalam hidup kita, kita begitu sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga kita jarang memiliki waktu untuk memikirkan dan merencanakan sesuatu yang penting.

Latihan seperti ini dapat membantu Anda mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang tujuan yang paling penting bagi Anda, dan untuk membuat strategi yang realistis tentang bagaimana Anda akan mencapainya.

Nah Sahabat. Saya menyarankan agar Anda membuat rencana pengembangan pribadi baru setiap tahun. Ada satu hal lagi, saya ingin ingatkan; ketika Anda sudah berhasil mengembangkan pribadi Anda, jangan sampai keberhasilan Anda itu membuat Anda lupa diri. Itu hal tidak baik bagi kesehatan jiwa Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (189 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *