1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (221 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: September 21, 2017 - 6:00 AM

Bagaimana Menjadi BOS Hebat?

“Pemimpin harus cukup dekat untuk berhubungan dengan orang lain, tetapi cukup jauh ke depan untuk memotivasi mereka.” – John C. Maxwell

Anda mungkin pernah bekerja dengan sejumlah Bos. Beberapa dari mereka Anda ingat dengan cara yang baik dan beberapa di antaranya tidak. Faktanya, mungkin ada beberapa dari Bos atau hanya satu yang benar-benar tidak Anda sukai dan mereka ini tidak pernah melewatkan kesempatan untuk bermulut buruk.

Kita tidak pernah melupakan Bos tempat kita bekerja, dan setiap bos memiliki pengaruh pada kita, secara positif maupun negatif. Bos yang paling kita ingat adalah yang selalu bersama kita selama masa-masa sulit kita. Orang-orang yang memahami dan membantu kita di sepanjang jalan.

Mereka adalah orang-orang yang melihat sesuatu dalam diri kita meskipun kita tidak dapat melihatnya. Mereka menjadikan misi mereka untuk memberi tahu tentang kekuatan kita, dan mengembangkannya lebih lanjut.

Jika Anda meminta keluarga, teman, dan kolega Anda untuk mendeskripsikan Bos terbaik dan terburuk mereka, yang akan Anda lihat adalah tidak ada yang akan berbicara dengan Anda tentang ciri-ciri kepribadian bawaan mereka, seperti kecerdasan, daya tarik, atau apa pun. Mereka lebih suka berbicara tentang karakteristik yang ditunjukkan Bos, seperti hasrat, kejujuran, empati, dan lainnya.

Mengapa Kita Mengingat Bos Hebat

Semua kualitas hebat adalah milik orang-orang dengan EQ (Emotional Quotient) yang sangat berkembang, dan mereka memastikan menggunakannya untuk keuntungan Anda. Inilah orang-orang yang selalu diingat.

Anda akan melihat bahwa orang-orang hebat seperti ini selalu memiliki tempat khusus di hati kita. Ada banyak hal lain yang mereka lakukan seperti bermimpi besar dan kemudian meyakinkan kita tentang mimpi itu. Mereka memungkinkan kita untuk membagikan visi mereka. Mereka memungkinkan kita untuk melihat versi terbaik dari diri kita sendiri, dan menanamkan kepercayaan pada kita untuk mencapai potensi itu.

Berikut beberapa kualitas harus Anda miliki untuk menjadi Bos Terbaik bagi karyawan Anda:

1. Gairah

Untuk menjadi Bos yang hebat, hal pertama yang Anda butuhkan adalah GAIRAH. Pikirkan tentang itu! Jika Anda memiliki Bos yang tidak peduli tentang apa pun, yang tidak memiliki semangat dalam dirinya dan selalu terlihat bosan dengan hidupnya dan segala isinya, maukah Anda bekerja dengannya? Benar-benar tidak! Anda akan berpikir, jika Bos Anda tidak peduli dengan perusahaan, mengapa Anda harus peduli?

Jadi, hal pertama yang Anda butuhkan adalah percaya pada apa yang Anda lakukan, dan membuat orang lain percaya juga. Semangat dan intensitas merekalah yang memicu semangat semua orang di sekitarnya. Mereka dapat menyelesaikan hal-hal yang bahkan tidak dapat dipikirkan orang lain. Tampaknya mereka berjalan dengan kekuatan kemauan murni. Inilah tipe Bos yang diikuti orang.

2. Transparansi

Anda dapat mencoba menjadi sesuatu yang tidak terlihat di depan orang, dan hanya itu yang dapat Anda lakukan. Akan tiba saatnya ketika kebenaran akan terungkap, dan Anda akan kehilangan kedudukan Anda. Itulah sebabnya, Bos yang hebat itu sama, di mana saja, kapan saja, di sepanjang waktu. Mereka adalah siapa diri mereka. Itulah salah satu alasan terbesar, mengapa kita sulit melupakannya. Jika membuat kesalahan, Bos hebat tidak berbohong, agar dapat menutupinya, atau menyalahkan orang lain untuk itu.

Bos hebat memiliki kesalahannya dan memperbaikinya dengan cara terbaik yang mereka bisa. Ketika mereka membuat janji, semua orang tahu bahwa mereka akan menepatinya. Karyawan mereka tidak perlu terus-menerus menebak-nebak motif mereka atau alasan mereka. Transparansi adalah salah satu ciri utama, yang harus Anda kembangkan, jika ingin menjadi Bos yang tak terlupakan.

3. Proaktif

Ingin menjadi Bos yang hebat? Pastikan Anda tidak pernah nengabaikan staf Anda. Bersiaplah untuk apa pun yang terjadi dan pastikan Anda melindungi orang-orang Anda pada saat mereka membutuhkan. Latih mereka dan dampingi mereka untuk menangani situasi apa pun. Dan ketika situasi tiba, pastikan Anda berdiri tepat di samping mereka. Jadilah pahlawan bagi orang-orang Anda, dan mereka tidak akan pernah meninggalkan Anda.

4. Perseptif

Menjadi Bos yang hebat, jauh lebih dari sekadar mengungguli orang lain dan mendelegasikan tugas. Anda harus tanggap terhadap semua orang Anda. Anda harus mengakui keunikan mereka dan membuktikan kepada mereka bahwa mereka punya kemampuan. Beri tahu orang-orang Anda, bahwa kemampuan, peran, kekuatan, dan kelemahan mereka adalah unik dan Anda mengetahuinya. Semakin Anda menghargai karyawan Anda, mereka akan semakin mempercayai Anda dan memberikan yang terbaik kepada Anda.

5. Jadilah Pribadi Kokoh dan Solutif

Untuk menjadi Bos yang hebat, Anda harus memberi contoh. Dan salah satu hal yang perlu Anda tunjukkan adalah bahwa Anda bukanlah orang yang menjadi bingung ketika sesuatu yang buruk terjadi. Tunjukkan kepada mereka, bahwa Anda tetap tenang dan mampu berpikir untuk mengatasi masalahnya, alih-alih menjadi korban tekanan situasi, dan terlihat stres.

Jangan menjadi orang yang memperumit masalah. Jadilah Pemecah Masalah. Jika Anda tetap tenang, semua orang akan tetap tenang. Bos terbaik adalah mereka yang TIDAK MENUNJUKKAN ketidakpastian di saat stres.

Bos yang baik adalah yang tidak mengkhawatirkan kariernya sendiri, melainkan karier orang yang bekerja untuknya.

6. Kemanusiaan

Salah satu ciri terpenting dari Bos yang hebat adalah mereka tidak segan-segan menunjukkan sisi kemanusiaannya. Menjadi Bos yang sempurna, tidak berarti menjadi robot dan Bos yang hebat tahu itu. Itulah mengapa staf mereka mudah berhubungan dengannya. Bos hebat tahu bagaimana menempatkan diri mereka pada posisi orang lain. Mereka tidak hanya mengendalikan emosinya sendiri, tetapi mereka juga membiarkan orang-orangnya mengeluarkan emosi dan memahami mereka.

7. Kesederhanaan

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang dapat dikaitkan dengan orang-orang Anda, dan dapat mengatasi masalah apa pun, Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah orang yang rendah hati. Anda tidak perlu menunjukkan bersukacita atas kesuksesan, atau ketenaran dan kekayaan Anda.

Saat Anda menyelesaikan suatu tugas, pastikan Anda memberikan penghargaan di tempat yang berhak. Akui dan puji orang-orang Anda dan biarkan mereka tahu betapa Anda menghargai mereka.

Itulah beberapa kualitas utama yang dapat membedakan Anda di tengah lautan Bos, dan memastikan Anda tidak bersinar sendirian, tetapi juga membantu orang-orang Anda bersinar. Jadilah pelatih mereka, jadilah guru mereka, jadilah mentor mereka, dan keluarkan yang terbaik dari mereka semua.

Nah Sahabat. Menurut Anda, apa sifat terhebat dari Bos yang luar biasa?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (221 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *