1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (217 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 21, 2017 - 6:00 AM

Apa yang Membuat CEO Hebat?

Chief Executive Officer (CEO) adalah satu peran yang paling disalahpahami di sebuah perusahaan.

Posisi tersebut bertanggung jawab untuk memegang kendali perusahaan, memimpin semua orang menuju kesuksesan bisnis. Ribuan pengusaha ambisius memulai perusahaan baru setiap tahun, yang berarti lebih banyak orang yang beroperasi sebagai pemimpin. Tapi CEO yang hebat? Mereka ini jenis yang jauh lebih langka.

Banyak yang percaya bahwa CEO adalah sejenis humanoid yang sangat kuat dan sangat kompeten. Namun, seringkali aspek manusialah yang membedakan CEO hebat dari yang lain.

Apa peran CEO?

Deskripsi pekerjaan tipikal dari seorang Chief Executive Officer (CEO) akan mencakup tugas-tugas berikut;

  • Tetapkan arah perusahaan dan buat strategi
  • Putuskan dan modelkan nilai, perilaku, dan budaya bisnis
  • Susun dan pimpin departemen-departemen
  • Alokasikan anggaran dan sumber daya ke berbagai prioritas dalam bisnis, berdasarkan tujuan bisnis.

Para pemimpin bisnis mungkin mendapatkan bantuan untuk tugas-tugas ini, tetapi jangan biarkan hal itu membodohi Anda. Dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan ketegaran untuk mengambil peran tersebut. Meskipun demikian, terkadang seseorang dengan posisi ini dapat melupakan sifat, perilaku, dan sikap dari apa yang membuat CEO paling dikagumi begitu cemerlang.

Berikut ini KUALITAS yang diharapkan dari pemimpin yang sukses dalam bisnis.

1. Menginspirasi, terlibat, dan memberi energi

Pertama dan terpenting, CEO yang hebat tahu cara memaksimalkan staf mereka. Mereka menciptakan budaya perusahaan positif, yang memberdayakan tenaga kerja mereka untuk sukses, sembari berpegang pada misi perusahaan dan nilai-nilai yang lebih tinggi.

2. Mereka membuat hidup tim mereka lebih mudah

Seorang CEO, secara mendalam harus selalu berusaha untuk meningkatkan produktivitas staf dan meningkatkan efisiensi dalam bisnis. Agar mereka dapat bekerja secara efektif, mereka juga harus memastikan bahwa setiap tugas yang dialokasikan itu memang diperlukan. Tidak seorang pun boleh menyusun laporan tanpa akhir, mengisi formulir yang tidak beralasan, atau mengadakan rapat yang berlarut-larut, kecuali jika itu benar-benar berguna.

3. Mereka tidak takut mengganggu tradisi lama

Mudah bagi perusahaan untuk menghabiskan proses dan kebiasaan tanpa mempertanyakan, apakah itu masih merupakan cara operasi yang paling efektif. Pemimpin yang kuat dapat mengenali, ketika metode telah tidak sesuai, dan membutuhkan inovasi.

Pada saat sama, pemimpin yang baik perlu mengetahui cara mengambil risiko yang diperhitungkan dalam hal mendorong inovasi. Mereka berhati-hati untuk tidak mengarahkan perusahaan ke perairan yang bermasalah.

4. Mereka memahami kesalahan terjadi

Agar tidak melumpuhkan kreativitas, karyawan harus percaya bahwa mereka bebas mengambil risiko, dan mencoba hal baru tanpa takut akan hukuman. Tidak peduli seberapa kuat seorang anggota staf berkinerja, mereka masih manusia dan cenderung membuat kesalahan. CEO yang baik dapat membedakan antara kesalahan yang terjadi itu karena kelalaian atau tidak. Mereka juga mengambil tindakan yang sesuai untuk memberikan dukungan yang lebih baik, dan memastikan kesalahan tidak terulang.

5. Mereka adalah komunikator hebat dan pendengar yang lebih baik

Komunikasi efektif sangat penting dalam bisnis apa pun, dan pemimpin yang kuat harus memiliki keterampilan itu. Mereka harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan secara konsisten, apakah itu menetapkan tenggat waktu, mengungkapkan kebutuhan perusahaan atau menunjukkan kepada tim, bagaimana sesuatu dilakukan. Ini juga membantu motivasi karyawan dan meningkatkan semangat kerja.

CEO yang baik mengabdikan diri untuk mendengarkan anggota tim, pelanggan, dan pemegang saham mereka. Ini mungkin mengejutkan, tetapi mereka bukan ahli dalam segala hal! Mereka mengetahui hal ini, dan juga tahu bahwa mereka akan memiliki bisnis yang lebih sukses dengan mendapatkan nasihat dan wawasan dari karyawan mereka.

6. Mereka berinvestasi dalam pembelajaran dan pengembangan

Tidak peduli industrinya, perubahan adalah konstan. Selain itu, tahun demi tahun, selalu muncul generasi baru ke pasar pekerjaan, lengkap dengan keahlian generasi berikutnya.

Tidak peduli apakah seorang karyawan tidak memiliki pengalaman, atau apakah mereka memilikinya, seorang pemimpin bisnis yang kuat mengakui bahwa setiap karyawan di dalam perusahaan mereka harus diberikan pelatihan dan alat, untuk menjaga ketrampilan mereka diperbarui dan relevan. Pada gilirannya, bisnis juga akan mendapat manfaat dari ini.

7. Mereka tidak mengelola mikro

Cara cepat untuk membuat staf menjadi tidak puas adalah memberi tahu mereka cara melakukan pekerjaan dan memantau setiap gerakan mereka. Jika staf merasa harga diri dan nilai mereka diremehkan, mereka merasa lebih sulit untuk menyesuaikan diri dengan tujuan perusahaan.

Meskipun bimbingan dan dukungan dapat merangsang inovasi, pengelolaan secara mikro, dapat membunuh produktivitas dan kreativitas. CEO yang baik tahu bahwa karyawan harus diberi kebebasan dan ruang untuk sukses. Katakan kepada karyawan, apa yang Anda harapkan sebagai hasil, tetapi biarkan mereka memutuskan bagaimana mencapai tujuan yang diinginkan.

8. Mereka menanamkan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat

Para pemimpin mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan karyawannya. Bagian dari ini termasuk memiliki pikiran yang sehat. Lembur yang berlebihan harus dipantau, terutama jika dilakukan pada hari libur. Rencana dan tenggat waktu harus selalu mempertimbangkan jumlah jam yang benar-benar dibutuhkan, berhati-hatilah agar tidak terlalu bergantung pada jam kerja ekstra.

Ketika proyek menuntut lebih banyak waktu daripada yang dialokasikan untuk hari kerja normal, pemimpin yang kuat tetap berada di belakang timnya. Tidak ada yang dapat membangun kebencian di antara karyawan, selain ketika CEO secara teratur menikmati liburan, dan tim diharapkan untuk terus bekerja selama waktu pribadi mereka.

9. Memberi pujian untuk pekerjaan yang bagus

Terakhir, seorang CEO yang dihormati akan selalu mengakui karyawan atas kesuksesan mereka, dan tidak pernah berharap pujian atas pekerjaannya. Tidak hanya memberikan validasi kepada karyawan bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan benar, tetapi juga memotivasi mereka untuk terus semangat bekerja keras. Tidak ada biaya tambahan untuk itu, hanya membutuhkan waktu satu menit, dan meningkatlah semangat kerja kantor.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (217 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *