1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (239 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 October, 2018 - 9:00 PM

Keterampilan yang Harus Dimiliki Agar Sukses Bisnis

Lebih dari 50% bisnis gagal, karena mereka langsung berorientasi langsung mendapatkan keuntungan, daripada mengasah keterampilan bisnis mendasar mereka. Usaha kecil mengharuskan Anda untuk menjadi dongkrak dari semua perdagangan. Namun, penting untuk membedakan antara pekerjaan yang harus Anda lakukan sendiri, dan pekerjaan yang dapat Anda delegasikan ke rekan tim Anda. Anda dapat mempelajari keterampilan baru. Namun, waktu yang hilang tidak akan kembali. Anda perlu memprioritaskan hal-hal untuk fokus pada gambar yang lebih besar.

Jika Anda membaca artikel saya di website ini, kemungkinan Anda akan segera memulai bisnis baru, atau Anda mungkin menghadapi beberapa masalah di bisnis Anda saat ini. Saya akan memberi tahu Anda tentang beberapa soft skill penting yang perlu dipelajari, agar bisnis Anda berhasil. Simak berikut:

1. Tahu kapan harus mundur dan mendelegasikan pekerjaan

Delegasi sulit bagi banyak pengusaha karena melibatkan pemberian tanggung jawab kepada orang lain. Semua aktivitas monoton dan rutin harus dilakukan oleh staf Anda tanpa manajemen mikro.

Delegasi yang efektif menemukan keseimbangan yang tepat, antara memberikan tugas kepada orang-orang dan membiarkan mereka melakukan pekerjaan mereka secara efektif, sambil mempertahankan kendali atas hasil keseluruhan. Anda harus menetapkan pekerjaan dengan cara yang membuat bisnis Anda berfungsi dan bukan sebaliknya.

2. Keterampilan komunikasi yang tepat

Komunikasi adalah langkah pertama dan terpenting dalam kehidupan. Setiap aspek kehidupan atau tugas apa pun yang Anda lakukan, memerlukan komunikasi yang lebih baik.

Untuk efek yang efektif dan positif dalam bisnis, Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik. Dari mempekerjakan karyawan baru, hingga berhubungan dengan investor, komunikasi yang baik membantu Anda memilih kandidat yang tepat, dan membuat kesan yang tepat. Anda bisa jelas tentang harapan Anda dan proses yang Anda sukai dalam pikiran Anda. Komunikasi adalah kunci untuk menggambarkan visi Anda dan mengimplementasikan ide-ide Anda secara efektif.

“Orang Bijak berbicara karena mereka memiliki sesuatu untuk dikatakan; Bodoh karena mereka harus mengatakan sesuatu.” – Plato

3. Bernegosiasi dengan kemampuan terbaik Anda

Jika Anda ingin membuat bisnis Anda menguntungkan, Anda harus mengasah keterampilan negosiasi Anda. Kita semua telah melihat ibu kita bernegosiasi setiap hari di pasar, dan toko saat berbelanja barang kebutuhan. Namun, negosiasi formal adalah keterampilan yang membutuhkan etiket tenang, dan tepat, yang dapat dipelajari melalui latihan praktik.

Semakin sering Anda bernegosiasi, semakin halus Anda dapat melakukannya. Anda akan tahu harus berkata apa, kapan mengatakannya, dan bagaimana mengatakannya. Anda bahkan akan belajar, kapan Anda harus berhenti atau tidak berbicara sama sekali tentang konsesi. Pastikan Anda mengembangkan pendekatan ‘win-win’ saat bernegosiasi dengan pihak ketiga, untuk mendapatkan hasil yang paling menguntungkan bagi diri Anda dan bisnis Anda.

4. Perencanaan strategis

Perencanaan strategis sangat penting untuk memaksimalkan keuntungan dan efisiensi sumber daya bisnis Anda. Ini melibatkan segala sesuatu mulai dari menentukan tujuan, kinerja, ekspektasi, perancangan, alokasi, pelaksanaan, analisis, dan bahkan prediksi risiko di masa depan, bersama dengan rencana untuk mengatasinya.

Modal dan karyawan Anda adalah dua sumber daya yang memainkan peran utama dalam perencanaan strategis, yang membantu mengarahkan perusahaan ke arah yang benar. Buat papan visi dengan kerangka kerja tiga hingga enam tahun, dan dukung analisis proses dari ujung ke ujung, alias rencana bisnis Anda harus terdefinisi dengan baik.

5. Keterampilan kepemimpinan

Ini selangkah lebih maju dari delegasi. Proses ini melibatkan menyelesaikan sesuatu melalui orang-orang dengan keterampilan manajemen kritis. Kepemimpinan adalah kemampuan memotivasi anggota tim untuk bekerja menuju tujuan bersama.

Anda harus dapat mengambil alih, merampingkan, dan memotivasi bawahan Anda. Perlakukan anggota tim Anda dengan hormat; namun, Anda harus memastikan bahwa mereka tidak menganggap Anda terlalu enteng. Seorang pemimpin yang baik harus tahu bagaimana menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan, karyawan, dan investor, sembari mempertahankan kekuasaan yang kuat.

6. Keterampilan membangun tim

Karena di situ, ada kekuatan dalam persatuan, dan keterampilan membangun tim sangat penting bagi pengusaha. Tim adalah kelompok orang yang bekerja pada potensi mereka secara bersama, akan menghasilkan solusi yang efisien dan lebih produktif daripada individu. Kuncinya adalah mengetahui keterampilan membangun tim dan bagaimana membuat orang dan karyawan tetap bersama, yang dapat membawa bisnis Anda ke tingkat selanjutnya.

“Kerja tim adalah kemampuan untuk bekerja bersama menuju visi bersama. Kemampuan untuk mengarahkan pencapaian individu menuju tujuan organisasi. Ini adalah bahan bakar yang memungkinkan orang awam memperoleh hasil yang tidak biasa.” – Andrew Carnegie

7. Analisis, keterampilan penjualan dan pemasaran

Dengan kemajuan teknologi, tempat kerja saat ini menjadi lebih analitis dan kompleks. Kebutuhan untuk menganalisis dan memprediksi hasil berdasarkan riset pasar dan data telah meningkat secara signifikan.

Pemikiran analitis untuk bisnis Anda, adalah untuk merampingkan hal-hal sebelum dan sesudah terjadi di masa depan. Anda akan dapat menentukan di mana Anda berdiri saat ini, dan bagaimana Anda dapat menjembatani kesenjangan antara posisi Anda saat ini dan tujuan Anda.

Penjualan dan pemasaran adalah langkah selanjutnya setelah analitik. Produk Anda tidak ada gunanya, jika pelanggan Anda tidak tahu bahwa itu ada. Dari penetapan harga, iklan, kebijakan pemasaran, dan penargetan audiens yang tepat, ada banyak tugas yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan visibilitas merek.

Komunikasi yang kuat dan kehadiran teknologi digital yang tepat, penting untuk bisnis Anda tumbuh dan menghasilkan pendapatan yang menguntungkan.

8. Keterampilan manajemen keuangan

Jadi, ketika bisnis Anda sekarang menguntungkan atau Anda baru saja mendapatkan dana besar, apa yang terjadi selanjutnya?

Manajemen keuangan yang tepat, penting untuk memaksimalkan hasil. Keterampilan ini melibatkan menjaga keseimbangan antara pengeluaran, pendapatan, dan risiko investasi. Laporan penganggaran dan kinerja keuangan sangat penting. Anda harus mempekerjakan seorang ahli, untuk menafsirkan dan menganalisis laporan keuangan Anda, sehingga Anda dapat bekerja memperbaiki pada celah yang secara negatif mempengaruhi profitabilitas bisnis Anda.

Semoga tulisan singkat ini dapat memberi Anda ide tentang proses dan hal-hal yang perlu Anda kerjakan, agar bisnis Anda menjadi sukses. Jika Anda menguasai keterampilan manajemen mendasar ini, pasti akan membantu Anda mengoptimalkan sumber daya Anda untuk mendapatkan produktivitas maksimum, dalam semua situasi yang mungkin Anda hadapi di masa depan.

Nah Sahabat. Keterampilan apa yang menurut Anda paling penting untuk berhasil di dunia bisnis?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (239 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *