1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (218 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 5, 2019 - 5:00 AM

6 Pola Pikir Sederhana untuk Sukses

Apa kaitan pola pikir dengan kesuksesan? Tidakkah hanya perlu bekerja lebih keras dan mungkin mendapatkan satu atau dua keberuntungan? Tidak! Pola pikir Anda ada hubungannya dengan kesuksesan Anda. Di artikel ini, ada 6 langkah sederhana, yang dapat Anda ambil untuk mengatur diri Anda di jalan menuju kesuksesan.

Mungkin dosen-dosen di perguruan tinggi, mengajari Anda, bagaimana mendapatkan pekerjaan yang baik, bekerja keras, dan menunggu kesuksesan terjadi. Itu bukanlah jawabannya. Anda bisa lebih pintar dan melakukan lebih baik dari itu.

Berikut adalah 6 cara untuk mengubah pola pikir Anda untuk mendapatkan kesuksesan:

1. Selalu pertanyakan status quo

Belajar mencintai pertanyaan “Bagaimana ini bisa lebih baik?” dan menerapkannya ke semua bidang kehidupan Anda; bisnis, karier, hubungan, semuanya. Fakta bahwa sesuatu ‘selalu seperti itu’ bukanlah alasan yang baik untuk mengubah hidup Anda lebih baik.

‘Fakta’ apa yang sedang Anda jalani, yang layak ditantang untuk bisa berubah lebih baik?

2. Selalu bereksperimen

Perlu bereksperimen – karena Anda tidak pernah tahu sampai Anda mencobanya! Amazon terkenal dengan budaya eksperimen yang terus-menerus. Tidak semua yang mereka coba itu bekerja, dan hal yang sama akan berlaku untuk Anda. Tetapi jika Anda mencoba cukup banyak hal, maka pasti beberapa akan sangat sukses.

Coba lakukan serangkaian eksperimen (percobaan) selama 30 hari pada kesehatan, kebahagiaan, kebugaran, dan keuangan Anda. Lihat apa yang berhasil, apa yang Anda nikmati, dan apa yang memiliki dampak terbesar. Pertahankan yang terbaik lalu coba sesuatu yang baru.

“Semua kehidupan adalah percobaan. Semakin banyak eksperimen yang Anda buat, itu semakin baik.” – Ralph Waldo Emerson

3. Selalu mencari gambaran besar

Kenali tujuan besar Anda, jalur hidup ideal Anda, sasaran keseluruhan bisnis atau pekerjaan Anda. Dan jangan sampai tersesat dalam detailnya. Detailnya penting, tentu saja, tetapi hanya ketika mereka secara langsung relevan dengan gambaran besar. Jika Anda terobsesi dengan detail kecil, pastikan itu adalah yang penting.

Ketika Anda menghadapi masalah, terutama yang berulang, selalulah mencari peluang. Perbaiki masalah terlebih dahulu jika itu mendesak, tetapi jangan berhenti memikirkan peluangnya, segera setelah masalah itu hilang. Mengingat tujuan keseluruhan, gambaran besar; apakah ada sesuatu yang bisa dilakukan dengan cara yang sama sekali berbeda, yang akan menghindari masalah ini di masa depan? Ini berlaku untuk semuanya, mulai dari keamanan internet, menunggu taksi, hingga kehabisan gula, kopi dan susu di rumah.

4. Jangan pernah mempercayai asumsi Anda

Asumsi itu berbahaya! Ketika Anda mengasumsikan sesuatu, Anda secara efektif hanya membayangkan bahwa Anda tahu bagaimana sesuatu itu, atau mengapa itu terjadi. Itu bisa menjadi strategi pemikiran yang bermanfaat, tetapi itu bukan cara untuk menjalankan kehidupan atau melakukan bisnis sukses.

Jangan berasumsi bahwa cara-cara baru akan selalu lebih baik, atau apa yang dilakukan orang lain akan bekerja untuk Anda atau bisnis Anda. Jangan menganggap apa yang dipikirkan, dan dirasakan orang, atau merasa tahu mengapa mereka bertindak sebagaimana adanya.

Sampai Anda menguji asumsi Anda, Anda tidak akan pernah benar-benar tahu. Ajukan pertanyaan sedapat mungkin, bereksperimen jika Anda bisa melihat caranya. Cobalah untuk tidak pernah bertindak berdasarkan asumsi yang tidak diuji, kecuali keadaan memaksa Anda untuk melakukannya. Dan bersiaplah untuk menjadi salah. Jangan terlalu terikat dengan ide-ide Anda tentang bagaimana hal itu seharusnya terjadi; mungkin memang seharusnya begitu, dan Anda yang perlu berubah!

5. Jangan pernah mengeluh, bahkan ketika masa-masa sulit

Masa-masa sulit akan datang, tetapi demikian juga masa-masa indah. Mengutip Jim Rohn, Anda harus memiliki musim dingin, atau Anda tidak dapat memiliki musim semi dan musim panas, dan waktu panen. Jadi, jangan mengeluh di saat musim dingin!

Musim dingin metaforis adalah waktu untuk mengambil stok, mensurvei, dan bukannya mengeluh tentang itu. Ajukan pertanyaan yang bagus, seperti “Bagaimana ini bisa lebih baik?” Kumpulkan sumber daya Anda dan bersiaplah untuk menabur benih baru di musim semi.

Tidak ada yang suka mendengar Anda mengeluh, setidaknya tidak ada orang yang tertarik pada Anda menjadi lebih sukses, jadi jangan lakukan itu. Itu tidak akan membuat Anda merasa lebih baik. Dan, jika fokus Anda pada segala sesuatu yang salah, itu hanya akan membuat masa-masa sulit lebih lama. Jadi berhentilah mengeluh, dan mulailah bersyukur atas masa-masa indah yang akan datang.

Allah berfirman; “Barangsiapa yang bersyukur,AKU akan tambah nikmatnya. Dan barangsiapa yang ingkar atas nikmatKU, maka siksaKU amatlah pedih.”

6. Jangan pernah menolak siapa Anda sebenarnya

Perbaikan diri adalah hal yang luar biasa, tetapi jangan membayangkan terlslu berlebihan bahwa Anda dapat ‘meningkatkan’ diri melebihi kapasitas dari siapa Anda sebenarnya. Pahamilah, bakat dan sifat alami Anda akan selalu bersinar ataukah justru menyabotase Anda.

Jika Anda secara alami tertutup, jangan mencari pekerjaan dalam pemasaran dsn penjualan! Pengembangan pribadi dapat membuat Anda menjadi penjual yang baik, tetapi kadang itu membuat Anda tidak akan bahagia, dan Anda akan menyabot kesuksesan Anda. Dan jika Anda suka menghabiskan banyak waktu di alam, jangan bayangkan Anda bisa bahagia duduk di depan komputer, di kantor sepanjang hari.

Merangkul siapa diri Anda itu harus, tetapi juga sadarilah bahwa Anda bisa menjadi sedikit lebih kreatif. Jangan fokus pada kelemahan Anda dan cobalah untuk mengembangkannya. Fokus pada kekuatan Anda, perbesar mereka dan temukan cara untuk membuatnya bekerja secara efektif untuk Anda.

“Keunikan kita, individualitas kita, dan pengalaman hidup kita, membentuk kita menjadi makhluk yang menarik. Saya harap kita bisa menerima itu.” – Linda Thompson

Apa sih kesuksesan itu? Sukses adalah sebuah perjalanan, dan hanya Anda yang benar-benar dapat menentukan, seperti apa perjalanan kesuksesan itu bagi Anda. Anda mungkin belum tahu. Anda mungkin perlu melakukan beberapa percobaan. Anda mungkin berada dalam kesulitan, bertanya-tanya, apakah Anda akan sanggup mencapai sesuatu yang tampak seperti kesuksesan, dan yakinlah Anda akan berhasil.

Selama Anda ingat siapa Anda dan apa yang penting bagi Anda, dan melakukan hal-hal yang Anda sukai, Anda sudah sukses. Dari titik itu, tentu saja, satu-satunya pertanyaan adalah: “Bagaimana ini bisa lebih baik lagi?”

Nah Sahabat. Sudahkah Anda mencoba mengubah pola pikir Anda dengan pola pikir sukses, untuk mengalami peningkatan dalam hidup Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (218 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *