1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (249 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 February, 2020 - 12:00 PM

Cara Membuat Ukuran Sukses Anda Sendiri

Coba perhatikan urutan peristiwa ini, yang tampaknya sangat mengukur seberapa sukses atau tidak berhasilnya seseorang. Dapatkan gelar sarjana, temukan pekerjaan bergaji tinggi, temui belahan jiwa Anda, beli rumah, menikah, dan punya anak. Jika terlewat satu atau lebih dari yang ada di urutan, Anda berisiko tidak terlihat sebagai contoh sempurna dari orang yang sukses. Apa sih sesungguhnya kesuksesan itu?

Kata populer ini sepertinya menunjukkan seseorang yang berada di puncak dunia – tetapi apa yang diwakili oleh sukses itu mungkin berbeda untuk masing-masing orang. Intinya adalah bahwa hanya Anda yang dapat menciptakan ukuran kesuksesan Anda sendiri, karena dengan mengikuti secara membabi buta berdasatkan cetakan urutan semacam tadi, Anda mungkin menemukan diri Anda kurang bahagia pada akhirnya.

Ada kisah orang yang telah membangun tiga bisnis sebelum lulus dari perguruan tinggi, dan yang hidupnya dipenuhi dengan kebahagiaan karena pencapaian ini. Tetapi ada orang lain yang jika dibandingkan dengan orang pertama tadi, dia terlihat menemukan sedikit kebahagiaan dalam pencapaian terkait karier. Dan itu sesungguhnya tidak masalah. Inti kebahagiaan terletak pada mencari tahu apa yang membuat Anda merasa baik, dan tetap berpegang teguh pada itu, tidak peduli dengan pandangan orang lain.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam upaya meraih kebahagiaan sesuai dengan standar Anda sendiri. Ada 5 Cara untuk membuat ukuran kesuksesan Anda sendiri:

1. Apa yang penting bagi Anda?

Langkah pertama menuju sukses adalah mencari tahu apa arti hidup bagi Anda. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda bahagia. Apakah Anda orang penting? Apakah Anda bersukacita hanya dengan gambar diri Anda dikelilingi oleh anak-anak Anda? Atau apakah Anda merasa bahwa satu-satunya cara Anda bisa bahagia adalah dengan berkarir di perusahaan sampai ke puncak? Tidak masalah ke mana Anda akan pergi – hanya terpenting adalah Anda bahagia saat melakukannya.

Juga sangat penting untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap orang berbeda. Hanya karena Anda mungkin siap untuk pindah ke tempat baru dan sahabat Anda tidak, bukan berarti dia kurang kompeten atau kurang tangguh dibandingjan Anda. Itu hanya berarti bahwa Anda dan dia adalah dua orang yang berbeda, dengan dua tujuan hidup yang sangat berbeda. Fokus saja pada tujuan Anda, dan di mana Anda ingin menjadi seseorang pada loma atau sepuluh tahun dari sekarang.

2. Pemenuhan batiniah harus menang atas hal-hal materi

Memiliki banyak uang, pakaian dari desainer kenamaan, dan rumah mewah mungkin terdengar seperti masalah gengsi, tetapi pemenuhan batiniahlah yang akan menghasilkan kebahagiaan sejati. Jadi jangan fokus pada mengumpulkan kekayaan materi, atau berpikir bahwa itu mengukur seberapa sukses Anda.

Sebaliknya, berusahalah menemukan panggilan sejati Anda dalam hidup atau hasrat Anda. Apakah itu membantu orang lain menjalani kehidupan, atau menyelamatkan spesies hewan dari kepunahan. Jangan membuat impian Anda terlalu besar, sehingga itu justru mengkhawatirkan Anda sendiri. Ingat nasihat ini, “Jika Anda dapat memimpikannya, Anda pasti dapat mencapainya.”

Mengutip motivasi dari Zig Ziglar; “Hidup adalah gema. Apa yang Anda kirim, pasti kembali. Apa yang Anda tabur, Anda menuai. Apa yang Anda berikan akan Anda dapatkan. Apa yang Anda lihat pada orang lain, ada di dalam diri Anda.”

3. Tetapkan tujuan dan komitmen diri Anda untuk perjalanan

Sudahkah Anda menemukan apa yang akan membuat Anda bahagia dalam hidup? Jika Anda ingin mencapainya, Anda akan merasa seperti orang paling sukses yang pernah ada di Bumi? Pencerahan yang mengungkap harapan dan impian Anda, tidak akan berarti banyak, kecuali Anda mencari cara untuk mengubah impian Anda menjadi kenyataan. Untuk melakukan itu, Anda memerlukan rencana – rencana yang akan mencakup semua langkah, yang memisahkan Anda dari versi kehidupan umumnya.

Ingatlah bahwa menetapkan sasaran adalah bagian yang mudah, dan sebenarnya bekerja untuk mencapainya itulah tantangan. Fokus pada setiap langkah dalam perjalanan sukses Anda dan jangan melewatkan langkah apa pun di dalam peta jalan sukses Anda. Semuanya akan menuntun Anda menuju versi kebahagiaan Anda, satu-satunya versi yang penting bagi Anda.

4. Selalu berikan lebih banyak, dibandingkan hari sebelumnya

Tidak setiap hari akan menjadi hari terbaik dalam hidup Anda. Akan ada saat-saat ketika yang terbaik, yang dapat Anda berikan adalah 20% dari kapasitas maksimum Anda, dan itu pun tidak apa-apa. Tetapi Anda tidak boleh menyerah pada diri sendiri – apalagi jika Anda merasa belum mencapai tujuan seperti yang direncanakan. Akan tiba saatnya, ketika Anda akan merasa lebih tenang dan antusias tentang perjalanan, dan saat itulah Anda harus memberikan semua yang Anda miliki.

Berkomitmenlah pada diri Anda untuk memberi sedikit lebih banyak, daripada yang rela Anda berikan kemarin, dan sedikit kurang dari yang akan Anda berikan besok. Itu akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan akhir kesuksesan Anda, dan perasaan kemajuan akan hampir nyata. Dan saat itulah Anda akan benar-benar mulai merasa seperti telah menetapkan ukuran kesuksesan yang tepat untuk diri Anda sendiri.

“Satu-satunya hal yang membuatku tetap ada dan bahagia adalah usahaku.” – Mr. Wuryanano

5. Bersiaplah untuk terjadinya kemunduran

Jalan menuju kesuksesan dan kebahagiaan jarang yang mulus. Jika ada satu hal yang pasti dapat Anda andalkan kemungkinan akan ada penghalang saat Anda menempuh jalan itu. Mungkin kelihatannya dunia bekerja melawan Anda di beberapa titik, tetapi inilah mengapa Anda perlu mengembangkan daya tahan dan tidak berkecil hati. Belajarlah dari hal-hal yang salah, dan fokuslah untuk memperbaiki kesalahan cara Anda.

Pada akhirnya, kesalahan tidak akan menjadi satu-satunya hal yang menghentikan Anda dari kebahagiaan total. Waspadai pengaruh dari orang lain. Ketika Anda mulai membuat ukuran kesuksesan dan kebahagiaan Anda sendiri, kemungkinan besar Anda akan memperhatikan bahwa orang lain juga memiliki gagasan sendiri tentang apa itu kesuksesan. Karena, tentu saja, setiap orang percaya bahwa pendekatan mereka adalah pendekatan yang tepat, Anda mungkin dihadapkan dengan beberapa reaksi balasan dan penilaian dari orang lain.

Tugas Anda bukanlah memperhatikan mereka dan menjadi bimbang dengan standar sukses Anda. Setelah Anda menemukan seseorang dengan ukuran kesuksesan yang sama sekali berbeda, jangan ulangi kesalahan mereka. Sebaliknya, berusahalah untuk membantu orang lain mencapai versi kesuksesan mereka. Ingat! itu akan membantu Anda memenuhi kepuasan batin Anda, yang bahkan lebih penting daripada kekayaan materi. Dengan membantu orang lain, Anda juga membantu diri Anda sendiri, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menjadikannya bagian dari ritual harian Anda.

Nah Sahabat. Apa arti kesuksesan bagi Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (249 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *