1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (265 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 28 March, 2020 - 6:00 AM

Taktik Bisnis untuk Bertahan Selama Wabah Corona

Kini menjadi jelas bahwa wabah corona tidak akan berlalu tanpa meninggalkan beberapa konsekuensi bisnis dan ekonomi dalam jangka panjang. Ketika wabah corona ini mengancam, penting untuk merencanakan masa depan bisnis Anda, dan bersiap sepenuhnya untuk apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ada 8 Langkah yang bermanfaat untuk menyiapkan bisnis Anda seiring wabah corona ini:

1. Buat daftar pelanggan baru dan pelanggan sebelumnya

Berjuang untuk mempertahankan operasi berjalan normal, ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk membangun jaringan baru calon pelanggan. Meluangkan waktu dan upaya untuk menghasilkan daftar pelanggan baru sekarang, akan memastikan bahwa Anda memiliki kumpulan calon pelanggan yang dapat diandalkan begitu segala sesuatu telah tenang.

Selain itu, prospek Anda harus meningkatkan kepercayaan pada Anda sebagai bisnis. Jika Anda mencari klien baru di saat sebagian besar pesaing Anda sedang mengalami krisis, Anda menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda berada di atas segalanya.

2. Sesuaikan layanan Anda dengan situasi saat ini

Di banyak bagian dunia, masyarakat umum yang disarankan untuk tinggal di rumah menimbulkan kesulitan serius bagi bisnis. Jika perusahaan Anda mengikuti model B2C dan mengandalkan interaksi tatap muka, di dalam toko dengan klien, ini menghadirkan ancaman serius, terutama dalam jangka panjang.

Jadi, buat kreatifitas dan bertukar pikiran dengan berbagai cara, agar Anda tetap dapat memberikan layanan atau pun produk Anda. Salah satu contoh yang jelas adalah bahwa restoran dan kafe hanya mengoperasikan pengiriman rumah atau menawarkan pengiriman gratis, diskon, penawaran berlangganan mingguan atau bulanan, dan insentif lainnya membantu untuk tetap terdepan dalam persaingan.

3. Pasarkan solusi Anda dengan mempertimbangkan coronavirus

Tanyakan pada diri Anda apakah produk atau layanan Anda dapat digunakan atau relevan di tengah krisis coronavirus, dan sesuaikan pemasaran Anda untuk mencerminkan hal ini, terutama jika Anda memperkenalkan layanan yang diubah selama wabah.

Pemasaran yang fleksibel juga penting saat ini, karena banyak orang akan bertanya-tanya apakah bisnis tertentu masih beroperasi. Pastikan target Anda tahu bahwa Anda terbuka dan masih kuat.

4. Pastikan layanan Anda masih relevan di tahap selanjutnya

Penting untuk mempertimbangkan tidak hanya bagaimana bertahan sebagai bisnis selama wabah, tetapi juga memiliki strategi untuk apa yang akan terjadi sesudahnya. Jangan berasumsi bahwa begitu ancaman terhadap kesehatan masyarakat telah berlalu, segalanya akan kembali seperti semula sebelum wabah.

Salah satu pertimbangan utama adalah bahwa dengan tetap berada di rumah mereka, kemungkinan akan menyebabkan banyak pelanggan beralih ke solusi online atau sebaliknya, dan jangan diasumsikan bahwa setelah wabah coronavirus, mereka akan kembali ke cara yang telah mereka gunakan sebelumnya.

Katakanlah Anda menawarkan layanan B2C atau B2B langsung ke pelanggan. Hingga saat ini, pelanggan mungkin telah memilih Anda, untuk persepsi keandalan dan keamanan karena pendekatan pribadi Anda. Sekarang, pada saat terkurung di rumah yang berkepanjangan, kemungkinan pelanggan akan beralih ke layanan jarak jauh.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk fleksibel dan menyesuaikan layanan Anda, sehingga mereka tidak hanya berguna selama wabah, tetapi tetap menjadi pilihan terbaik setelah semuanya tenang.

5. Identifikasi tantangan untuk bisnis Anda

Untuk menyusun strategi secara efektif dan mengimplementasikan semua poin di atas, tempat awal yang baik adalah daftar tantangan yang mungkin dihadapi bisnis Anda. Sangat penting untuk menyusun strategi dengan berbagai skenario dan mempertimbangkan setiap kemungkinan.

Pertimbangkan segala sesuatu mulai dari gangguan rantai pasokan, hingga kesulitan dalam komunikasi, menghasilkan pelanggan dan persaingan dengan bisnis lain di pasar Anda. Terlepas dari bagaimana Anda pikir selama wabah, bisnis akan berjalan dengan baik dan bagaimana itu dapat memengaruhi Anda, tetap rencanakan untuk setiap skenario yang mungkin, termasuk yang terburuk, yang dapat Anda bayangkan.

6. Rencanakan solusi dengan beberapa skenario

Setelah Anda memiliki daftar tantangan, sekarang saatnya untuk mengembangkan beberapa solusi untuk masing-masingnya. Tidak mungkin untuk secara akurat mensimulasikan apa yang sebenarnya akan terjadi, jadi lebih baik menempatkan pekerjaan dalam persiapan dan penyusunan strategi sekarang, daripada terjadi tanpa disadari dan tidak siap.

7. Gunakan solusi alternatif untuk mempertahankan operasi harian

Jika belum dilakukan, coronavirus kemungkinan akan mengganggu pengaturan perjalanan Anda, komunikasi, kepegawaian dan bahkan mungkin rantai pasokan. Sebab itu, lakukan bertukar pikiran alternatif kreatif dan cari solusi.

Misalnya, jika Anda akan menerima kunjungan ke kantor atau area produksi – misalnya, dari calon pelanggan – mereka mungkin tidak mau melakukan perjalanan karena keadaan saat ini. Tawarkan mereka alternatif, seperti pertemuan online. Atau jika tujuan utama kunjungan mereka adalah untuk melihat tempat Anda, kirimkan rekaman video tempat Anda, yang sudah direkam sebelumnya.

8. Menerapkan teknologi untuk menjaga komunikasi tetap mengalir

Dengan potensi ancaman wabah, staf Anda yang bekerja dari rumah di beberapa titik, penting untuk merencanakan ke depan, bagaimana memastikan komunikasi akan tetap seefisien mungkin. Panggilan telepon dan obrolan tidak akan cukup cepat, terutama dengan semua gangguan kehidupan di rumah.

Pertimbangkan untuk menggunakan platform online dalam perencanaan dan komunikasi Anda, Google Documents untuk dokumen kolaboratif yang dapat diedit dan dikomentari semua orang, atau perangkat lunak serupa untuk perencanaan bisnis yang membuat semua orang dapat melakukan brainstorming dan berbagi file .

Mulailah memperkenalkan ini sekarang, sehingga jika terjadi yang terburuk, dan semua orang bekerja dari rumah, mereka akan merasa nyaman dan mahir dengan metode komunikasi baru.

Tidak ada yang tahu bagaimana situasi ini akan segera berlalu. Segalanya mungkin kembali normal dalam beberapa minggu, atau kita mungkin menghadapi resesi dunia selama setahun. Untuk semua jenis bisnis, penting untuk tidak menyerah, memiliki strategi yang tegas dan tetap dapat beradaptasi secara fleksibel agar tetap sukses.

Semoga wabah corona ini menjadikan kita semuanya semakin kuat, menolak menyerah, dan menolak kalah. Tetap semangat dan optimis menatap masa depan dan meraih impian!

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (265 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *