1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (75 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 12 October, 2020 - 5:00 AM

Pandemi Telah Mengajari Saya Tentang Kehidupan

Tahun 2020 ini telah menjadi tahun yang dipenuhi dengan tantangan besar. Tidak ada yang meramalkan akan ada Pandemi COVID-19 di seluruh dunia, yang akan melumpuhkan negara secara ekonomi dan membunuh ratusan ribu orang.

I

Tidak ada yang akan membayangkan dampaknya terhadap bisnis dan industri di seluruh dunia. Perusahaan telah memberhentikan karyawan dan beberapa telah menutup bisnisnya. Keluarga telah mengalami kehilangan orang yang dicintai dan pergolakan keuangan. Istilah baru diperkenalkan, seperti, ‘berlindung di tempat’, ‘di rumah aja’, ‘meratakan kurva’ dan ‘jaga jarak sosial’ yang membuat orang terisolasi satu sama lain. Kita sekarang ini hidup di dunia yang berbeda.

Pandemi ini telah mengubah cara kita menjalani hidup. COVID-19 telah membawa segala sesuatu ke dalam perspektif yang benar dan telah menunjukkan kepada kita apa yang penting dalam hidup. Selama masa karantina dan jarak sosial, saya memiliki banyak waktu untuk merenungkan masa lalu, mengerjakan masa kini, dan merencanakan masa depan. Saya bertekad untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam menjalani kehidupan yang lebih baik sekarang dan setelah pandemi.

Untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam menjalani kehidupan yang lebih baik di masa pandemi dan setelahnya, 5 Hal Penting ini akan menyadarkan kita:

1. Hidup ini singkat

Tidak ada yang akan hidup selamanya. Saya tidak ingin terdengar tidak sehat, tetapi itulah kebenarannya. Entah kenapa banyak orang bertindak seolah-olah akan hidup selamanya. Mereka menghabiskan waktu dan energi yang berharga untuk hal-hal yang tidak penting. Mereka mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Mereka hidup dalam ketakutan akan kesalahan sehingga mereka justru tidak pernah mengambil tindakan.

Satu hal yang ditekankan oleh pandemi adalah bahwa kehidupan bisa rapuh dan tidak dapat diprediksi. Hidup ini terlalu singkat untuk hidup sembarangan. Jangan buang waktu menunggu hari yang sulit dipahami, ketika Anda memiliki cukup uang, sistem pendukung yang tepat, ekonomi membaik atau waktu yang tepat untuk mewujudkan impian Anda.

Kenyataannya adalah banyak orang akan pergi ke kuburan mereka, tanpa mengalami semua keindahan yang ditawarkan kehidupan. Hal terburuk yang dapat terjadi pada seseorang adalah mati dengan mimpi yang masih ada dalam dirinya.

Tidak ada waktu yang lebih baik daripada sekarang, untuk mulai bergerak menuju kehidupan terbaik Anda. Berhentilah menunggu besok, karena tidak ada jaminan. Berhentilah menunggu seseorang memberi Anda izin, karena mereka mungkin tidak akan pernah muncul. Berhentilah menunggu momen yang tepat, karena mungkin tidak akan pernah datang. Pegang hidup Anda sendiri. Hiduplah tanpa penyesalan. Hiduplah tanpa persetujuan orang lain. Hiduplah tanpa rasa takut. Anda layak mendapatkan indahnya kehidupan.

2. Jangan takut gagal

Jangan biarkan rasa takut gagal menghalangi Anda mengejar impian Anda. Jangan biarkan rasa takut gagal menahan tujuan Anda. Bahkan pemimpin terbaik di dunia pun pernah gagal. Kegagalan adalah bagian dari hidup. Ketika kegagalan terjadi, identifikasi akar penyebabnya, tangani dan lanjutkan perjalanan.

Salah satu penemu terhebat dunia, Thomas Alfa Edison memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Dia berkata, “Saya tidak pernah gagal 700 kali. Saya tidak pernah gagal. Saya berhasil membuktikan bahwa 700 cara tersebut tidak akan berhasil. Ketika saya telah menghilangkan cara yang tidak akan berhasil, saya akan menemukan cara yang akan berhasil.”

Kegagalan dapat membantu kita menyadari hal-hal tentang diri kita, yang tidak pernah kita ketahui. Kegagalan dapat menunjukkan kepada kita seberapa kuat diri kita dalam menghadapi kesulitan. Ini dapat membantu membuka visi kita untuk melihat peluang lain yang lebih baik. Sukses tidak akan kita raih tanpa melewati kegagalan.

Kegagalan itu memang menyakitkan, tetapi itu terjadi. Ketika kita belajar bahwa kegagalan bukanlah identitas kita tetapi hanya peristiwa yang terjadi, maka kita dapat merangkul kegagalan tersebut, dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk kesuksesan saat ini dan masa depan.

3. Ambil tindakan hari ini

Fokus pada apa yang dapat Anda lakukan hari ini. Jangan khawatir tentang apa yang seharusnya Anda lakukan kemarin, atau apa yang perlu Anda lakukan besok. Ambil tindakan hari ini. Jika Anda terlalu lama fokus pada apa yang terjadi di masa lalu, atau apa yang perlu Anda lakukan di masa depan, Anda akan mengalami kegalauan, dan merindukan indahnya kehidupan hari ini.

Jika Anda ingin maju dengan ide bisnis atau memulai karier baru, maka hari ini adalah waktu yang tepat untuk bertindak. Kondisinya mungkin tidak ideal untuk maju, tetapi jangan menunggu kondisi optimal, karena jika melakukannya, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk bersinar terang.

Sukses tidak pernah muncul saat Anda hanya duduk sambil memikirkan, berbicara, atau memberi tahu orang lain tentang hal itu. Sukses datang saat Anda mengambil tindakan. Dan ingat, jika Anda menunggu sampai Anda merasa 100% siap untuk memulai perjalanan sukses Anda, maka kemungkinan besar Anda akan menunggu sisa hidup Anda.

Nasihat bijak ini perlu kita aplikasikan dalam kehidupan, “Impian tidak akan berhasil mewujudkan dirinya, kecuali Anda mengambil tindakan. Cara paling pasti untuk mewujudkan impian Anda adalah dengan menjalaninya.”

4. Tinggalkan orang negatif

Beberapa orang membutuhkan pemandangan tentang hidup Anda. Mereka mengeluh dan menyesal tentang segala hal, dan tidak bisa menghargai apa pun. Mereka ini akan menguras energi Anda, dan menghabiskan antusiasme Anda, jika Anda membiarkan mereka berada di dekat Anda. Tinggalkan orang-orang negatif ini.

Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan dengan orang-orang yang terus-menerus hidup dalam keadaan negatif. Setiap kali Anda bertemu dengan mereka, mereka tidak punya hal positif untuk dikatakan. Setiap kata yang keluar dari mulut mereka adalah malapetaka dan kesuraman.

Sulit untuk berpikir ke depan saat Anda dikelilingi oleh hal-hal negatif. Carilah orang-orang positif yang dapat menyemangati dan membantu Anda tetap seimbang. Putuskan hari ini bahwa Anda tidak akan membiarkan orang negatif menentukan bagaimana Anda berpikir, merasa, dan bertindak.

5. Terima perubahan

Perubahan adalah cara hidup. Bisa tidak terduga dan tiba-tiba; atau bisa disambut dan direncanakan. Hidup adalah rangkaian perubahan yang tidak pernah berakhir. Kita harus belajar merangkul dan beradaptasi dengan pasang surut yang datang dengan perubahan.

Merangkul perubahan tidak terjadi dalam semalam. Kuncinya adalah belajar bahwa perubahan adalah proses, bukan peristiwa. Banyak orang takut akan perubahan, yang pada akhirnya membatasi kemajuan mereka, dan mereka kehilangan prosesnya. Tidak ada situasi, dan tidak ada orang yang tetap sama. Kita semua berubah, semakin tua, orang-orang menjauh, mesin rusak, perusahaan berhemat, dan bisnis tutup. Perubahan selalu ada untuk siapa pun.

Perubahan berarti belajar, bergerak, tumbuh, dan mungkin mencapai sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Perubahan pasti datang, dengan persetujuan Anda atau tidak. Itu adalah bagian dari hidup yang harus dihadapi setiap orang. Jadi, Anda sebaiknya menerima perubahan, dan melihat ke mana hal itu membawa Anda.

Jack Canfield mengatakannya dengan sangat baik, “Perubahan tidak bisa dihindari dalam hidup. Anda dapat menolaknya dan berpotensi terlindas olehnya, atau Anda dapat memilih untuk bekerja sama dengannya, beradaptasi dengannya, dan belajar bagaimana mengambil manfaat darinya. Saat Anda menerima perubahan, Anda akan mulai melihatnya sebagai peluang untuk bertumbuh.”

Nah Sahabat. Bagaimana Anda menyikapi dampak Pandemi COVID-19 ini, dan menyerap pelajaran kehidupan darinya?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (75 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *