1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (123 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: February 22, 2021 - 5:00 AM

4 Cara BUGAR secara Mental dan Emosional

Selama bertahun-tahun, kesehatan mental diabaikan. Di seluruh dunia, banyak orang yang diam-diam bergumul dengan kondisi seperti depresi, kecemasan, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri. Dalam banyak kasus merasa benar-benar sendirian dan tidak tahu ke mana harus berpaling.

Untungnya, banyak kemajuan telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir pada perawatan kesehatan mental, sehingga lebih banyak cara untuk menghadapi emosi, sensasi, dan tantangan yang sulit.

Bagaimana kita dapat melindungi diri dari masalah kesehatan mental? Memang tidak ada cara untuk menghilangkan risiko sepenuhnya, tetapi satu hal yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan Kebugaran Mental dan Emosional Anda.

Berikut ini 4 Cara sederhana untuk mewujudkannya.

1. Meditasi

Salah satu metode terbaik untuk meningkatkan kebugaran mental dan kejernihan emosional adalah meditasi. Ini adalah praktik yang telah digunakan selama ribuan tahun di berbagai budaya dan bagian dunia untuk membantu orang rileks, menjernihkan pikiran, menghilangkan stres, dan menjadi lebih sadar. Itu bisa sangat membantu mereka yang ingin meningkatkan kebugaran mental mereka di dunia modern ini.

Berbagai penelitian telah melihat manfaat meditasi, menemukan bahwa bermeditasi secara teratur cenderung lebih fokus, positif, dan mampu beradaptasi dengan perubahan dan situasi baru dalam hidup. Singkatnya, ini dapat membantu membuat Anda lebih siap menghadapi tantangan yang ada di depan. Salah satu metode paling efektif adalah meditasi kesadaran, yang berfokus pada perasaan Anda dan berhubungan dengan dunia di sekitar Anda.

“Meditasi adalah cara penting untuk memurnikan dan menenangkan pikiran, sehingga meremajakan tubuh.” – Deepak Chopra

2. Latihan Menenangkan

Bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih aktif daripada meditasi, dan tetap ingin fokus pada kesehatan mental, serta kekuatan fisik dan stamina, maka Latihan Menenangkan mungkin merupakan kompromi yang ideal. Jenis latihan ini dapat mencakup yoga dan peregangan, membantu menyeimbangkan tubuh dan pikiran, mengencangkan otot sekaligus menyelaraskan kondisi mental, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, sekaligus mengurangi stres dan meningkatkan rasa tenang.

Latihan ini bisa menjadi cara bagus untuk memulai dan mengakhiri hari. Hal pertama di pagi hari, mereka dapat membantu memfokuskan pikiran dan mempersiapkan Anda untuk hari yang akan datang, dan di malam hari, sempurna untuk melepaskan stres atau kekhawatiran apa pun pada hari yang telah berlalu, mempersiapkan Anda untuk kedamaian dan tidur nyenyak.

3. Tidur Konsisten dan Berkualitas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jadwal tidur yang sehat sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran secara umum, tetapi hanya sedikit orang yang menyadari betapa pentingnya tidur bagi kesehatan mental seseorang. Berbagai penelitian mengaitkan kurang tidur atau gangguan tidur dengan kondisi kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan stres. Sementara itu, mereka yang mendapatkan tidur delapan jam, cenderung lebih fokus, terkonsentrasi, serta suasana hati dan pola pikir yang positif.

Namun, mendapatkan kualitas tidur yang baik secara konsisten sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan banyak orang bisa kesulitan untuk tertidur setiap malam. Untuk mengatasinya, cobalah membuat beberapa perubahan. Mengurangi waktu nonton teve atau gadget sebelum tidur, dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang. Yoga dan meditasi juga dapat membantu lebih mudah beristirahat.

“Tidur lebih awal dan bangun lebih awal membuat orang sehat, kaya, dan bijaksana.” – Benjamin Franklin

4. Restrukturisasi Kognitif

Restrukturisasi Kognitif juga merupakan kunci kebugaran mental, tapi apa sebenarnya itu? Istilah itu sendiri mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya cukup sederhana, dan dapat berperan besar dalam membantu Anda menjadi orang yang berpengetahuan luas.

Restrukturisasi Kognitif adalah tentang mengubah cara Anda memandang dunia, diri Anda sendiri, dan berbagai situasi dalam hidup, baik di rumah maupun di tempat kerja. Ini tentang menjadi lebih berpikiran terbuka dengan mempertimbangkan pandangan berbeda, dan melihat situasi dari perspektif yang berbeda.

Misalnya, Anda memiliki presentasi besar yang akan datang, dan Anda sedang berjuang melawan stres tentang bagaimana hal itu bisa salah. Restrukturisasi Kognitif, dapat membantu Anda melihat situasi dari sudut pandang lain, menemukan masalah persis yang Anda khawatirkan, dan menanganinya secara bertahap untuk bergerak menuju keadaan yang lebih positif.

Secara keseluruhan, jelas terlihat bahwa kebugaran mental dan emosional adalah inti dari dunia saat ini. Dengan laporan survey, yang menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang memiliki beberapa jenis gangguan kesehatan mental, dan banyak individu yang berjuang dengan stres dan kekhawatiran sehari-hari, maka menjaga pikiran Anda sangatlah penting.

Nah Sahabat. Dengan cara-cara tersebut, Anda dapat mulai mempertajam tingkat kebugaran mental dan menghadapi kehidupan dengan lebih positif dan efektif.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (123 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *