1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (90 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: February 27, 2021 - 5:30 AM

4 Cara Mengelola UANG Lebih Efektif

Uang adalah alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Ini dapat memberikan kenyamanan dan stabilitas bagi keluarga Anda, mempermudah perencanaan masa depan, dan memungkinkan Anda menabung untuk menuju tonggak penting di kehidupan Anda. Tetapi untuk mencapai hal-hal itu, Anda perlu tahu bagaimana membuat uang Anda bekerja untuk Anda.

Membuat Uang Bekerja Untuk Anda

Membuat uang Anda bekerja untuk Anda, berarti mengambil kendali atas keuangan Anda, kemudian menggunakan kendali itu untuk terus meningkatkan stabilitas dan keamanan finansial Anda.

Pada akhirnya Anda mungkin bisa memperoleh kemandirian finansial atau membangun kekayaan melalui investasi. Tetapi tidak satu pun dari hal-hal itu dapat terjadi, tanpa terlebih dahulu memahami ke mana perginya uang Anda, dan mempelajari cara yang lebih baik untuk menggunakannya.

Berikut ini 4 Cara untuk mengelola dan menggunakan uang Anda secara lebih efektif:

1. Belajar Anggaran

Anggaran adalah alat penting untuk mengubah cara Anda menangani uang.

Saat Anda membuat anggaran, Anda memahami dari mana uang Anda berasal dan ke mana Anda membelanjakannya. Anda membuat uang Anda melakukan apa yang Anda inginkan, daripada menghabiskan uang tanpa rencana.

PENTING: Tujuan penganggaran adalah untuk selalu membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda peroleh.

Saat Anda membuat anggaran, Anda menetapkan setiap uang yang Anda peroleh ke kategori pengeluaran. Anda dapat menggunakan anggaran untuk:

– Kurangi pengeluaran Anda

– Pahami ke mana perginya uang Anda

– Identifikasi kebiasaan keuangan yang buruk

– Lunasi hutang

– Hindari membuat hutang baru

– Prioritaskan pengeluaran untuk hal-hal yang penting bagi Anda

– Menabung untuk masa depan

Penganggaran (budgeting) bukanlah tindakan satu kali. Ini harus menjadi sesuatu yang Anda lakukan secara aktif setiap hari. Anda mungkin perlu menyesuaikan anggaran dari bulan ke bulan, untuk memperhitungkan pengeluaran besar atau kebiasaan pengeluaran Anda sendiri.

Ketika Anda tahu berapa penghasilan yang Anda miliki, Anda dapat memutuskan di mana akan menaruhnya. Ketika Anda secara sadar dan sengaja tentang di mana Anda membelanjakannya, Anda mengendalikan uang Anda. Ini adalah langkah pertama untuk membuatnya bekerja sesuai keinginan Anda, alih-alih merasa dikendalikan oleh keuangan Anda.

2. Keluar dari Hutang

Ketika Anda berhutang, Anda membayar lebih dari biaya pembelian awal. Anda juga harus melakukan pembayaran bunga, yang secara substansial dapat memotong pendapatan Anda.

Hutang berarti uang Anda tidak bekerja untuk Anda, itu akan digunakan untuk membayar bunga hutang. Itu menciptakan beban keuangan dan membatasi pilihan yang dapat Anda buat.

Sebaliknya, melunasi hutang memungkinkan Anda mengambil uang itu dan mengarahkannya ke hal-hal yang penting bagi Anda. Anda bisa meletakkannya untuk tujuan finansial lain, seperti menabung untuk pendidikan, membuat dana pensiun, traveling, atau memperbaiki situasi kehidupan Anda. Anda bisa memulai bisnis. Anda dapat mulai menginvestasikannya, memungkinkan Anda untuk menumbuhkan kekayaan Anda, dan menciptakan lebih banyak stabilitas dan kemandirian finansial.

Jika Anda memiliki banyak hutang dan merasa terbebani, Anda dapat menggunakan metode bola salju untuk mengontrol proses pembayaran hutang.

– Bayar hanya pembayaran minimum untuk semua hutang Anda, kecuali yang terkecil.

– Gunakan uang ekstra apa pun yang Anda miliki untuk melunasi hutang terkecil.

– Setelah hutang kecil lunas, pindah ke yang terkecil berikutnya.

Saat Anda melunasi hutang Anda yang lebih kecil, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk melunasi hutang Anda yang lebih besar. Momentum ini membantu Anda memfokuskan upaya Anda, dan keluar dari hutang dengan lebih cepat

3. Buat Dana Darurat

Kejutan, bisa menjadi menakutkan ketika Anda tidak memiliki kendali atas keuangan Anda. Perbaikan mobil yang tidak terduga, prosedur medis, kehilangan pekerjaan, atau keadaan darurat keuangan lainnya, dapat dengan cepat membuat Anda terjerumus ke dalam hutang baru atau lebih banyak, dan menghapus kemajuan apa pun yang Anda buat untuk mengambil kendali atas uang Anda.

Membuat dana darurat adalah cara lain untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda, karena itu berarti Anda telah merencanakan kejutan tak terduga. Jika keadaan darurat benar-benar muncul, Anda dapat menempatkan uang dalam dana darurat Anda untuk bekerja dan mendapatkan kembali kendali atas situasi tersebut.

Membangun dana darurat membutuhkan waktu. Idealnya, Anda harus menabung setara dengan pendapatan tiga sampai enam bulan. Dan setiap sedikit uang yang Anda sisihkan akan membantu. Jika Anda masih melunasi hutang atau tidak memiliki banyak ruang gerak dalam anggaran Anda, sisihkan apa pun yang Anda bisa, di kategori “pengeluaran kejutan” dalam anggaran Anda. Di akhir bulan, transfer apa pun yang termasuk dalam kategori ini ke rekening tabungan terpisah.

TIP: Masukkan dana darurat Anda ke dalam rekening tabungan dengan hasil tinggi, yang akan menghasilkan lebih banyak bunga daripada rekening tabungan atau giro biasa. Ini berarti uang yang Anda simpan akan menghasilkan uang saat disimpan di rekening bank Anda. Jika bank Anda tidak menawarkan rekening dengan hasil tinggi atau Anda tinggal di daerah pedesaan tanpa bank, cari opsi perbankan online untuk membuka rekening.

Setelah Anda keluar dari hutang atau memiliki lebih banyak uang bebas dalam anggaran, Anda dapat menyiapkan kontribusi yang lebih besar untuk menumbuhkan dana darurat Anda lebih cepat.

4. Simpan dan Investasikan Uang Anda

Setelah Anda membebaskan semua uang ekstra dari melunasi hutang, Anda dapat menggunakan uang Anda melalui tabungan dan investasi. Cara Anda menabung akan bergantung pada usia, gaya hidup, dan tujuan Anda.

Selain dana darurat, Anda juga membutuhkan rekening dana pensiun. Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda membutuhkan:

– Tabungan pendidikan, untuk diri sendiri atau anak Anda

– Penghematan perjalanan

– Dana uang muka rumah

– Menabung untuk memulai bisnis

– Dana mobil, untuk perbaikan atau kendaraan baru

– Dana ekstrakurikuler untuk tanggungan

– Tabungan perawatan jangka panjang, untuk diri sendiri atau tanggungan

Dengan membuat dana tabungan khusus, Anda dapat melacak kemajuan Anda menuju tujuan tertentu. Anda juga dapat menyimpan tabungan tersebut di rekening berbunga tinggi, rekening pasar uang atau sertifikat deposito, untuk mendapatkan bunga atas uang Anda.

PENTING: Ingat, ketika Anda membayar bunga, Anda kehilangan uang. Tetapi ketika Anda mendapatkan bunga, uang Anda menghasilkan lebih banyak uang dengan sendirinya.

Jika Anda tidak membutuhkan uang tabungan selama beberapa tahun atau dekade, salah satu cara terbaik untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda adalah dengan berinvestasi.

Ketika Anda memasukkan uang Anda ke dalam investasi, uang itu tumbuh dengan sendirinya melalui bunga atau peningkatan nilai dari barang yang Anda investasikan. Beberapa investasi juga memberikan dividen, yang dapat Anda ambil sebagai pendapatan tambahan atau diinvestasikan kembali untuk membantu portofolio Anda tumbuh.

PERINGATAN: Berinvestasi adalah strategi jangka panjang untuk membangun kekayaan. Investor paling sukses berinvestasi lebih awal, kemudian membiarkan uang mereka tumbuh selama bertahun-tahun atau dekade, sebelum menggunakannya sebagai pendapatan. Investasi jual beli secara terus-menerus, cenderung menghasilkan lebih sedikit uang daripada strategi beli dan tahan dalam jangka panjang.

Saat Anda mulai berinvestasi, penting untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Memiliki semua uang Anda hanya dalam satu jenis investasi, akan meningkatkan risiko Anda. Jika investasi tunggal itu gagal, semua uang Anda bisa hilang. Oleh karenanya, sebarkan risiko itu dengan berinvestasi dalam campuran:

– Saham

– Dana yang diperdagangkan di bursa

– Obligasi pemerintah

– Reksa dana

– Properti (perumahan atau lahan)

– Bisnis (milik Anda atau pun orang lain)

TIP: Banyak reksa dana atau perusahaan pialang memiliki jumlah minimum untuk investor pertama kali. Anda mungkin perlu menabung jumlah minimum itu sebelum mulai berinvestasi. Sementara itu, Anda dapat memulai dari yang kecil dengan menginvestasikan melalui aplikasi on line, yang memungkinkan Anda membeli saham pecahan dengan investasi jumlah kecil uang pada satu waktu.

Tidak peduli bagaimana Anda menabung atau berinvestasi, buatlah serangkaian tujuan tertentu. Ketahui apa yang Anda upayakan, seperti membayar pendidikan anak Anda, membeli rumah, atau pensiun dini. Ini akan membantu memfokuskan pengeluaran Anda dan memberi Anda motivasi, serta membantu Anda memutuskan jenis investasi apa yang terbaik untuk Anda.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda mengelola keuangan Anda untuk kehidupan lebih baik?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (90 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *