1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (83 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: March 1, 2021 - 6:00 AM

13 Tips SUKSES Mengubah Hidup

Apa arti kesuksesan bagi Anda? Bagaimana menjadi sukses dalam hidup?

Bagi beberapa orang, ketika memikirkan kesuksesan, mereka membayangkan kekayaan; yang lain menginginkan kekuasaan; beberapa hanya ingin membuat dampak positif pada dunia.

Memang, KESUKSESAN adalah sebuah konsep yang memiliki arti berbeda bagi orang berbeda. Meskipun kesuksesan apa pun bagi Anda, hampir pasti itu bukanlah sesuatu yang akan datang dengan mudah.

Ada panduan tak terhitung jumlahnya. Bagaimana pun juga, kesuksesan itu pribadi dan unik untuk setiap individu. Panduan nasihatnya seringkali tidak relevan. Oleh karena itu, mengikuti nasihat seorang individu seringkali tidak membantu.

Dengan pemikiran ini, mempertimbangkan nasihat dari banyak orang, yang ide-ide suksesnya berbeda satu sama lain, sangat mungkin bisa menjadi alternatif yang baik.

Berikut ini adalah 13 Nasihat Terbaik dari beberapa orang paling sukses. Jika Anda ingin belajar bagaimana menjadi sukses, TIPS berikut ini penting:

1. Berpikir Besar

Dari Michelangelo Buonarroti, Artis Renaisans Hebat:

“Bahaya yang lebih besar bagi kebanyakan dari kita, tidak terletak pada menetapkan tujuan terlalu tinggi dan gagal; tetapi menetapkan tujuan terlalu rendah, sehingga mudah mencapai tujuan.”

Ada beberapa artis yang berpengaruh seperti Michaelangelo. Hari ini berabad-abad setelah kematiannya, karyanya masih menginspirasi. Karyanya terkenal di dunia, bayangkan saja patung Daud, atau Mural di Kapel Sistina di Vatikan.

Menjadi artis yang sukses selalu sangat sulit, bayangkan jika dia memutuskan untuk melepaskan ambisinya demi sesuatu yang lebih mudah? Bayangkan, jika dia memutuskan untuk tidak bekerja sebagai seniman.

Seringkali, orang memutuskan untuk mengesampingkan mimpi mereka, untuk sesuatu yang lebih “realistis”. Dan melepaskan impian mereka untuk sesuatu yang lebih mudah. Sebaliknya, bersikaplah penuh ambisi untuk meraih impian besar.

2. Temukan Apa yang Anda Suka Lakukan dan Lakukan

Dari Oprah Winfrey, Media Mogul:

“Anda tahu, bahwa Anda sedang menuju kesuksesan, jika Anda mau melakukan pekerjaan Anda dan tidak dibayar untuk itu.”

Itu adalah kutipan yang bagus untuk diingat dan dipikirkan saat Anda sedang bekerja.

Bayangkan sesukses mungkin dalam pekerjaan Anda saat ini. Pada akhirnya Anda mungkin akan mendapati diri Anda bekerja sangat keras, dan ini akan menyita banyak waktu Anda. Apa artinya ini?

Jika itu adalah pekerjaan yang Anda benci, sukses dalam pekerjaan itu mungkin hanya berarti mengisi hidup Anda dengan sesuatu yang Anda benci untuk dilakukan.

Sebaliknya, mengapa tidak fokus melakukan sesuatu yang Anda sukai? Ketika Anda telah menemukan apa yang Anda sukai, Anda mendapatkan motivasi untuk terus bergerak. Sukses dalam hal ini berarti pemenuhan impian Anda.

Meskipun Anda tidak berhasil, Anda tetap mengisi waktu Anda dengan sesuatu yang Anda sukai. Banyak musisi sukses menghabiskan bertahun-tahun hidup mereka melakukan pertunjukan tanpa bayaran, satu-satunya alasan mereka terus bermain adalah karena mereka suka tampil.

3. Pelajari Bagaimana Menyeimbangkan Hidup

Dari Phil Knight, CEO Nike Inc. :

“Ada konflik yang tidak dapat diubah di tempat kerja, dalam hidup, dan dalam bisnis, pertempuran terus-menerus antara perdamaian dan kekacauan. Tidak ada yang bisa dikuasai, tapi keduanya bisa dipengaruhi. Bagaimana Anda melakukannya adalah kunci sukses.”

Terlalu sering, orang berpikir bahwa untuk menjadi sukses, mereka perlu menjadikan tujuan kesuksesan di dalam hidup mereka.

Jika seseorang berpikir bahwa pekerjaan mereka akan membawa mereka menuju kesuksesan, maka mereka mungkin menghabiskan waktu berjam-jam per hari, dan sampai malam bekerja keras.

Namun ini harus dibayar dengan istirahat, kesehatan dan punya kehidupan yang menyenangkan. Pada akhirnya, mereka mungkin kelelahan dan tidak lagi sukses dalam pekerjaan mereka.

Jika kesuksesan datang dari kehidupan sosial yang kuat, dan sekelompok teman yang baik, pekerjaan mereka mungkin terganggu; yang berarti bahwa mereka mungkin kehilangan pekerjaan, dan kemudian tidak mampu membayar teman-teman.

Dengan cara ini, kesuksesan, seperti yang dikatakan Phil Knight di atas, harus dibantu oleh KESEIMBANGAN. Anggap saja sebagai keseimbangan antara istirahat dan bekerja, atau bekerja dan bermain.

4. Jangan Takut Gagal

Dari Henry Ford, Pendiri Ford Motors:

“Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi, kali ini dengan lebih cerdas.”

Ada sebuah cerita, belum dipastikan apakah itu benar-benar terjadi, namun pesan di dalamnya tetap benar:

Thomas Edison menemukan bola lampu adalah hasil dari beberapa ratus kali percobaan yang gagal. Dalam sebuah wawancara, dia ditanya “Bagaimana perasaan Anda setelah semua usaha Anda yang gagal?”

Tanggapannya luar biasa, “Saya tidak gagal, saya belajar ratusan cara salah untuk tidak menemukan bola lampu.”

Dia melihat setiap “kegagalan” sebagai pelajaran. Dari pelajaran itu dia mempelajari apa yang tidak akan berhasil, dan yang mungkin berhasil.

Setiap usaha yang gagal, setiap penolakan, adalah langkah kunci dalam perjalanannya menuju kesuksesan. Sangat mudah untuk merasa seperti harus menyerah setelah mengalami kegagalan. Tapi mungkin kegagalan itu adalah pelajaran.

Perhatikan kegagalan Anda, pelajari. Mungkin kemudian Anda akan belajar bagaimana untuk sukses.

5. Miliki Resolusi Tak Tergoyahkan untuk Sukses

Dari Kolonel Sanders, Pendiri KFC:

“Saya membuat keputusan saat itu bahwa saya akan menjadi sesuatu jika saya bisa. Dan tidak ada jam, atau jumlah tenaga kerja, atau jumlah uang yang akan menghalangi saya untuk memberikan yang terbaik yang ada dalam diri saya. Dan saya telah melakukannya sejak itu, dan saya menang karenanya. Saya tahu.”

Ini, dalam banyak hal berkaitan dengan kutipan di atas adalah tentang belajar dari kegagalan Anda.

Menyerah karena kegagalan adalah hal termudah di dunia. Satu-satunya cara untuk maju adalah jika Anda benar-benar memiliki keinginan membara untuk sukses, untuk terus bergerak dan tidak melenceng dari tujuan Anda.

Jika Anda tidak benar-benar berdedikasi pada kesuksesan, maka setiap kegagalan akan lebih menyakitkan, setiap kemunduran akan memperlambat Anda.

Sukses itu sulit. Tanpa keinginan kuat untuk sukses, kesulitan ini mungkin tampak tidak dapat diatasi. Dengan keinginan, kesulitan itu hanyalah hambatan untuk dilalui.

6. Jadilah Orang yang Bertindak

Dari Leonardo da Vinci, Renaissance Genius:

“Sudah lama menjadi perhatian saya bahwa orang-orang yang berprestasi jarang duduk diam dan membiarkan sesuatu terjadi pada mereka. Mereka ke luar dan terjadi banyak hal.”

Meskipun dikatakan ratusan tahun yang lalu, hal itu tetap bekerja, sama seperti sebelumnya. Ini berlaku untuk setiap orang yang sukses.

Coba pikirkan, bayangkan seseorang seperti William Shakespeare:

Ketika kita memikirkan waktu dia tinggal, kita memikirkan waktu dengan cara yang dibentuk olehnya. Ketika kita memikirkan era Renaissance Italia, kita memikirkan Michelangelo dan Leonardo Da Vinci. Atau pikirkan tentang zaman ini, Bill Gates atau Steve Jobs. Cara hidup kita saat ini akan sangat berbeda jika mereka tidak mencapai apa yang mereka lakukan.

Anda mungkin membaca artikel ini di sebuah perangkat dibuat oleh perusahaan yang mereka dirikan atau perusahaan yang terpengaruh olehnya.

Semua tokoh ini proaktif, mereka melihat cara untuk melakukan sesuatu secara berbeda dan terus melakukannya. Jika mereka membiarkan dunia membentuk mereka, maka mereka hanya akan masuk ke dalam latar belakang. Sebaliknya, mereka membentuk dunia.

Menerapkan ini untuk Anda?

Jangan takut ke luar dari norma. Jika Anda dapat memikirkan cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu, lakukan dengan cara itu. Jika Anda gagal, coba lagi.

7. Kembangkan Hubungan yang Positif

Dari Theodore Roosevelt, Presiden Amerika ke-26:

“Unsur tunggal terpenting dalam formula kesuksesan adalah mengetahui cara bergaul dengan orang lain.”

Pemimpin terbaik dan beberapa orang paling berpengaruh, dan Theodore Roosevelt adalah salah satu pemimpin terbaik dan salah satu orang paling berpengaruh, bukanlah mereka yang menyebabkan keributan, yang bertengkar dengan orang, atau orang yang diabaikan. Tetapi mereka adalah orang-orang yang bersahabat dengan orang-orang di sekitar mereka. Mereka pandai memilih teman terbaik.

Orang-orang menyukai mereka. Orang-orang ingin mereka melakukannya dengan baik. Ini adalah kunci kepemimpinan yang baik.

Itu logis. Jika seseorang menyukai Anda, mereka ingin membantu Anda; jika Anda memberi mereka saran, mereka akan dengan senang hati menindaklanjutinya.

Tetapi jika seseorang tidak menyukai Anda, mereka mungkin akan menolak membantu, atau secara aktif menghalangi Anda.

Terlebih lagi, memupuk hubungan yang baik adalah ide yang bagus. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan terbukti menjadi seseorang yang akan dapat membantu Anda secara besar-besaran, atau bahkan menjadi teman yang baik dan suportif.

Dengan demikian, bantulah orang dan mereka dapat membantu Anda. Dan bersikap baik kepada orang lain, mereka pun baik kepada Anda. Namun jika mereka tetap tidak baik kepada Anda, maka Anda harus mengabaikannya secara bijak. Itulah pentingnya memilih teman.

8. Jangan Takut Memperkenalkan Ide Baru

Dari Mark Twain, Penulis Terkenal:

“Seseorang dengan ide baru adalah orang yang tidak bertanggung jawab sampai ide tersebut berhasil.”

Sungguh disayangkan bahwa mereka yang memiliki ide paling berani, sering kali diabaikan.

Kebanyakan dari kita diajari sejak usia dini, untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang serupa dengan orang lain. Ini bagus untuk mengisi peran yang sudah ada. Tetapi untuk benar-benar melakukan sesuatu secara berbeda, dan semua orang sukses melakukan sesuatu secara berbeda, maka Anda perlu berpikir secara berbeda.

Jika Anda memiliki ide baru, jangan membuangnya karena itu baru dan berbeda; sebaliknya, rayakanlah itu. Ide baru Anda yang aneh, mungkin suatu hari nanti menjadi salah satu yang membawa Anda menuju kesuksesan.

9. Percaya pada Kapasitas Anda untuk Sukses

Dari Walter Disney, Pendiri Perusahaan Walt Disney:

“Jika Anda bisa memimpikannya, Anda bisa melakukannya.”

SUKSES, harus menjadi sesuatu yang dapat Anda bayangkan akan Anda capai. Teruslah bermimpi!

Mungkin saja Anda akan menemukan orang-orang yang meragukan Anda dan kemampuan Anda untuk sukses. Anda tidak boleh menjadi salah satu dari orang-orang ini karena saat Anda berhenti percaya dan bermimpi adalah saat mimpi-mimpi ini sirna.

10. Selalu Pertahankan Sikap Mental Positif

Dari Thomas Jefferson, Presiden ke-3 Amerika:

“Tidak ada yang dapat menghentikan orang dengan sikap mental yang benar untuk mencapai tujuannya; tidak ada di dunia ini yang dapat membantu pria dengan sikap mental yang salah.”

Seperti kutipan di atas, Anda harus percaya pada kemampuan Anda untuk sukses. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengembangkan pola pikir yang benar.

Gantilah pikiran negatif dengan pikiran positif. Anda perlu mendekati masalah, bukan sebagai rintangan yang menghentikan Anda, tetapi hanya tugas yang harus diselesaikan agar Anda bisa terus maju.

Jika Anda tetap positif dan berpikir seperti ini, kemunduran tidak akan terlalu memengaruhi Anda, keraguan orang-orang tidak akan memengaruhi Anda, dan bahkan rintangan terbesar pun akan tampak seperti masalah kecil.

Namun dengan pola pikir keraguan yang salah, Anda akan jauh lebih mudah untuk berhenti.

11. Jangan Biarkan Keputusasaan Menghentikan Anda

Dari Abraham Lincoln, Presiden Amerika ke-16:

“Jangan biarkan perasaan putus asa memangsa Anda, dan pada akhirnya Anda pasti berhasil.”

Ini adalah fakta yang tidak menguntungkan dari sifat manusia, yaitu meragukan diri kita sendiri. Ini bisa menjadi jauh lebih buruk jika orang lain meragukan kita juga.

Saat dikelilingi oleh keraguan, menyerah sebenarnya tampak sebagai ide yang bagus. Namun, jangan memperhatikan keraguan. Jika Anda kecil hati, abaikan saja.

12. Bersedia Bekerja Keras

Dari JC Penny, Pendiri JC Penney Inc. :

“Kecuali jika Anda bersedia bekerja keras di luar kapasitas rata-rata orang, Anda tidak cocok untuk posisi di atas.”

Anda mungkin pernah mendengar kutipan bahwa sukses adalah 1% inspirasi, 99% keringat, atau Anda mungkin pernah mendengar tentang ide 10.000 jam“.

Apa pun cara Anda membingkainya, mereka mengatakan satu hal:

“Kesuksesan sejati datang dari pekerjaan.”

Anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak bekerja untuk mencapai tujuan Anda dan terus berusaha untuk itu.

13. Berani Mengikuti Intuisi Anda

Dari Steve Jobs, Co-founder Apple Inc. :

“Miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda. Entah bagaimana, mereka sudah tahu Anda ingin menjadi apa. Yang lainnya adalah nomor dua.”

Di era Yunani kuno, ada sekelompok Oracles yang tinggal di Delphi. Setiap orang yang membutuhkan nasihat atau untuk mengetahui masa depan, maka mereka mengunjunginya, dari masyarakat termiskin hingga raja. Di atas pintu kuil ada kata-kata “kenali dirimu“.

Jika Anda sangat yakin dan menginginkan sesuatu, kemungkinan besar Anda sudah memiliki ide untuk mencapainya. Jika tidak, Anda mungkin tahu hal-hal apa yang akan membantu Anda, dan hal-hal apa yang akan memperlambat Anda.

Ini seperti bagaimana tubuh Anda dapat mendeteksi bahaya, bahkan ketika segala sesuatunya tampak aman. Pada akhirnya, Anda perlu memercayai intuisi Anda sendiri.

Nah Sahabat…

Apa yang mungkin Anda perhatikan adalah bahwa banyak dari pelajaran di atas serupa – kebanyakan tentang mengembangkan keadaan pikiran yang benar. Ini jelas menunjukkan bahwa kunci untuk mencapai kesuksesan, dalam apa pun yang Anda inginkan, bergantung pada cara Anda mendekatinya secara mental.

Selain itu, apa pun tahap kehidupan Anda saat ini, Anda tetap dapat membuat perbedaan dan mengejar kesuksesan. Anda dapat mengatur ulang hidup Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (83 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *