1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (52 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 5, 2021 - 6:00 AM

9 JARINGAN PENDUKUNG, yang Dibutuhkan Pengusaha untuk SUKSES BISNIS

Kewirausahaan, jarang disebutkan tentang jaringan dukungan yang dibutuhkan saat memulai dan mengembangkan bisnis Anda. Orang-orang di jaringan ini membuat Anda tetap fokus, termotivasi, dan bertanggung jawab. Mereka adalah sumber dorongan, ide, rujukan, dan sumber daya. Selain itu, mereka memberi Anda umpan balik, kritik dan bimbingan yang membangun.

Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis Anda, sebagai pengusaha, Anda harus menghadiri sebanyak mungkin acara dan konferensi jaringan yang relevan dengan industri Anda. Berkomunikasi dengan orang lain yang berpikiran sama, dan bermotivasi dapat membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, dan mengarah pada kesuksesan bisnis.

Terlepas dari tahap mana bisnis Anda berada, Anda akan membutuhkan dukungan. Yang terbaik adalah membangun sistem pendukung Anda, segera setelah Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Kemudian, kembangkan hubungan tersebut seiring pertumbuhan bisnis Anda.

Berikut ini, saya rangkumkan 9 JARINGAN PENDUKUNG yang biasanya dibutuhkan pengusaha untuk sukses dalam bisnis.

1. Mentor Bisnis

Mentor adalah seseorang yang memiliki pengalaman di bidang serupa dengan bidang Anda, yang mana Anda membutuhkan bantuan, dan mereka bersedia membantu Anda. Mentor memberikan arahan, bimbingan, dan memperpendek kurva belajar Anda selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Hubungan mentoring bisa formal atau informal, tatap muka atau virtual. Secara umum, Mentor memberi lebih banyak daripada Mentee. Namun, Mentee dapat secara berkala memeriksa tugas dan menanyakan apakah membutuhkan sesuatu. Saat menghubungi Mentor Anda untuk meminta nasihat atau memeriksa, hargailah waktunya.

2. Mitra Akuntabilitas

Mitra Akuntabilitas adalah orang pendukung terpenting dalam jaringan Anda. Mitra ini membuat Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek jangka panjang maupun pendek. Ini adalah hubungan yang membutuhkan komitmen dari kedua belah pihak.

Begini cara kerja hubungan ini: Anda memberi tahu proyek yang sedang Anda kerjakan, perkiraan tanggal penyelesaian, dan hasil yang diinginkan. Kirim garis besar tentatif langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. Anda bersama Mitra, mengatur jadwal memeriksa tugas.

Selama memeriksa tugas, Anda akan memberikan pembaruan tentang kemajuan Anda, mendiskusikan tantangan dan langkah selanjutnya, dan meminta saran, jika diperlukan. Anda juga bisa melakukan brainstorming ide. Mitra Akuntabilitas Anda bisa menjadi mentor, pelatih, teman atau kolega. Pada dasarnya, itu adalah siapa pun yang berkomitmen dan berinvestasi dalam kesuksesan Anda.

3. Pelatih Bisnis

Pelatih membantu Anda berkembang secara pribadi atau profesional. Anda menyewa dan membayar mereka untuk jangka waktu tertentu, meskipun waktu tersebut dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Anda dapat bekerja dengan beberapa pelatih bisnis secara bersamaan. Pastikan orang yang Anda pertimbangkan untuk dipekerjakan memenuhi syarat membantu Anda, sebelum berinvestasi dalam layanan mereka. Juga ingat bahwa Anda dapat memecat mereka jika mereka tidak memberikan layanan dan dukungan yang Anda butuhkan.

4. Grup Mastermind

Grup Mastermind adalah kelompok kecil yang membantu Anda bergerak maju secara profesional dan membuat Anda bertanggung jawab dalam usaha Anda. Kelompok ini bertemu secara teratur dan setiap anggota tim mendapat giliran untuk mendiskusikan keberhasilan dan tantangannya, bertukar pikiran dan mempertimbangkan solusi yang mungkin, berdasarkan saran dari anggota tim. Anggota bertemu secara langsung atau secara virtual dalam jangka panjang atau jangka pendek. Kelompok ini bisa formal atau informal, dan dengan keanggotaan berbayar atau pun tidak berbayar.

“Ketika sekelompok pikiran individu terkoordinasi dan berfungsi secara harmonis, peningkatan energi yang diciptakan melalui aliansi itu tersedia bagi setiap pikiran individu dalam kelompok itu.” – Napoleon Hill

5. Grup Online

Grup Online sangat nyaman ketika Anda membutuhkan bantuan, terutama ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di online. Sebagian besar grup ada di Facebook atau LinkedIn. Grup yang paling efektif memiliki moderator aktif, yang sering memposting dan meminta pertanggungjawaban anggota.

Manfaat dari grup online ini termasuk bertemu orang baru, memberi dan menerima bantuan dan akuntabilitas. Selain itu, Anda nantinya dapat mengembangkan hubungan secara offline.

Namun, untuk mendapatkan manfaat dari grup-grup ini, Anda harus aktif. Jangan hanya muncul dengan harapan mendapatkan bantuan atau mampir secara berkala. Bersiaplah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman Anda secara konsisten. Keanggotaan grup online biasanya gratis.

6. Pertemuan Visioner

Pertemuan ini untuk terhubung secara langsung dengan orang-orang dengan minat sama dalam bisnis, hobi, atau kebugaran. Selain bertemu orang-orang dan mempelajari hal-hal baru, mungkin ada kesempatan untuk melakukan presentasi dan lokakarya.

Anda juga dapat terhubung dengan partner potensial untuk proyek bisnis. Sebagian besar pertemuan ini gratis untuk dihadiri, namun beberapa acara memerlukan sedikit biaya. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendorong visi kesuksesan dan pencapaian Anda.

7. Organisasi Profesional

Organisasi berbasis anggota ini melayani para profesional, dalam profesi dan industri tertentu. Pendidikan berkelanjutan, pembaruan tentang berita dan undang-undang industri, dan peluang jaringan serta beberapa manfaat yang mereka tawarkan. Anda harus membayar iuran tahunan, serta biaya pendaftaran untuk rapat bulanan dan acara lainnya.

8. Teman Baik

Teman Baik adalah fondasi Anda. Mereka akan mendengarkan Anda, mendorong Anda, dan jujur ??dengan Anda, bahkan jika Anda tidak menyukainya. Ketika mereka tidak tahu apa yang Anda bicarakan, mereka mungkin mengajukan pertanyaan klarifikasi dan menawarkan saran. Yang terpenting, mereka akan menghibur Anda selama masa-masa sulit.

9. Organisasi Pusat Pengembangan Bisnis

Organisasi Pusat Pengembangan Bisnis, adalah organisasi yang memiliki konselor dan mitra untuk membantu Anda di semua tingkat bisnis. Pertumbuhan bisnis Anda adalah prioritas mereka. Mereka mengadakan lokakarya, seminar, konferensi, dan acara jaringan, bahkan dalam kemitraan dengan organisasi yang ingin menjangkau pemilik bisnis.

Mereka menawarkan peluang untuk mengajukan dan mempresentasikan bisnis Anda kepada investor dan bank, untuk pendanaan. Dan mereka menghubungkan Anda dengan pemilik bisnis lain, yang dapat menjadi klien atau mitra. Layanan konseling biasanya gratis, tetapi Anda harus membayar untuk lokakarya, konferensi, dan acara serta layanan khusus lainnya.

“Kesuksesan biasanya datang kepada mereka yang terlalu sibuk untuk mencarinya.” – Henry David Thoreau

Nah Sahabat. Dalam dunia bisnis yang sulit ini, setiap orang sukses memiliki rahasia strategi dan taktiknya masing-masing. Bagaimana dengan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (52 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *