1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 February, 2014 - 6:00 AM

10 Tips Menjaga SPIRIT Wirausaha

Di zaman sekarang ini, tampaknya semakin banyak pengusaha muda dari berbagai lini bisnis. Hal imi merupakan perubahan yang relatif signifikan berpengaruh pada pandangan untuk memperoleh penghasilan, sehingga tidak sedikit orang muda yang tidak mau menjadi karyawan atau pekerja kantoran biasa. Banyak kaum muda berasumsi akan memulai bisnis sendiri dan tidak lagi menjadi karyawan.

Saat kita bersekolah dan kuliah, mungkin kita tidak diajarkan sedikit pun untuk mengerjakan tugas sebagai persiapan untuk bisnis Anda. Tidak sedikit kursus yang memotivasi kita untuk menjadi pengusaha. Mungkinkah memulai jadi pengusaha tanpa bekal pendidikan tertentu? Jawabannya mungkin. Sebagai langkah awal dalam dunia bisnis, hal pertama yang perlu Anda miliki adalah SPIRIT WIRAUSAHA. Dengan memiliki spirit wirausaha, Anda akan lebih bisa memulai bisnis yang sudah Anda rencanakan dan lebih mampu bertahan menjalankan bisnis tersebut.

Berikut 10 Tips agar Spirit Wirausaha Anda tumbuh dan terjaga berkobar membara:

1. Perkuat Tekad dan Niat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperkuat tekad dan niat Anda. Jangan sampai kemauan menjadi pengusaha semata-mata karena tren atau kemauan sementara. Dengan Anda meningkatkan tekad dan niat, nantinya Anda akan siap menghadapi segala kendala dan cobaan yang niscaya akan Anda hadapi dalam memulai bisnis.

2. Buat Target Khusus dan Rencana Detail untuk Masa Depan

Target dan rencana akan membuat Anda semakin siap membangun bisnis. Dengan adanya target dan rencana, Anda akan lebih mudah membuat langkah-langkah bisnis yang harus diikuti, dan lebih mudah mengukur kinerjanya. Tujuan target dan rencana ini juga akan membuat Anda semakin termotivasi untuk menegakkan bisnis, yang semakin kompleks dari waktu ke waktu.

3. Punya Ide Bisnis

Pertajam ide Anda untuk menegakkan bisnis. Anda tidak bisa menjadi pengusaha, jika tidak memiliki ide bisnis. Anda pun tidak perlu melangkah terlalu jauh untuk memaksakan ide terobosan bisnis tersebut. Anda bisa memulai dari bisnis yang kelihatannya kecil, tetapi itu adalah hasrat dan minat Anda. Dengan begitu, Anda bisa memiliki bisnis yang unik dan menarik untuk Anda lakukan.

4. Ukur Risiko yang Mungkin Timbul

Anda tidak mungkin menjalankan bisnis yang tidak terukur, dan Anda tidak tahu risikonya. Cari tahu risiko bisnis apa yang mungkin ada, sebelum Anda memulai bisnis. Anda juga dapat menyiapkan rencana A, rencana B, dan seterusnya, untuk menghadapi risiko ini. Dengan mengukur risiko Anda terlebih dahulu sebelum memulai bisnis, Anda akan memiliki tindakan penanggulangan yang lebih baik jika risiko tersebut muncul.

5. Belajar dari Kisah Sukses Bisnis Orang Lain

Untuk menumbuhkan sprit wirausaha, Anda tidak perlu sering belajar dari buku-buku pengetahuan, atau dari pengalaman Anda sendiri. Seringkali kisah pengalaman pengusaha sukses lainnya, bisa menjadi latihan paling berharga untuk menumbuhkan spirit wirausaha. Cobalah membaca berbagai kisah sukses bisnis dari orang-orang sukses, yang dapat memberi Anda wawasan dan motivasi baru untuk membangun bisnis Anda sendiri.

Membaca kisah sukses orang lain, akan membantu Anda menghadapi fase bisnis yang mungkin dirasakan orang lain. Tindakan ini pasti akan membantu mempersiapkan diri dan tidak mengejutkan Anda, jika terjadi hal buruk pada bisnis Anda. Selain itu, dengan membaca kisah sukses orang lain, Anda mungkin mendapatkan kiat sukses yang belum tentu didapat dari membaca buku biasa.

6. Tumbuhkan Optimisme

Persiapkan mental untuk menghadapi kendala, yang secara alami akan Anda alami saat memulai bisnis nanti. Yang utama adalah optimisme, yang akan membuat Anda tetap percaya diri dalam melanjutkan bisnis dan mencapai target Anda. Tanpa optimisme, Anda akan cepat menyerah dan tidak ingin mengembangkan bisnis Anda. Tentunya kendala bisnis ini akan menggagalkan keinginan Anda untuk menjadi seorang pengusaha.

Jangan sampai Anda merasa pesimis saat memulai bisnis. Tidak hanya menghalangi pencapaian target, pesimisme akan membuat Anda fobia menghadapi hambatan dan evolusi, yang memang terjadi di dunia bisnis.

7. Fokus

Awalnya, Anda memiliki target dan rencana bisnis. Jadi, fokuslah pada tujuan tersebut. Jangan mudah melirik ‘bisnis tetangga’, karena hal tersebut akan membuat Anda tidak konsentrasi bahkan mengganggu rencana awal Anda. Dengan fokus pada target dan rencana awal, Anda akan lebih efisien dalam menjalankan step by step rencana bisnis Anda, dan tidak mengganggu pikiran yang tiba-tiba datang dan membelokkan tujuan Anda.

Jadi, fokuslah pada target dan rencana awal. Fokus bukan berarti Anda hanya melakukan satu bisnis yang sudah Anda rencanakan. Tetap di sana bisa jadi salah ketika di tengah jalan. Namun, dengan Anda berkonsentrasi pada tujuan yang sudah Anda tetapkan di awal, Anda akan lebih bisa menemukan solusi, jika ada kendala di tengah perjalanan bisnis. Terus lakukan perbaikan terus menerus untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda dan mengembangkannya.

8. Ikuti Ruang Belajar Wirausaha

Kini tidak sedikit seminar dan ruang belajar yang dibuat untuk semua pemula di dunia bisnis. Kelas ini akan sangat fungsional untuk Anda ikuti. Kursus kewirausahaan juga akan memberikan tips untuk menumbuhkan spirit wirausaha yang mungkin tidak Anda dapatkan di tempat lain. Di sini Anda bisa bertanya langsung kepada pelaku bisnis dan meminta saran untuk menegakkan bisnis langsung ke ahlinya.

9. Tumbuhkan Keberanian

Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, artinya Anda siap menghadapi segala tantangan. Jadi, Anda harus memiliki keberanian sebagai cara menumbuhkan spirit wirausaha Anda. Jangan mudah terintimidasi oleh bisnis lain atau pesaing yang lebih sukses.

Jadikan perusahaan lain sebagai tantangan bagi Anda serta kembangkan bisnis Anda. Dengan memandang persaingan sebagai tantangan, Anda tidak akan mudah takut dan menyerah. Memang dengan adanya kendala tersebut, Anda akan semakin termotivasi untuk berjuang dan berkembang demi bisnis Anda.

10. Praktek Kepekaan terhadap Peluang Bisnis

Anda memang harus berkonsentrasi mengembangkan bisnis yang telah Anda dirikan. Namun bukan berarti Anda tidak menerima masukan, atau kritik orang lain. Kritik dan nasehat tersebut harus Anda jadikan sebagai bahan untuk pengembangan bisnis, daripada menganggapnya mentah-mentah untuk menghentikan bisnis yang sedang berjalan dan memaksakan membuat perusahaan lain. Latih kepekaan Anda untuk mengambil kritik dan saran yang Anda terima, sebagai peluang baru yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda saat ini. Yang terpenting, Anda tidak boleh melihat kritik dari orang lain sebagai cibiran atau sesuatu yang akan membuat Anda down.

Nah Sahabat. 10 Tips menumbuhkan Spirit Wirausaha ini bisa Anda terapkan, jika ingin berubah arah sebagai pengusaha. Namun, kesiapan mental akan lebih memungkinkan untuk mengembangkan bisnis yang maju. Semoga berhasil!

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *