1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 November, 2019 - 7:00 AM

Membangun Budaya Kewirausahaan Pemuda

Menyadari kebutuhan untuk berinvestasi dalam menciptakan dan membangun Kewirausahaan Pemuda di negara ini, Pemerintah dan lembaga-lembaga terkait telah berupaya membuat agenda jangka panjang untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam perumusan strategi dan rencana implementasi untuk membangun program pelatihan, membangun kesadaran di antara kaum muda dan keluarga; dan memberdayakan kaum muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, untuk kewirausahaan sebagai pilihan karier.

Membangun Kewirausahaan Pemuda melalui Pendidikan

Menciptakan dan membangun budaya Wirausaha Pemuda dalam masyarakat, membutuhkan dua strategi. Platform pertama dan terpenting untuk membangun kesadaran dan menginisiasi Pemuda ke dalam Konsep Kewirausahaan Pemuda adalah dengan berinvestasi ke dalam Pendidikan Kewirausahaan. Ini melibatkan program menciptakan dan memasukkan studi Wirausaha dan Manajemen di semua tingkat pendidikan. Rencana tindakan di bagian ini termasuk membangun konten dan silabus, dan membuatnya tersedia untuk komunitas pengajar, melatih para guru dan konselor untuk menjadi pendidik Wirausaha, dan menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan.

Salah satu aspek terpenting dari pendidikan Kewirausahaan adalah untuk melibatkan industri dan organisasi bisnis ke dalam program Kewirausahaan Pemuda di tingkat Perguruan Tinggi, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi Pemuda untuk mendapatkan pengalaman, dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap lingkungan bisnis dan ekonomi.

Mempromosikan Budaya Kewirausahaan Pemuda menggunakan Media & PR

Selain memperkenalkan pendidikan Kewirausahaan, strategi Kewirausahaan Pemuda harus mengatasi masalah membangun kewirausahaan dan Budaya Kewirausahaan di kalangan kaum muda. Menciptakan semangat Wirausaha di kalangan kaum muda dapat dilakukan dengan bantuan media dan komunikasi. Mengadakan program kesadaran bisnis, kamp orientasi, diskusi kelompok, kampanye khusus, mempromosikan acara Kewirausahaan Pemuda di semua platform yang memungkinkan, serta melembagakan penghargaan dan kompetisi yang muda berprestasi adalah beberapa cara efektif untuk membangun Budaya Kewirausahaan Pemuda.

Pertemuan kaum muda, Seminar, Konferensi, Festival, pameran serta menggunakan media cetak dalam bentuk brosur, spanduk, liputan di majalah dan mewawancarai pengusaha sukses dan pengusaha muda pemula di media dan masih banyak lagi, pasti akan membangun kesadaran dan antusiasme di kalangan kaum muda, serta mengubah persepsi Kewirausahaan di keluarga, masyarakat maupun di tingkat individu. Ada juga beberapa game simulasi dan simulasi berbasis kasus bisnis yang mengundang para pemuda untuk berpartisipasi dalam membuat rencana Bisnis, dll. Ini tentu saja relevan untuk membina para Wirausaha Pemuda yang sudah tertarik dan mulai memulai usaha mereka sendiri, dan sedang menempuh pendidikan manajemen bisnis untuk melengkapi diri mereka sendiri.

Model Wirausaha Sukses – Duta Kewirausahaan Pemuda Terbaik

Teori mengatakan bahwa bagian penting dari pembelajaran dalam diri seseorang terjadi melalui model peran. Adalah fakta bahwa setiap remaja atau individu tumbuh, memiliki satu atau lebih panutan yang mereka coba tiru dalam segala hal. Cukup banyak nilai, pola berpikir, sikap, dll, dmanfaatkan oleh individu berdasarkan kepribadian dan karakter panutan mereka. Oleh karena itu, melibatkan pemuda dan pengusaha dewasa yang sukses sebagai Duta Kewirausahaan Pemuda, akan menjadi salah satu strategi terbaik untuk memotivasi dan membangun budaya Kewirausahaan Pemuda di kalangan kaum muda.

Ketika Wirausaha Muda menerima hadiah, kisah suksesnya diketahui semua orang. Melihat seseorang memilih kewirausahaan dan kemudian menjadi wirausaha sukses, membuat pemuda lainnya lebih percaya diri untuk turut mencoba memulai usaha sendiri. Sukses selalu mendorong orang untuk mengambil risiko dan membantu keluarga dan masyarakat, menerima gagasan untuk mendorong kaum muda memilih usaha sendiri sebagai wirausaha.

Melibatkan dunia industri dan pengusaha sukses dalam menangani kaum muda, akan mempromosikan Kewirausahaan Pemuda. Berinteraksi dengan Pemuda di sekolah, perguruan tinggi serta semua platform lainnya, dapat secara efektif dan kolektif membangun lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan pengembangan ekonomi melalui Kewirausahaan Pemuda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *