1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (196 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 29 July, 2020 - 6:00 AM

10 TIPS Hadapi Ketidakpastian di Kehidupan

Manusia adalah makhluk kebiasaan. Ketika segalanya berjalan sesuai rencana, kita merasa memegang kendali. Tetapi ketika hidup membuat ketidakpastian, itu bisa membuat kita merasa cemas dan stres. Bagi banyak orang, kehidupan terasa sangat tidak mi pasti akhir-akhir ini, dengan adanya pandemi COVID-19, protes sosial, dan ketidakpastian setelah bencana alam seperti angin topan, banjir bandang, dan kebakaran hutan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang bereaksi berbeda terhadap ketidakpastian, dan mereka yang memiliki intoleransi lebih tinggi terhadap ketidakpastian, mungkin kurang ulet dan lebih rentan terhadap perasaan negatif atau sedih, dan kecemasan.

Tidak ada yang bisa menghindari hal tak terduga. Tetapi langkah-langkah sederhana ini dapat membantu Anda menghadapi ketidakpastian hidup dengan lebih baik.

Berikut ini 10 Tips Hadapi Ketidakpastian di Kehidupan:

1. Bersikap baik kepada diri sendiri. Beberapa orang lebih baik dalam menghadapi ketidakpastian daripada yang lain, jadi jangan menyalahkan diri sendiri jika toleransi Anda terhadap ketidakpastian lebih rendah daripada teman. Ingatkan diri Anda bahwa mungkin perlu waktu untuk menyelesaikan situasi yang penuh tekanan ini, dan bersabarlah dengan diri Anda untuk sementara waktu.

2. Renungkan keberhasilan masa lalu. Peluangnya adalah Anda telah mengatasi peristiwa yang membuat stres di masa lalu, dan Anda selamat! Beri diri Anda penghargaan. Renungkan apa yang Anda lakukan selama peristiwa itu, yang bermanfaat dan apa yang mungkin ingin Anda lakukan secara berbeda kali ini.

3. Kembangkan keterampilan baru. Ketika hidup relatif tenang, buat titik untuk mencoba hal-hal di luar zona nyaman Anda. Mencoba hal baru, mengambil risiko, membantu Anda mengembangkan rasa percaya diri dan keterampilan yang berguna ketika hidup berubah arah.

4. Batasi paparan berita. Saat Anda stres tentang sesuatu, mungkin sulit untuk berpaling. Tetapi secara kompulsif memeriksa berita hanya akan membuat Anda merasa lelah. Coba batasi dan hindari berita selama masa-masa rentan, seperti menjelang waktu tidur.

5. Hindari memikirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Ketika ketidakpastian melanda, banyak orang langsung membayangkan skenario terburuk. Keluar dari kebiasaan merenungkan peristiwa negatif.

6. Ikuti saran Anda sendiri. Tanyakan pada diri Anda: Jika seorang teman datang kepada saya dengan kekhawatiran ini, apa yang akan saya katakan kepadanya? Membayangkan situasi Anda dari luar, seringkali dapat memberikan perspektif dan ide-ide segar.

7. Terlibat dalam perawatan diri. Jangan biarkan stres menggagalkan rutinitas sehat Anda. Usahakan untuk makan dengan gizi baik, berolahraga, dan cukup tidur. Banyak orang menemukan pelepasan stres dalam praktik seperti yoga dan meditasi.

8. Mencari dukungan dari orang yang Anda percayai. Banyak orang mengasingkan diri ketika mereka stres atau khawatir. Tapi dukungan sosial itu penting, jadi jangkau keluarga dan teman.Anda.

9. Kontrol pada apa yang Anda bisa. Berfokuslah pada hal-hal yang ada dalam kendali Anda, bahkan jika itu semudah perencanaan makan mingguan di luar bersama keluarga, atau menata pakaian Anda secara baik. Tetapkan rutinitas untuk memberikan hari Anda, beberapa struktur kegiatan yang nyaman.

10. Meminta bantuan. Ini mungkin menegangkan dan menantang. Saya yakin Anda memiliki seseorang yang peduli pada Anda. Berbicaralah kepada mereka, bagikan perasaan Anda dan mintalah saran. Jangan lupa untuk membalas budi ketika mereka membutuhkan Anda untuk membantu, karena hubungan adalah jalan dua arah. Jika Anda tetap kesulitan mengelola stres dan mengatasi sendiri ketidakpastian, mintalah bantuan profesional. Psikolog adalah ahli dalam membantu orang mengembangkan cara sehat untuk mengatasi stres.

“Jika hidup dapat diprediksi, itu akan berhenti menjadi kehidupan, dan tanpa rasa.” – Eleanor Roosevelt

Seperti kata seorang filsuf, Alan Watts, “Alam semesta adalah aliran energi yang terus berubah, dan berusaha berpegang teguh padanya, itu mirip dengan berjalan di atas kolam.” Anda harus mau berenang untuk pergi ke berbagai tempat di dunia ini. Mampu menghadapi keadaan yang terus berubah adalah menjadi perenang hebat di Olimpiade Kehidupan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (196 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *