1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (199 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: January 8, 2021 - 6:00 AM

12 NASIHAT dari WARREN BUFFETT

Pengusaha, filantropis, multi miliarder dan investor jenius, WARREN BUFFETT adalah orang terkaya ke empat di dunia dan orang terkaya ke dua di Amerika Serikat setelah Bill Gates.

WARREN BUFFETT mulai berinvestasi pada usia muda, 11 tahun dan pada usia 13 tahun ia memulai bisnisnya sendiri. Saat ini, BUFFETT adalah Owner dan CEO Berkshire Hathaway, sebuah Perusahaan multinasional, pada tahun 2012, sudah memiliki kekayaan bersih US $ 162 Miliar. WARREN BUFFET dikenal sangat baik etika dan nilai moralnya. Dia benar-benar seorang dermawan, yang telah memberikan kekayaannya sebesar US $ 58,5 Miliar untuk Charity.

Sepanjang hidupnya, Warren Buffett telah berbagi beberapa pemikiran berharga tentang kehidupan, kemurahan hati, uang dan investasi.

Saya pernah menuliskan 5 Pelajaran Penting dari WARREN BUFFET, pada tahun 2007 silam. Berikut ini saya tambahkan 12 Nasihat Pemberdayaan Diri dari WARREN BUFFETT.

1. Hargai Reputasi Anda

“Butuh waktu 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk menghancurkannya. Jika Anda memikirkannya, Anda akan melakukan sesuatu dengan cara berbeda.” ~ Warren Buffett

Hargai diri Anda sendiri dan reputasi perusahaan Anda. Seperti yang dia katakan, mungkin butuh banyak waktu untuk membangun reputasi, tetapi hanya satu tindakan salah akan membuat reputasi hilang begitu saja. Jadi, bangun reputasi Anda, dan jangan pernah melakukan apa pun yang dapat membahayakannya.

2. Bekerja Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

“Seseorang sedang duduk di bawah keteduhan hari ini karena seseorang telah lama menanam pohon.” ~ Warren Buffett

Jika Anda menginginkan masa depan yang lebih baik, maka Anda harus menabur benih yang sesuai. Apa yang Anda nikmati sekarang adalah hasil dari usaha Anda sebelumnya. Anda harus mengerahkan semua sumber daya Anda dalam apa yang Anda lakukan dan segera lakukan saat ini, untuk menjalani masa depan yang lebih baik.

3. Mendatangkan Nilai

“Harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan.” ~ Warren Buffett

Anda menghargai merek apa pun karena layanannya. Hal yang sama berlaku untuk Anda ketika Anda menyediakan layanan sendiri. Nilai merek Anda ditentukan oleh layanan yang Anda tawarkan.

4. Bergaul dengan Orang-Orang yang Lebih Baik

“Lebih baik bergaul dengan orang-orang lebih baik dan lebih hebat daripada Anda. Pilih rekan yang perilakunya lebih baik dari Anda, dan Anda akan mengarah ke sana.” ~ Warren Buffett

Jika Anda ingin sukses, maka Anda harus dikelilingi oleh orang-orang sukses, karena Anda cenderung menjadi seperti orang, yang Anda paling sering menghabiskan waktu bersamanya. Jadi pilihlah dengan bijak orang yang menghabiskan waktu dengan Anda.

5. Kesabaran Adalah Kuncinya

“Tidak peduli seberapa hebat bakat atau upaya, beberapa hal hanya membutuhkan waktu. Anda tidak dapat menghasilkan bayi dalam satu bulan dengan membuat sembilan wanita hamil.” ~ Warren Buffett

Terlepas dari bakat dan semua upaya gigih yang Anda lakukan, paling penting adalah KESABARAN. Anda perlu memiliki kesabaran dalam upaya apa pun yang Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan.

6. Ambil Risiko yang Diperhitungkan

“Risiko berasal dari tidak mengetahui apa yang Anda lakukan.” ~ Warren Buffett

Anda harus mengambil risiko, tetapi itu harus menjadi risiko yang sudah diperhitungkan. Risiko yang dihitung adalah risiko yang Anda ambil setelah mempertimbangkan banyak hal, dan Anda tahu persis apa yang Anda lakukan. Lebih baik mengambil risiko yang diperhitungkan, daripada lari dari menghadapi risiko.

7. Lakukan Apa yang Anda Sukai

“Ada saatnya Anda harus mulai melakukan apa yang Anda inginkan. Ambillah pekerjaan yang Anda sukai. Anda akan melompat dari tempat tidur di pagi hari. Saya pikir Anda gila, jika Anda terus mengambil pekerjaan yang tidak Anda sukai karena Anda pikir itu akan terlihat bagus di resume Anda. Bukankah itu seperti menabung seks untuk hari tua Anda?” ~ Warren Buffett

Cukup, lakukan apa yang Anda sukai. Kebanyakan orang hanya menghancurkan hidup mereka, dengan hidup demi kepentingan orang lain. Ikuti hasrat Anda; temukan pekerjaan yang Anda sukai. Hari-hari ketika Anda tidak lagi merasakan pekerjaan Anda sebagai pekerjaan, itulah hari, di mana Anda akan merasakan kepuasan dari sebuah kesuksesan.

8. Ketahui Pesaing Anda

“Dalam dunia bisnis, kaca spion selalu lebih jernih dibanding kaca depan.” ~ Warren Buffett

Mengetahui pesaing Anda selalu lebih baik daripada mengenal diri sendiri. Untuk melacak persaingan Anda adalah suatu keharusan bagi bisnis apa pun. Pengusaha sukses selalu melihat bagaimana kinerja pesaing mereka di masa lalu, dan mengukur ke mana mereka mungkin perlu menuju di masa depan, jika mereka ingin mengambil alih orang lain.

9. Satu Langkah Satu Waktu

“Saya tidak ingin melompati palang setinggi 7 kaki: Saya mencari palang 1 kaki yang bisa saya lewati.” ~ Warren Buffett

Tidak ada yang benar-benar sukses dalam semalam; Anda harus mengambil langkah kecil menuju kesuksesan Anda. Selalu lakukan lompatan kecil dan berkelanjutan ke tujuan akhir Anda, dan bidik efisiensi dengan 1 langkah pada satu waktu.

10. Belajar Mengatakan “TIDAK”

“Perbedaan antara orang sukses dan orang yang benar-benar sukses adalah bahwa orang yang benar-benar sukses berkata TIDAK pada hampir semua hal.” ~ Warren Buffett

Anda harus memilih usaha Anda dengan hati-hati dan mulai berkata “TIDAK” pada ide-ide gangguan di sekitar Anda. Dengan melakukan ini Anda pasti akan menjadi pemenang. Terlalu banyak telur di dalam keranjang bisa sangat membebani, dan berisiko.

11. Kejujuran Adalah Kebijakan Langka

“Kejujuran adalah hadiah yang sangat mahal, jangan berharap dari orang yang murahan.” ~ Warren Buffett

Jangan berharap semua orang di sekitar Anda jujur kepada Anda. Tetaplah dekat dengan mereka yang setia, jujur dan benar. Jagalah hubungan di sekitar Anda dengan orang-orang ini.

12. Ambil Kendali

“Anda harus tetap mengontrol waktu Anda dan Anda tidak bisa kecuali Anda mengatakan TIDAK. Anda tidak dapat membiarkan orang mengatur agenda Anda dalam hidup.” ~ Warren Buffett

Anda adalah penguasa hidup Anda dan Anda seharusnya tidak pernah memberikan kemudi kehidupan kepada orang lain. Anda harus mengendalikan diri dan berlayar, jangan terbawa arus pasang. Waktu adalah aset Anda yang paling berharga, jadi gunakan waktu Anda dengan bijak.

Nah Sahabat. Apa Pelajaran Warren Buffet favorit Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (199 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *