1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (59 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: March 14, 2021 - 2:00 AM

10 Cara MOTIVASI Karyawan, TANPA Uang

Tantangan terbesar pengusaha adalah mengelola sumber daya manusia di perusahaannya. Bagaimana membentuk budaya kinerja yang senantiasa kondusif, inspiratif dan motivatif.

Yah, dalam hal motivasi kerja, gaji bukanlah segalanya, itu hanyalah dasar awal. Tentu saja, gaji yang adil itu penting, agar setiap karyawan termotivasi untuk melakukan yang terbaik di tempat kerja. Pada kenyataannya, ada banyak faktor lain, yang mempengaruhi kinerja dan produktivitas orang.

Berikut adalah 10 Cara MOTIVASI Karyawan, TANPA Uang. Pertimbangkan untuk membangun Tim Kerja yang bahagia dan efisien:

1. Pastikan semua orang berada di posisi tepat

Memiliki seseorang yang kurang terlatih dalam posisi kunci, SAMA BURUKNYA dengan memiliki seseorang yang sangat terampil, namun melakukan tugas-tugas terlalu sederhana. Jika Anda memperhatikan seseorang memiliki inisiatif dan mampu menyelesaikan tugas-tugas penting, jangan membuat mereka bosan dengan meminta mereka mengerjakan tugas sederhana. Jaga agar semua orang cocok dengan posisinya.

2. Beri mereka alat yang diperlukan untuk menjalankan fungsinya

Ini tidak hanya komputer yang lebih baik, tetapi juga pelatihan. Banyak pemimpin meremehkan pentingnya meluangkan waktu untuk melatih dan menjawab pertanyaan karyawan mereka. Jangan berasumsi bahwa mereka sudah mengetahui segalanya! Luangkan waktu bersama mereka untuk meninjau proyek, menetapkan tujuan, dan menentukan alat apa yang mereka butuhkan untuk mencapainya.

3. Beri tahu, apa yang Anda harapkan dari mereka

Pada saat perekrutan dan dari waktu ke waktu, temui setiap anggota tim Anda untuk menetapkan, apa yang Anda harapkan dari kinerja mereka dan hasil apa yang ingin Anda lihat. Bagi seorang karyawan, tidak ada yang lebih buruk daripada tidak tahu apa peran mereka di sebuah perusahaan.

4. Buat mereka tahu, apakah mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik

“Ya, mereka sedang menemukan tujuan mereka, karena itulah mengapa saya mempekerjakan mereka.” Jika Anda pernah mengucapkan kata-kata tersebut, mungkin inilah saatnya untuk memikirkan kembali sikap itu. Kita semua membutuhkan tepukan di punggung sesekali, guna mendapatkan keberanian untuk melanjutkan. Berikan apresiasi di depan umum, bagi karyawan berprestasi.

5. Perlakukan mereka dengan hormat

Orang yang bahagia dengan pekerjaannya, akan bertahan lebih lama, dan memberi lebih dari yang diharapkan oleh perusahaan. Bertemu dengan karyawan Anda sesering mungkin, untuk memastikan mereka senang dengan apa yang mereka lakukan. Miliki kebijakan “pintu terbuka” sehingga mereka merasa nyaman berbicara dengan Anda tentang apa pun yang mengganggu mereka.

6. Beri mereka otonomi

Apakah Anda cenderung ingin mengontrol segalanya? Apakah Anda meminta mereka untuk memberi tahu Anda tentang setiap tugas yang mereka lakukan sepanjang hari? Kemungkinan besar, mereka merasa sesak napas, dan saat ada kesempatan, mereka akan berusaha lari dari Anda. Beri tahu mereka apa yang harus dilakukan dan biarkan mereka melakukannya! Meminta laporan harian atau mengadakan pertemuan rutin akan secara drastis mengurangi hasrat mereka untuk bekerja.

7. Jadwalkan rekreasi buat mereka

Produktivitas itu penting, tetapi hanya memikirkan pekerjaan dan melihat segala sesuatu yang lain sebagai “gangguan” akan menciptakan lingkungan kerja yang tegang dan tidak menyenangkan. Dari waktu ke waktu, atur kegiatan rekreasi yang memungkinkan mereka mengalihkan pikiran dari pekerjaan dan memperkuat ikatan dalam tim. Bagaimana dengan turnamen olahraga dan seni? Sebuah lomba balapan? Jalan-jalan ke mall? Perlakukan karyawan Anda sebagai manusia dan bukan sebagai angka.

8. Tawarkan mereka kesempatan bertumbuh

Di luar gaji dan penawaran bagus, karyawan mencari pertumbuhan profesional. Tawarkan mereka kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka serta untuk mempelajari hal-hal baru, terlepas dari apakah mereka berhubungan langsung dengan bidang mereka atau tidak. Tawarkan kepada pekerja Anda kemungkinan menjadi karyawan yang berharga bagi organisasi.

9. Biarkan mereka memiliki jam kerja yang fleksibel

Jika Anda mempercayai keterampilan organisasi mereka, beri mereka kesempatan mengatur jadwal mereka untuk mengakomodasi kebutuhan pribadi mereka. Pertimbangkan kemungkinan bekerja dari rumah, apakah menghasilkan efisiensi yang lebih besar serta motivasi tinggi.

10. Hargai jadwal dan waktu mereka

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada merasa waktu Anda tidak dihargai. Dapatkah Anda membayangkan bagaimana perasaan karyawan Anda, jika Anda terlambat menghadiri rapat, mengubah jadwal beberapa kali, atau menyebabkan mereka terlambat menyelesaikan tugas, yang mungkin akan menunggu hingga hari berikutnya? Hormati jadwal dan waktu mereka, seperti yang Anda harapkan dari mereka.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda mengelola sumber daya manusia perusahaan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (59 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *