1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (59 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: May 8, 2021 - 8:00 PM

7 Cara Ubah POLA PIKIR untuk SUKSES

Jika Anda pernah memiliki tujuan dan impian yang tidak terwujud, Anda tidak sendiri. 92% orang mengatakan bahwa tujuan dan resolusi yang mereka tetapkan untuk diri sendiri setiap tahun tidak pernah tercapai. Dengan statistik setinggi ini, pasti ada kesamaan yang menahan mereka.

Setelah mempelajari 8% yang berhasil mencapai tujuan mereka, saya memiliki beberapa jawaban tentang apa sebenarnya yang dilakukan secara berbeda oleh orang-orang berprestasi tinggi ini.

Penting untuk diperhatikan bahwa 8% ini berasal dari studi di semua lapisan masyarakat. Mereka yang menikah, lajang, atau pun bercerai; putus sekolah atau sekolah; kelas menengah, kaya, dan bahkan miskin.

Faktanya adalah, di mana pun Anda berada atau dari mana pun Anda berasal, Anda memiliki kemampuan untuk menetapkan tujuan besar dan mencapainya.

Kesamaan utama di antara 8% teratas adalah seperangkat pola pikir berorientasi kesuksesan, yang memandu pikiran dan tindakan mereka. Anda mungkin melakukan beberapa di antaranya, atau Anda mungkin benar-benar mempraktikkan pola pikir berlawanan tanpa menyadarinya.

Cara pasti untuk menentukan apakah Anda memerlukan penyetelan pola pikir adalah dengan menjawab pertanyaan ini: Apakah Anda secara teratur mencapai tujuan dan mewujudkan impian Anda? Jika Anda menjawab “YA”, lanjutkan membaca, dan Anda mungkin akan mengetahui alasannya. Jika Anda mengatakan “TIDAK”, langkah-langkah berikut ini dapat mengubah permainan untuk Anda.

Berikut adalah 7 Cara Mengubah Pola Pikir Anda:

1. Terimalah bahwa pemikiran Anda perlu disesuaikan

Kita semua memiliki tujuan dan impian yang mungkin tidak terungkap seperti harapan kita. Ketika ini terjadi berulang kali, kita mulai bertanya-tanya apa yang perlu kita ubah. Namun jarang kita melihat ke dalam pada pemikiran kita sendiri sebagai tempat untuk mulai membuat perubahan.

Kita hidup dalam masyarakat yang menekankan pada keahlian keterampilan, dan meningkatkan kemampuan kita yang paling lemah. Ini sering kali menumbuhkan keyakinan bahwa kita membutuhkan lebih banyak pendidikan untuk mencapai tujuan kita. Beberapa orang kembali ke sekolah, yang lain mengikuti seminar dan lokakarya atau membaca buku, selalu mencari keahlian, yang akan membuat semuanya sesuai pada tempatnya.

Jangan salah paham, saya tidak meremehkan nilai dari keahlian; tetapi lebih sering, pola pikir kitalah yang perlu penyesuaian.

Kabar baiknya adalah, jauh lebih murah dan jauh lebih cepat untuk mengubah pola pikir Anda daripada belajar keterampilan baru. Jadi, langkah pertama adalah mengakui bahwa Anda akan mengerjakan pola pikir Anda terlebih dahulu.

2. Identifikasi kontra-pola pikir Anda

Pola pikir dibentuk melalui pengalaman sebelumnya, tonggak emosional, dan pola pikir yang tidak memberikan hasil sesuai keinginan, ini disebut pola pikir kontra.

Beberapa contohnya adalah keraguan diri, keyakinan yang membatasi, dan pikiran negatif lainnya, yang menghalangi pemenuhan Anda.

Sekitar 65.000 pikiran melewati pikiran kita setiap hari. Sayangnya, dalam kasus kebanyakan orang, sebagian besar dari mereka negatif. “Pikiran Negatif Otomatis” ini terjadi begitu sering, sehingga Anda mungkin tidak menyadarinya, dan kebanyakan dari kita memang tidak menyadarinya.

Misalnya: Anda tahu bahwa suara-suara bisikan kecil yang menunjukkan pilihan pembelanjaan, yang tidak bertanggung jawab saat Anda melihat anggaran bulanan? Atau membuat komentar yang meremehkan saat Anda bercermin.

Kita semua tahu suara bisikan itu. Itu membuat Anda ragu sebelum mendekati seseorang yang ingin Anda temui. Itu membuat Anda berpikir dua kali sebelum memulai bisnis, atau mempertimbangkan perubahan karier.

Kita semua memiliki “Pikiran Negatif Otomatis” yang berbeda, dan, tanpa menyadarinya, kita biasanya membiarkan mereka menghancurkan impian kita. Sulit untuk tetap bersikap positif ketika suara bisikan itu terus-menerus menyemburkan dan mengatakan hal-hal seperti, Saya tidak bisa berbicara dengannya,” “Saya tidak cukup pintar,” “Saya tidak bugar,” “Saya tidak memenuhi syarat”… dan lain sebagainya.

Cara untuk mulai memusnahkan “Pikiran Negatif Otomatis” di kepala Anda adalah dengan mulai memperhatikan mereka. Perhatikan saat Anda mendengar suara merendahkan itu, dan kenali seberapa sering hal itu terjadi. Kemungkinan besar, Anda akan menemukan bahwa pemikiran Anda yang membatasi dapat dipersempit menjadi beberapa tema utama. Mencatat ini adalah langkah besar, karena kita tidak dapat mengubah apa yang belum kita akui.

3. Putar balIk tombolnya

Setelah Anda mengidentifikasi pikiran negatif teratas, Anda memerlukan cara untuk menghentikannya agar tidak menahan Anda. Teknik terbaik yang saya tahu untuk ini, saya sebut “BALIKKAN TOMBOL”, yang menggerakkan pikiran dari negatif ke positif.

Selama bertahun-tahun, setiap kali saya bercermin, yang saya lihat hanyalah kekurangan saya. Akhirnya, saya mulai mempraktikkan reaksi yang berlawanan, yaitu dengan MEMBALIK TOMBOL. Saya akan melihat ke cermin dan memaksakan diri untuk berkata, “Kamu terlihat baik!”

Butuh beberapa waktu untuk membiasakannya, tetapi kenyataannya adalah pikiran positif dan pikiran negatif, tidak dapat menempati ruang yang sama. Jadi saya memberikan pemberitahuan penggusuran kepada “Pikiran Negatif Otomatis” saya.

Teknik lain yang menurut saya efektif disebut pendekatan “JIKA / MAKA”. Setelah mengidentifikasi kapan “Pikiran Negatif Otomatis” Anda biasanya muncul, terapkan proses berpikir, yang pada dasarnya memungkinkan Anda untuk memikirkan diri sendiri melewatinya.

Misalnya Anda berencana berjalan-jalan setelah makan malam untuk berolahraga lebih banyak, tetapi saat makan malam selesai, “Pikiran Negatif Otomatis” Anda muncul. Jika Anda mulai mendengar suara di kepala yang mengatakan Anda terlalu lelah, terlalu kenyang, atau berat badan Anda tidak akan pernah turun, segera berjalanlah ke rak sepatu dan kenakan sepatu lari Anda.

Seringkali, hanya mengambil satu langkah positif ke arah yang benar, sudah cukup untuk membungkam “Pikiran Negatif Otomatis” tersebut. Persiapkan diri Anda dengan membuat daftar pernyataan JIKA / MAKA sebelumnya.

4. Pahami “MENGAPA” Anda

Mengubah pola pikir membutuhkan usaha, karena kebiasaan yang telah terbentuk, tidak mudah untuk dihilangkan. Ini benar karena banyak dari kebiasaan dan pola pikir kita yang paling berbahaya muncul sejak kita masih kecil, dan kita telah melakukan hal-hal dengan cara sama sejak saat itu.

Memahami “MENGAPA” Anda adalah tentang memulai dari awal dan memutuskan satu tujuan atau impian yang, ketika Anda mencapainya, akan berarti perubahan transformasional. Kehilangan berat badan. Lebih bahagia di tempat kerja. Meningkatkan hubungan Anda dengan rekan Anda. Identifikasilah sesuatu yang dapat memberikan pengaruh besar dalam hidup Anda.

Lagi pula, jika perlu kerja keras untuk mewujudkannya, lebih baik itu benar-benar bermakna, bukan?

Setelah Anda mengidentifikasi “MENGAPA” Anda, tuliskan di kertas atau di buku catatan bukan di komputer, dengan tulisan tangan Anda sendir, mengapa hal itu sangat penting bagi Anda. Ini adalah bagian penting dalam membangun motivasi Anda.

5. Sadarilah bahwa motivasi dan keinginan saja tidak cukup

Kebanyakan orang secara keliru percaya bahwa motivasi dan keinginan adalah semua yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Dan tidak heran mereka melakukannya, karena saran umum yang sering Anda dengar dari teman dan keluarga, guru motivasi dan pelatih kehidupan.

Saya meminta Anda untuk menuliskan “MENGAPA” besar Anda di langkah ke empat tadi, karena di situlah motivasi dimulai. Tapi kita semua tahu bahwa motivasi bisa sulit dipertahankan, tidak peduli betapa pentingnya tujuan Anda, dan saat itulah KEMAUAN KERAS diharapkan muncul.

Penelitian otak terbaru mengungkapkan bahwa keinginan itu seperti tangki bensin. Anda mulai dengan tangki penuh, tetapi Anda menghabiskan persediaan Anda setiap kali Anda menggunakannya. Ini yang saya maksudkan:

Anda mencoba untuk makan lebih sehat, lalu mulai bekerja dan temukan kue lezat di sebelah mangkuk buah. Apa yang Anda kerjakan? Manfaatkan kemauan keras Anda dan tahan kue lezat itu. Bagus untuk Anda!

Kemudian Anda berencana pergi ke gym setelah bekerja, tetapi akhirnya tetap tinggal lebih lama untuk mengatasi masalah pelanggan. Tekad Anda sudah habis, dan tekanan tambahan karena tidak mengikuti rencana awal itu tidak membantu. Apakah Anda akhirnya pergi ke gym? Anda tahu jawabannya, karena itu terjadi pada kita semua.

Tidak butuh waktu lama untuk menyerah begitu saja dan meninggalkan tujuan kita, saat kita mengandalkan motivasi dan keinginan untuk mencapainya. Itu tidak selalu cukup. Itulah mengapa 25% orang menyerah pada tujuan, setelah minggu pertama, dan 60% berhenti setelah bulan pertama.

Orang-orang berprestasi tinggi memahami kenyataan ini, itulah mengapa langkah ke lima hanyalah tentang pengakuan, yaitu, mengakui bahwa mencapai tujuan Anda bukanlah sekedar mencari cara untuk sukses.

Dengan menerima fakta ini, Anda akan berhenti menghukum diri sendiri secara mental karena tersandung atau gagal mematuhi rencana Anda, yang akan membuat Anda lebih bebas secara emosional untuk mencoba lagi secara optimis besok! (Kita akan membicarakan lebih lanjut tentang ini di langkah 7.)

6. Mulailah dari yang kecil sehingga Anda bisa menyelesaikan yang besar

Ini mungkin terdengar kontra-intuitif, tetapi salah satu cara terbaik untuk mengubah pola pikir Anda dan mewujudkan impian Anda adalah dengan menetapkan tujuan yang sangat kecil dan sangat dapat dicapai.

Seberapa kecil? Bagaimana misalnya dengan contoh ini: satu push-up.

Jika tujuan besar Anda adalah berolahraga setiap hari, maka tujuan kecil Anda yang dapat dicapai adalah melakukan satu push-up setiap hari.

Jika Anda ingin mengurangi stres dalam hidup Anda, tujuan kecil Anda mungkin adalah bermeditasi selama satu menit setiap malam.

Jika Anda menginginkan lebih banyak kasih sayang dengan orang yang Anda cintai, tujuan kecil Anda bisa berupa pelukan atau ciuman ekstra.

Masing-masing dari contoh ini hampir tidak membutuhkan motivasi atau kemauan untuk menyelesaikannya. Namun, masing-masing itu merupakan langkah positif.

Inilah strateginya: Putuskan bahwa tujuan kecil Anda adalah minimum, dan Anda dapat melakukan lebih banyak jika Anda mau.

Sering kali, Anda akan melakukan lebih banyak dan akan merasa hebat karena Anda berprestasi berlebihan. Pada hari-hari tertentu Anda mungkin melakukan yang minimum, dan Anda akan tetap merasa senang karena Anda telah memenuhi tujuan Anda.

Bagaimana tujuan kecil ini benar-benar berdampak? Itu karena perubahan masif membutuhkan langkah-langkah kecil, diulang setiap hari, yang menciptakan momentum dan menghasilkan hasil kumulatif secara positif.

8% teratas dari orang berprestasi memahami hal ini, tetapi kebanyakan orang tidak pernah mencoba strategi ini, karena menurut mereka tidak ada gunanya memulai dari yang kecil. Itu Salah! Seiring waktu, mencapai tujuan kecil Anda secara konsisten, akan membentuk kebiasaan pola pikir baru, dan itu adalah kemajuan nyata dalam memperbaiki pemikiran Anda, sehingga Anda dapat mencapai impian terbesar Anda.

7. Merasa nyaman dengan kata “GAGAL”

Langkah-langkah untuk mengubah pola pikir Anda yang telah saya uraikan sejauh ini, akan membantu Anda bergerak maju dengan percaya diri untuk mencapai lebih banyak tujuan dan impian Anda. Namun, sangat penting untuk memahami bahwa ini akan menjadi kerja keras.

Itulah mengapa orang berprestasi tinggi merasa nyaman dengan kata GAGAL.

Ketika kebanyakan orang membentur tembok, mereka membuat alasan atau menyerah. Orang-orang berprestasi tinggi menyadari bahwa satu-satunya hal yang akan menghalangi mereka dari tujuan adalah berhenti mencoba, jadi mereka tidak melakukannya! Mereka tahu bahwa mereka akan menghadapi rintangan dan bahkan GAGAL di sepanjang jalan.

Yang membedakan mereka dari 92% lainnya adalah mereka mempersiapkan diri untuk kegagalan secara mental. Mereka tahu itu akan datang, dan itu tidak membuat mereka takut atau menyerah. Ketika kegagalan terjadi, mereka mencari umpan balik, dan membuat penyesuaian untuk kembali ke permainan.

Anda dapat melakukan ini dengan memberi diri Anda izin untuk gagal. Ini akan mengurangi tekanan untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna, dan Anda dapat siap untuk belajar dari kesalahan langkah, dan membuat penyesuaian yang akan membuat Anda terus maju.

Mengubah pola pikir Anda tidak terjadi secara kebetulan. Itu terjadi karena pilihan, dan 7 langkah ini akan membantu Anda berada di jalur yang benar.

Nah Sahabat. Bagaimana menurut Anda dan strategi lain yang berhasil untuk Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (59 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *