1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (219 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 9, 2021 - 1:30 AM

3 Alat STRATEGI untuk PERTUMBUHAN Bisnis

“Untuk menjadi sukses, Anda harus memiliki hati di dalam bisnis Anda, dan bisnis Anda di dalam hati Anda.” – Thomas Watson

Untuk setiap bisnis, baik besar maupun kecil, kemampuan untuk merencanakan secara efektif sangat penting, untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup di pasar yang sangat kompetitif saat ini.

Berapa banyak bisnis yang tergelincir atau jatuh, meskipun mereka memiliki strategi yang hebat? Dengan kata lain, berapa banyak potensi bisnis yang hilang karena para pemimpin bisnis gagal mengubah strategi yang baik menjadi tindakan yang produktif?

“Satu-satunya cara Anda akan sukses adalah mengalami banyak kegagalan terlebih dahulu.” – Sergey Brin

Berubah untuk Berhasil

Bisnis harus terus-menerus hidup dengan beradaptasi. Kenyataannya terbukti dalam respons terhadap teknologi baru atau tren layanan pelanggan terbaru, yang membentuk kembali dunia bisnis. Namun seringkali, kita menolak perubahan, sesuatu yang pada akhirnya kembali menggigit kita. Tanpa kemajuan, bisnis dapat kehilangan keunggulan kompetitif dan gagal memenuhi harapan pelanggan. Untuk mengatasi ini, organisasi Anda tidak boleh puas dengan status quo, melainkan secara konsisten menemukan peluang baru untuk berkembang.

“Rahasia perubahan adalah memfokuskan semua energi Anda bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru.” – Socrates

Mengambil Risiko untuk Kesuksesan

Ketika melihat kembali beberapa tahun terakhir kehidupan pribadi dan profesional, banyak dari kita akan melakukan hal-hal berbeda. Jadi mengapa kita tidak mau mengambil risiko? Sejujurnya, karena kita takut menjadi rentan, dan sudah merasa nyaman, aman dan stabil dengan status quo.

Namun, risiko bisnis besar memang membuahkan hasil. Ketika FedEx berada di ambang kebangkrutan, pendiri dan CEO perusahaan, Fred Smith ditolak pinjaman bisnis yang sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk mengisi bahan bakar pesawat mereka. Solusinya? Dia membawa $ 5.000 terakhir perusahaan ke meja blackjack di Las Vegas dan keluar dengan $ 27.000, cukup untuk membuat perusahaan tetap berjalan selama seminggu lagi.

Jadi, jika Anda berhenti dari pekerjaan bergaji tinggi dan memulai usaha baru Anda sendiri, Anda pasti seorang pengambil risiko. Kebanyakan orang hanya akan memimpikan yang terakhir, namun takut untuk mewujudkannya.

“Jangan takut untuk melepaskan yang baik, untuk mencari yang hebat.” John D. Rockefeller

Saat memulai bisnis Anda, tentu Anda sudah sangat termotivasi untuk mencapai sukses dalam bisnis Anda. Apakah Anda melihat tanda-tanda bisnis Anda akan terhenti? Atau apakah Anda menemukan strategi bisnis sukses, dan sekarang Anda ingin lebih mempercepat pertumbuhan bisnis Anda?

Jika jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah YA, maka artikel ini dapat membantu Anda. Setiap bisnis ingin bertumbuh. Untuk tumbuh, Anda perlu mengevaluasi dan membuat rencana strategis yang dapat ditindaklanjuti.

“Jarang ada peluang yang disajikan kepada Anda dengan cara yang sempurna. Dalam kotak kecil yang bagus dengan pita kuning di atasnya. ‘Ini, buka, ini sempurna. Anda akan menyukainya.’ Peluang – yang bagus – berantakan, membingungkan, dan sulit dikenali. Mereka berisiko. Mereka menantang Anda.” – Susan Wojcicki

Artikel ini menguraikan 3 Alat Strategi, yang dapat ditindaklanjuti, dan dapat Anda gunakan untuk menginspirasi pertumbuhan dalam bisnis Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa waktu untuk menuliskan dan menyatukan ide-ide Anda, dalam sebuah rencana bisnis yang hendak Anda eksekusi..

1. Penilaian Strategi Krisis

Tidak ada yang menghalangi pertumbuhan bisnis seperti krisis. Ini karena naluri setiap pengusaha adalah bertempur. Dan untuk meminimalkan kerusakan, Anda butuh alat Penilaian Strategi Krisis atau bahasa kerennya Crisis Strategy Assessment (CSA), yang memungkinkan Anda untuk mengambil napas dan menilai situasi sambil mencari peluang untuk pertumbuhan bisnis.

Alat pertama ini sangat lazim di zaman sekarang, dan dapat digunakan untuk menginspirasi pertumbuhan dalam bisnis Anda, kapan saja. Alat ini membantu Anda mengetahui situasi bisnis Anda dan mengevaluasinya agar Anda dapat menyusun strategi.

Krisis dapat berupa apa saja, mulai dari pandemi global hingga kekurangan staf, dan segala sesuatu di antaranya. Untuk krisis apa pun yang dihadapi bisnis Anda, alat Penilaian Strategi Krisis tetap berlaku.

Apa yang dilakukan alat ini adalah memecah krisis menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola, dari mana Anda dapat mulai mengarahkan bisnis Anda keluar dari situasi tersebut. Ini dilakukan dengan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada Anda:

1. Apa yang akan berubah dari krisis di dunia dan industri Anda?

2. Bagaimana krisis akan mempengaruhi aliran pendapatan Anda?

3. Bagaimana krisis akan mengubah proposisi nilai Anda?

4. Bagaimana krisis akan mempengaruhi segmen dan hubungan pelanggan Anda?

5. Bagaimana krisis akan mengubah saluran distribusi dan mitra?

6. Bagaimana kebutuhan sumber daya Anda akan berubah karena krisis?

7. Bagaimana struktur biaya Anda akan terpengaruh oleh krisis?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat dengan jelas melihat apakah bisnis Anda terpengaruh oleh krisis ataukah tidak. Dengan memecah krisis menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, menjadi lebih mudah untuk bernegosiasi dan melihat peluang yang ada untuk pertumbuhan.

Pada akhir alat Penilaian Strategi Krisis, Anda harus berada di tempat yang tepat untuk membuat rencana. Jika membuat strategi bisnis bukanlah kekuatan dasar Anda, maka Anda dapat menunjuk seorang manager strategi bisnis, atau pun seorang mentor bisnis, untuk membantu memfasilitasi proses ini dan membantu menciptakan arah strategis dalam bisnis Anda.

“Uji, ukur, pelajari. Ini adalah cara terbaik untuk memahami apa yang terbaik untuk perusahaan Anda, dan berinvestasi di area yang tepat untuk menjadi lebih efisien dan mencapai pertumbuhan bisnis.” – Irina Georgieva

2. Analisis SWOT

Analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats) adalah alat yang kemungkinan telah Anda gunakan sebelumnya dalam bisnis Anda. Namun, bagian penting dari pertumbuhan bisnis yang menginspirasi adalah meninjau SWOT Anda secara teratur. Bisnis Anda hanya dapat tumbuh, jika Anda menyadari pertumbuhan berkala bisnis Anda, dengan mengenali apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat membuat keputusan strategi secara tepat untuk masa depan perusahaan Anda.

Analisis SWOT sangat sederhana, namun efektif untuk menyusun strategi, karena mengharuskan Anda untuk menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda, sehingga Anda dapat dengan cepat mengetahui di mana bisnis Anda saat ini. Ini paling baik sebagai latihan brainstorming dengan tim Anda dan kejujuran sangat penting dalam menganalisis.

Bagian selanjutnya dari SWOT adalah untuk memfasilitasi melihat peluang potensial apa yang mungkin ada, untuk diambil oleh perusahaan Anda, serta potensi ancaman yang dapat Anda hindari melalui perencanaan ke depan.

Mirip dengan alat Penilaian Strategi Krisis, SWOT adalah alat yang brilian untuk mengevaluasi di mana bisnis Anda berada, dan memberi Anda dasar yang bagus untuk menciptakan arah strategis yang dapat membuat Anda merasa yakin.

3. Analisis MOST

Alat analisis MOST mengikuti dua alat sebelumnya, karena setelah Anda melakukan brainstorming dan evaluasi, Anda sekarang siap untuk membuat strategi yang akan mengarah pada pertumbuhan bisnis.

MOST merupakan singkatan dari Mission, Objectives, Strategies, Tactics (Misi, Tujuan, Strategi, Taktik). Mari kita lihat bagaimana masing-masing berhubungan satu sama lain untuk membuat rencana keseluruhan bisnis Anda:

Misi: Di bagian ini sebagai pemilik bisnis, Anda harus memutuskan di mana Anda ingin berada dalam skala waktu tertentu, misalnya dalam waktu satu tahun ke depan. Penting untuk menjaga misi Anda dengan persyaratan yang sangat sederhana dan jelas seperti omzet dan keuntungan. Dengan skala waktu, Anda dapat mengevaluasi dan mengukur secara efektif apakah Anda mencapai misi Anda.

Tujuan: Di sinilah Anda mulai merencanakan tujuan utama perjalanan Anda, yang harus diterapkan oleh bisnis Anda untuk mencapai misi secara keseluruhan. Apa yang harus dilakukan bisnis Anda untuk mencapai omzet dan keuntungan yang Anda inginkan. Ibarat Anda dapat melihat tujuan sebagai anak tangga di tangga milik Anda.

Strategi: Sekarang Anda dapat mulai memikirkan cara untuk mencapai tujuan tersebut. Jalan apa yang Anda miliki, yang dapat membawa Anda menuju kesuksesan di bidang-bidang bisnis ini. Untuk setiap tujuan, tuliskan setidaknya dua kemungkinan strategi yang dapat membawa kesuksesan, karena bisnis Anda akan memiliki pilihan seiring kemajuan Anda.

Taktik: Ini adalah pembuatan rencana yang dapat ditindaklanjuti. Taktik Anda adalah “siapa melakukan apa dan kapan.” Agar Anda dapat mencapai pertumbuhan bisnis, Anda perlu mendelegasikan; dan ketika ada pendelegasian, semua orang harus tahu apa yang menjadi tanggung jawabnya. Semuanya terkait, sehingga taktik mendukung strategi untuk menyampaikan tujuan yang membantu mencapai misi.

Pertumbuhan bisnis yang menginspirasi, datang dari melihat di mana bisnis Anda sudah berjalan. Penilaian Strategi Krisis dan alat SWOT, sangat bagus untuk mengevaluasi bisnis Anda dan melihat apa yang berhasil dan tidak berhasil di masa lalu, dan di mana bisnis Anda sekarang.

Alat analisis MOST, memfasilitasi pembuatan rencana strategis Anda, yang dapat ditindaklanjuti, dan akan mengarahkan bisnis Anda untuk tumbuh. Setelah Anda menyelesaikan rencana Anda dan mulai menerapkan tindakan, tetap tinjau setiap kuartal, untuk menyesuaikan jika diperlukan, guna memastikan pertumbuhan lebih lanjut.

Strategi bisnis harus ditetapkan sedemikian rupa, sehingga Anda dapat melakukan tindakan untuk tim perusahaan Anda. Oleh karena itu, tulis strategi dengan cara yang dapat Anda nilai, uji, dan putuskan, apakah Anda harus terus bergerak maju, ataukah mengganti seiring berjalannya tahun.

“Mainkan sesuai aturan, tapi jadilah ganas.” – Phil Knight

Nah Sahabat. Strategi hebat tidak menjamin kesuksesan bisnis, kecuali jika disertai dengan rencana tindakan yang jelas, dan dapat dikomunikasikan serta diimplementasikan ke seluruh perusahaan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (219 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.