1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (208 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 5, 2021 - 5:00 AM

6 Cara TINGKATKAN KEBERANIAN Anda

Sukses bukanlah final; kegagalan tidak fatal: itu adalah keberanian untuk melanjutkan yang penting.” – Winston Churchill

Keberanian adalah kemampuan untuk mengambil tindakan secara tepat dalam menghadapi ketakutan, kesedihan, atau rasa sakit. Dan cara terbaik kita dapat meraih sukses adalah melalui motivasi, yang memberikan keberanian untuk mengubah dunia.

Semua motivasi adalah dunia tidak ada artinya tanpa tindakan berarti yang menyertainya. Tidak ada hal besar yang pernah dicapai tanpa keberanian untuk melakukannya.

KEBERANIAN menciptakan tindakan. TINDAKAN menciptakan kepercayaan diri. Dan, KEPERCAYAAN DIRI memungkinkan kita untuk memenuhi potensi kita.

“Semua yang Anda inginkan, ada di sisi lain dari ketakutan.” – Jack Canfield

Tujuan paling penting dari RASA TAKUT, adalah membantu kita tetap aman. Ini mewakili respons MELAWAN atau LARI, terhadap situasi berbahaya, meningkatkan kesadaran, dan mempertajam indra kita di saat-saat paling penting. Inilah sebabnya, ketakutan tidak selalu merupakan hal yang buruk.

“Ketakutan datang dari ketidakpastian. Ketika kita benar-benar yakin, apakah kita berharga atau tidak berharga, kita hampir kebal terhadap rasa takut.” – William Congreve

Namun, ketakutan juga dapat menahan dan memengaruhi kehidupan kita secara negatif. Itu dapat merusak hubungan, mencegah kita menerima pengalaman baru, dan menghalangi kesempatan untuk pengembangan pribadi dan profesional.

“Percaya pada diri Anda sendiri. Anda lebih berani dari yang Anda pikirkan, lebih berbakat dari yang Anda tahu, dan punya kemampuan lebih dari yang Anda bayangkan.” – Roy T. Bennett

Kesuksesan sejati dalam hidup ditemukan ketika tindakan kita selaras dengan prinsip dan nilai-nilai kita. Masalahnya adalah kebanyakan berpikir bahwa mereka dapat termotivasi dan menggunakan kemauan keras untuk menemukan kesuksesan.

Seringkali tindakan kita sesuai dengan nilai dari apa yang kita pikir ingin dilihat orang lain. Mereka sering tidak kongruen dengan kompas internal kita sendiri. Inilah saat kita melakukan kesalahan.

Semakin kita mengikuti bintang pemandu kita sendiri, cahaya internal kita sendiri, maka semakin kita dapat membantu diri sendiri dan orang lain.

Dimulai dengan mengetahui siapa diri kita, sehingga kita dapat memastikan bahwa tindakan kita selalu cocok. Kuncinya adalah menjadi Sadar Diri dan Fokus.

Berikut adalah 6 Cara Terbaik, yang dapat membantu Anda meningkatkan keberanian, dan mencegah rasa takut mengambil alih hidup Anda:

1. Sebutkan, pahami, dan terima ketakutan Anda

Menghadapi dan melawan ketakutan Anda adalah perjuangan yang berat, jadi jangan mencoba untuk langsung menyelesaikan semuanya begitu saja. Memberi terlalu banyak tekanan pada diri sendiri, bisa sangat kontraproduktif,

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali apa ketakutan Anda, memahami mengapa ketakutan itu ada, dan menerimanya. Anda perlu belajar memaafkan diri sendiri karena tidak menjadi “pejuang tak kenal takut”, yang siap menghadapi situasi stres apa pun seperti tidak ada apa-apanya. Lagi pula, tidak ada orang di dunia ini yang cocok dengan deskripsi tidak realistis itu.

2. Bedakan ketakutan yang masuk akal dan yang tidak masuk akal

Seperti saya sebutkan di awal, ketakutan dapat membantu kita tetap aman, membedakan situasi yang mewakili risiko tertentu. Itu memiliki peran penting dalam menjaga kita selama mungkin.

Ada banyak tingkat bahaya bagi tubuh dan pikiran kita, dari yang murni fisik hingga eksistensial yang lebih canggih. Situasi apa pun yang menghadirkan potensi risiko bagi kesejahteraan kita, biasanya merupakan ketakutan yang wajar, seperti ketakutan akan ketinggian, binatang buas, atau dipecat dan berakhir tanpa penghasilan. Ketakutan yang tidak masuk akal, seperti ketakutan pada kecoa, badut, burung, gelap atau pun hantu, yang hanya dapat membuat hidup Anda lebih sulit daripada membuatnya lebih aman.

Membedakan ketakutan yang masuk akal dan yang tidak masuk akal adalah langkah penting untuk mengendalikan ketakutan Anda, apakah Anda melakukannya sendiri, dengan teman, atau profesional yang berpengalaman.

3. Analisis, apa yang dapat Anda kendalikan, hindari, atau ubah

Ada banyak ketakutan yang dapat Anda kendalikan, dengan mengendalikan situasi ketika itu terjadi. Ketakutan kita terkadang bahkan dapat menyarankan tindakan terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita. Jika Anda tidak nyaman berada di keramaian, berbicara di depan banyak orang, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sangat kompetitif, mungkin Anda harus mempertimbangkan karier dan acara yang tidak menempatkan Anda di tempat itu.

Meskipun menghindari hal-hal dan situasi yang membuat Anda takut, tidak selalu merupakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan, terkadang itu mungkin saja hal baik untuk dilakukan. Tidak perlu selalu menghindar atau melawan arus setiap kali Anda merasa tidak nyaman. Terkadang, ketakutan dapst menjadi arah menuju alternatif yang lebih baik. Jadi, analisislah ketakutan Anda.

4. Keluar dari zona nyaman Anda

Meskipun tidak perlu memaksakan diri untuk mengatasi setiap ketakutan yang mungkin Anda miliki, melarikan diri dari setiap situasi yang terasa sedikit tidak nyaman, itu tidak akan membantu Anda melangkah jauh dalam hidup. Tujuannya bukan untuk membuktikan keberanian Anda, atau melindungi diri Anda dari situasi yang menantang. Anda perlu mencapai keseimbangan yang sehat, antara menghormati preferensi dan keterbatasan pribadi, dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan Anda.

Untuk memastikan Anda tidak melewati hidup dengan menghindari semua yang Anda takuti, Anda harus keluar dari zona nyaman dari waktu ke waktu. Yang terbaik adalah mencoba mengatasi ketakutan yang lebih kecil terlebih dahulu, dan secara bertahap bergerak menuju ketakutan yang mewakili tantangan lebih besar.

5. Lepaskan perfeksionisme yang melumpuhkan

Beberapa ketakutan tidak ada hubungannya dengan kesejahteraan fisik kita, tetapi berhubungan dengan nilai-nilai dan rasa kelayakan kita. Jika dibiarkan tidak terkendali, ketakutan seperti itu dapat merusak peluang bertemu orang baru, mendapatkan pekerjaan atau peluang yang kita inginkan, atau berbagi pengalaman berharga dengan dunia di sekitar kita. Ketakutan ini sering muncul dari kebutuhan untuk melakukan segalanya dengan sempurna, tanpa membuat satu kesalahan pun di sepanjang jalan.

Perfeksionisme, gagasan bahwa segala sesuatu perlu sempurna untuk menjadi baik dan layak, sering kali membawa lebih banyak keburukan daripada kebaikan. Dan itu bisa menjadi sumber berbagai ketakutan yang mencegah kita menjadi diri kita yang seharusnya. Lepaskan gagasan tentang perbuatan sempurna dan orang-orang yang sempurna. Itu hanya menahan Anda untuk bergerak.

6. Rangkullah ketidakpastian kehidupan

Ada dua cara untuk merasakan ketidakpastian dalam hidup: Anda dapat membiarkannya berubah menjadi ketakutan yang mengendalikan Anda, atau menerimanya sebagai aspek kehidupan luar biasa, yang memungkinkan Anda menjalani petualangan Anda sendiri. Jadilah sahabat Anda sendiri dan berikan motivasi yang Anda butuhkan untuk menjalani hidup setiap hari secara maksimal. Tidak ada yang dapat menggantikan cinta dan perhatian, yang Anda butuhkan untuk diri sendiri.

Ketakutan dapat membuat Anda lebih kuat, lebih perhatian, dan tangguh, atau menjatuhkan Anda dan membatasi kemungkinan yang ada dalam hidup untuk Anda. Meskipun pilihan ini sepenuhnya terserah Anda, mengatasi rasa takut dan mengubahnya menjadi sifat yang berguna daripada menderita karena efeknya yang terkadang melumpuhkan, itu seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Untungnya, ada banyak mekanisme yang dapat membantu Anda mengelola rasa takut alih-alih membiarkannya memengaruhi hidup Anda secara negatif. Dibutuhkan keberanian untuk tumbuh dan menjadi diri Anda yang sebenarnya.

“Keberanian adalah yang paling penting dari semua kebajikan, karena tanpa keberanian, Anda tidak dapat mempraktikkan kebajikan lainnya secara konsisten.” – Maya Angelou

Nah Sahabat. Cobalah metode seperti saran di atas, menjadi berani, dan bersiaplah untuk mengalami dan menikmati hidup Anda sepenuhnya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (208 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

1 thought on “6 Cara TINGKATKAN KEBERANIAN Anda”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *