1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (109 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 25, 2021 - 6:00 AM

11 LANGKAH Kembangkan Mental TANGGUH

“Beberapa orang akan memfokuskan pikiran mereka untuk menemukan atau menciptakan lebih banyak alasan, mengapa mereka tidak boleh mengejar impian mereka, daripada membuat daftar, mengapa mereka harus mengejar impian mereka.” – Byron Pulsifer

Sukses dalam pengejaran apa pun, membutuhkan pikiran yang tangguh secara mental. Anda dapat memiliki semua sumber daya, tetapi jika pikiran Anda berantakan, Anda akan gagal. Saya menjadi terobsesi dengan pikiran, dan telah mencoba segalanya untuk menyusun peluang yang menguntungkan saya.

“Sebagian besar hal penting di dunia, telah dicapai oleh orang-orang yang terus berusaha ketika tampaknya tidak ada harapan sama sekali.” – Dale Carnegie

Saya telah menghabiskan lima tahun melatih otak saya, setiap hari untuk membuatnya melihat apa yang saya inginkan. Apa yang saya ingin otak saya lihat: semua kelimpahan, kepositifan, dan kebahagiaan di dunia ini. Saya ingin memiliki lebih sedikit pikiran negatif, rasa takut, dan selalu termotivaai lebih tinggi.

Saya tidak lagi ingin media meracuni otak saya dengan berita buruk tentang politik, hukum, ekonomi atau pun pandemi. Saya telah berjanji untuk tidak pernah dikalahkan oleh peristiwa apa pun dalam hidup saya, tidak peduli betapa tragis atau mengerikannya hal itu. Jauh di lubuk hati, Anda pasti menginginkan hal yang sama seperti saya, dan itu membutuhkan ketangguhan mental.

Sudah waktunya untuk menjadi seperti seorang pejuang. Saatnya membangun ketahanan yang akan membantu Anda melewati badai paling ganas sekali pun. Saatnya untuk membawa permainan kehidupan ke tingkat berikutnya dan mempelajari kekuatan super tersembunyi, seperti ketangguhan mental.

“Pekerjaan besar dilakukan, bukan dengan kekuatan, tetapi dengan ketekunan.” – Samuel Johnson

Ini semua tentang DISIPLIN

“Dengan disiplin diri, hampir semua hal menjadi mungkin.” – Theodore Roosevelt

Ketangguhan mental bermuara pada satu hal: DISIPLIN. Anda dapat membuat perubahan apa pun yang Anda inginkan pada pola pikir (mindset) Anda, dengan disiplin. Disiplin adalah tentang tidak membiarkan hal-hal kecil memengaruhi kebahagiaan Anda.

Untuk memiliki ketangguhan mental, Anda harus membuat keputusan. Anda harus memutuskan untuk memegang kendali. Itu berarti tidak membiarkan peristiwa mengendalikan Anda, dan Anda memutuskan apa arti peristiwa itu bagi diri Anda sendiri.

Terlepas dari keputusan, ketangguhan mental adalah tentang latihan. Ini tentang menjadi sadar akan pikiran Anda, dan mendapatkan yang terbaik darinya. “Kesabaran, ketekunan dan keringat, membuat kombinasi yang tak terkalahkan untuk sukses.” – Napoleon Hill

KETAKUTAN adalah program default pikiran. Jadi jika kita tidak menggunakan disiplin untuk tetap memegang kendali, maka kita akan jatuh ke mental terendah: pikiran negatif, yang didorong oleh kecemasan atau depresi.

Disiplin adalah tentang tidak lagi puas hanya dengan hasil nomor dua. Ini tentang memilih keputusan tepat yang secara intuitif Anda sudah tahu jawabannya. Anda tahu bahwa Anda harus bekerja sebelum bermain, makan menu sehat, berolahraga, melakukan apa yang Anda sukai, dan memperlakukan orang dengan cinta dan kebaikan.

Anda tahu semua hal itu, namun Anda tidak melakukannya ketika Anda kurang disiplin. Cara terbaik untuk selalu dalam keadaan disiplin adalah dengan mengikatnya pada tujuan Anda. Anda perlu memiliki pencarian hidup, yang lebih penting dari apa pun dalam hidup Anda.

Kemudian, ketika Anda harus membuat keputusan yang membutuhkan disiplin, ingatkan diri Anda tentang tujuan Anda, dan beri tahu otak Anda, bahwa Anda akan gagal mencapai tujuan Anda jika Anda tidak disiplin. Dengan menghubungkan hasil tujuan Anda dengan disiplin, Anda mengatur ulang otak Anda untuk membuat keputusan terbaik bagi Anda. Ini memberi Anda pengaruh atas otak Anda, untuk mengatur permainan sesuai keinginan Anda.

“Disiplin adalah jembatan antara tujuan dan pencapaian.” – Jim Rohn

Berikut adalah 11 LANGKAH mudah untuk mengembangkan ketangguhan mental:

1. Selangkah lebih maju

“Anda selalu bisa melakukan lebih dari yang Anda pikirkan.” – John Wood

Ketangguhan mental dapat dikembangkan dengan melangkah lebih jauh dari yang Anda yakini. Jika saat ini Anda dapat melakukan 10 push-up, coba lakukan sebelas kali. Jika saat ini Anda minum dua liter air sehari, cobalah dua setengah liter di hari besok. Jika sekarang ini Anda berjalan kaki 1000 langkah sehari, cobalah besok berjalan 1500 langkah.

Rahasianya adalah melangkah lebih jauh, melampaui apa yang secara mental Anda yakini dapat Anda lakukan. Setiap hari, teruslah mengambil langkah lebih banyak, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan maju lebih jauh menuju tujuan Anda, yang pernah Anda bayangkan sebelumnya.

2. Meyakinkan diri sendiri bahwa ada yang salah

Jika Anda perlu mempersiapkan tujuan besar, maka Anda bisa menjadi tangguh secara mental dengan mengatakan pada diri sendiri sejak awal, bahwa semuanya akan ada kesalahan. Alih-alih berharap bahwa semuanya sempurna, maka berharap sebagian besar baik dan tahu bahwa setidaknya satu hal akan salah adalah sikap yang benar.

KESEMPURNAAN adalah cara cepat untuk menghancurkan ketangguhan mental Anda, karena di dunia ini tidak ada yang persis seperti yang kita inginkan. Kesempurnaan adalah bagaimana kita menyabot kesuksesan kita dan menyimpang dari tujuan kita. Harapkan sedikit kegagalan dalam semua yang Anda lakukan dan jika Anda tidak mendapatkannya, Anda akan lebih bahagia dengan diri sendiri.

3. Tidur nyenyak dengan emosi negatif

Saat emosi negatif menumpuk di pikiran Anda, katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan melepaskan semuanya dengan syarat satu hal: tidurlah dan berkomitmen untuk melakukannya besok.

Retasan kecil ini memungkinkan Anda untuk menjadi tangguh secara mental, karena menunda reaksi emosional negatif Anda, terhadap keadaan apa pun dalam hidup Anda. Daripada terjebak pada saat itu, dan menjadi insomnia, Anda menunda bereaksi sampai nanti. Kemungkinannya adalah, jika Anda seperti saya, pada saat Anda bangun keesokan harinya, dampak dari emosi negatif tersebut telah mereda.

4. Selalu lihat pencerahan

Saat tragedi menimpa, dan itu selalu ada kemungkinan terjadi, berkomitmenlah untuk menemukan setidaknya satu hal yang baik tentangnya. Sebelum menghabiskan sedetik pun di sisi negatif, saya ingin Anda menemukan setidaknya satu pemikiran positif tentang situasi tersebut, sekecil apa pun yang Anda suka, selama itu positif.

“Kita adalah apa yang kita pikirkan. Semua diri kita muncul dengan pikiran kita. Dengan pikiran kita, kita membuat dunia.” – Buddha

Dengan memulai hal positif, Anda mengembangkan ketangguhan mental untuk menemukan pencerahan dalam segala hal yang terjadi. Prioritaskan pikiran positif, dan lakukan yang terbaik untuk menjadikan pikiran negatif sebagai prioritas dalam proses memperoleh pencerahan. Anda tidak akan selalu menang di permainan ini, tapi tidak apa-apa. Ingatlah, kita tahu bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, dan kita tidak mencari kesempurnaan.

5. Fokus pada tujuan, bukan mimpi

Salah satu atribut dari ketangguhan mental adalah FOKUS. Ini mengalihkan semua energi mental Anda ke satu hal dan menjadi cukup tangguh untuk tidak menyerah. Jika Anda ingin tangguh secara mental dalam sesuatu, Anda harus menjadikan tugas ini sebagai tujuan, bukan mimpi.

“Kesadaran, menciptakan apa yang menjadi fokusnya. Hal-hal paling dasar yang Anda ciptakan dengan kekuatan hidup Anda adalah pikiran, keyakinan, dan emosi Anda.” – Tara Springett

Sebuah tujuan diartikulasikan dengan jelas, memiliki perencanaan yang terlibat, dilengkapi dengan tenggat waktu, dan biasanya memiliki beberapa akuntabilitas dari orang lain selain Anda. Mimpi itu menyenangkan untuk dimiliki, tetapi itu jauh lebih kabur. Otak membutuhkan hal-hal yang jelas dan sangat spesifik untuk memungkinkan ketangguhan mental Anda, memfokuskan pikiran Anda, memaksa Anda untuk tidak pernah menyerah dan melaksanakan rencana Anda.

6. Apakah Anda baik-baik saja dengan rasa sakit?

“Rasa sakit memelihara keberanian. Anda tidak bisa menjadi berani jika Anda hanya mengalami hal-hal indah yang terjadi pada Anda.” – Mary Tyler Moore

Anda tidak dapat menjadi tangguh secara mental tanpa mengalami rasa sakit sepenuhnya. Jika Anda ingin menjadi tangguh secara mental; menderita rasa sakit itu adalah pilihan Anda. Jika Anda akan tetap berada di dalam zona nyaman dan menolak untuk merasakan sakit apa pun, maka Anda tidak akan menjadi tangguh secara mental, sukses, kaya, dan mungkin juga bahagia. Menjadi tangguh secara mental adalah pilihan Anda!

“Tanpa rasa sakit, tidak akan ada penderitaan, tanpa penderitaan kita tidak akan pernah belajar dari kesalahan kita. Untuk memperbaikinya, rasa sakit dan penderitaan adalah kunci dari semua jendela, tanpa itu; tidak ada jalan hidup.” – Angelina Jolie

7. Hancurkan zona nyaman secara teratur

“Ambil tantangan hidup Anda. Jangkau tujuan Anda. Tidak ada batasan untuk apa yang dapat Anda capai.” – Lailah Gifty Akita

Dulu sekali, saat saya bangun di pagi hari, agar nyaman setiap mandi pagi, saya selalu menggunakan air hangat, mengatur kran shower air hangat untuk mengguyur tubuh saya Untuk mengembangkan ketangguhan mental saya, saya memutuskan untuk mulai mandi air dingin. Itu benar, saya meledakkan diri saya dengan air dingin setiap pagi hari untuk memprogram pikiran saya agar tidak nyaman, setidaknya sekali sehari. Perlahan tapi pasti, pikiran dan tubuh saya mulai terbiasa dengan ketidaknyamanan itu.

Kebiasaan kecil ketidaknyamanan inilah, akan memberi Anda cara berpikir seperti pejuang, yang dapat membantu Anda berhasil, bahkan dalam upaya yang paling mustahil sekali pun.

8. Otak hanya tidak memiliki banyak bahan bakar

Apa yang dapat menyabot ketangguhan mental kita adalah kehabisan energi mental otak kita. Sama seperti mobil, kita hanya punya banyak bahan bakar, sebelum akhirnya kita kehabisan bahan bakar. Cara tercepat untuk menghilangkan ketangguhan mental Anda adalah dengan membuang bahan bakar otak Anda pada masalah yang tidak dapat Anda selesaikan, atau pikiran negatif yang tidak bermanfaat bagi Anda.

“Jika Anda menerima harapan orang lain, terutama yang negatif, maka Anda tidak akan pernah mengubah hasilnya.” – Michael Jordan

Pikiran negatif menghabiskan bahan bakar otak dua kali lebih banyak, dan memberi Anda kemajuan NOL menuju tujuan Anda. Setiap kali Anda bereaksi negatif terhadap suatu situasi, Anda juga membuang bahan bakar mental. Jadilah lebih disiplin dalam memilih respons Anda terhadap situasi yang Anda hadapi.

Gunakan energi mental Anda untuk menginspirasi Anda dan mendorong Anda maju. Anda tidak bodoh, dan Anda tahu pikiran apa yang melayani Anda, dan pikiran apa yang tidak. Jika Anda mendapati diri Anda selalu tenggelam dalam pikiran negatif dan kehabisan tenaga, maka mungkin orang-orang di sekitar Anda demikian juga.

Kalibrasi ulang pikiran Anda, isi ulang pikiran Anda, dan latihlah beberapa teknik pengembangan pribadi. Beri makan pikiran Anda melalui buku dan seminar atau pun podcast inspiratif. Berikan pikiran Anda nutrisi yang dibutuhkan, melalui buah dan sayuran segar atau menu sehat lainnya.

9. Siapkan pikiran

Mempraktikkan keahlian Anda, memungkinkan Anda menjadi tangguh secara mental. Ketika Anda telah melakukan hal yang sama berulang-ulang, maka kecenderungan gagal adalah sangat kecil. Ketika saya mempersiapkan pidato, saya membacanya puluhan kali. Pada saat hari pidato tiba, saya merasa mental saya kuat karena pikiran saya siap, dan tahu apa yang harus dilakukan.

Pikiran menjadi lemah ketika diminta untuk tampil, yang tidak pernah menanggung jenis perjuangan ini sebelumnya. Pikirkan seperti ini: Anda akan membangun otot terlebih dahulu sebelum Anda mengikuti kompetisi angkat besi bukan? Pikiran pun tidak berbeda.

10. Batasi gangguan

Cara tercepat untuk kehilangan ketangguhan mental Anda adalah kompromi pada gangguan. Saya berbicara tentang teknologi. Anda tidak dapat menjadi tangguh secara mental ketika ponsel Anda terus berdering, berdengung, atau berkedip. Matikan notifikasi media sosial, dan kerjakan keahlian Anda dalam keheningan yang terfokus, penuh perhatian.

“Fokus berarti menghilangkan gangguan, bukan hanya dari orang lain, tetapi hal-hal yang kita lakukan untuk mengalihkan perhatian kita sendiri.” – Catherine Pulsifer

11. Percayalah bahwa Anda bisa menang

Juara yang tangguh secara mental berpikir sedikit berbeda; mereka muncul untuk setiap kompetisi atau tugas dengan keyakinan bahwa mereka bisa menang. Anda dapat memiliki semua pikiran positif di dunia, tetapi jika Anda tidak percaya bahwa Anda memilikinya dalam diri Anda untuk menang, maka Anda akan gagal dalam perlombaan.

“Percaya bahwa Anda bisa menang, lebih penting daripada bagaimana Anda tampil pada hari itu.” – Mr. Wuryanano

Pikiran Anda yang kuat secara mental, dapat mendorong rasa sakit yang tak terhindarkan untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Jika setiap bagian lain dari Anda siap untuk mencapai hal yang mustahil dan pikiran Anda tidak, ingatlah Anda akan gagal mencapai tujuan Anda.

“Pikiran yang disiplin mengarah pada kebahagiaan, dan pikiran yang tidak disiplin mengarah pada penderitaan.” – Dalai Lama

Nah Sahabat. Bagaimana Anda berlatih menjadi tangguh secara mental?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (109 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *